Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makassar Air Traffic Service Center Matsc Pt (Persero) Angkasa Pura I Makassar (Pm-51)

loading...


Kunci keberhasilan penyelenggaraan jasa kemudian lintas penerbangan yaitu mempersembahkan pelayanan yang sanggup memenuhi dan menjawaban segala kebutuhan dan permasalahan konsumen setiap saat, di manapun dan dalam kondisi apapun secara cepat dan tepat. Oleh alasannya yaitu itu setiap organisasi yang bergerak di bidang pelayanan jasa kemudian lintas penerbangan dituntut untuk menempatkan orientasi kepada kepuasan konsumen sebagai tujuan akhir.
Dewasa ini semakin diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan persaingan dalam dunia perjuangan penerbangan yang semakin ketat yaitu mempersembahkan nilai dan kepuasan kepada konsumen melalui penyampaian jasa yang berkarakter dan berkarakter. Perubahan paradigma sudah memaksa setiap organisasi pelayanan jasa kemudian lintas penerbangan baik pelayanan jasa kemudian lintas penerbangan nasional maupun internasional untuk melaksanakan banyak sekali pembenahan. Kualitas layanan yang baik tidak spesialuntuk diukur dari kemewahan akomodasi kelengkapan teknologi dan penampilan fisik petugasnya, tetapi juga diukur dari efisiensi dan efektifitas serta ketepatan pemdiberian pelayanan kepada konsumen.
Pemahaman-pemahaman terkena organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan yang mandiri, terkemuka dan berkarakter dalam mempersembahkan pelayanan harus diterapkan dalam mengelola organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan. Pemahaman terkena kemandirian yaitu upaya menyebarkan dan meningkatkan pelayanan organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan oleh organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan itu sendiri, terutama  di bidang pelayanan jasa dan pembiayaan jasa. Terkemuka berarti memposisikan dan mempersembahkan eksis organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan yang sejajar dengan organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan lainnya yang sudah maju di Indonesia. Kualitas layanan yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan yang memiliki kompetensi standar dari masing-masing profesi untuk mempersembahkan pelayanan sesuai dengan responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability dalam mempersembahkan kepuasan konsumen.

Organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) Makassar yaitu organisasi gres yang dibuat di bawah administrasi PT (Persero) Angkasa Pura I dengan memseriuskan di bidang pelayanan jasa kemudian lintas penerbangan di daerah ruang udara Indonesia Timur (FIR Ujung Pandang) Divisi Operasi LLP dan Divisi Teknik Elektronika dan Listrik yang tiruana berada di bawah administrasi Cabang Bandara Hasanuddin, terletak di Jalan Bandara Baru Gedung MATSC Makassar.
Dalam menjalankan organisasinya, MATSC mengemban visi “menjadikan MATSC sebagai partner terpilih pada bidang pelayanan kemudian lintas penerbangan secara global”, dan misi “mengutamakan pengguna jasa keselamatan penerbangan, membuat nilai untuk para stakeholder dan mewujudkan akomodasi communication, navigation dan surveillance (CNS) yang berkarakter. Untuk menyebarkan visi dan misi tersebut, maka samasukan MATSC tahun 2009 – 2013 adalah:
1.       Pencapaian Level of Service Pelayanan ATS dan kinerja peralatan di atas standar sesuai dengan SKEP.284/X/1999.
2.       Mewujudkan MATSC sebagai sentra ATS in house pelatihan di bidang penerbangan.
3.       Mengupayakan pencapaian sertifikasi ISO 900 secara bertahap.
Fenomena dari bentuk-bentuk kualitas layanan yang perlu ditingkatkan dalam mempersembahkan pelayanan kepada konsumen yaitu dengan mempersembahkan pelayanan yang terdiri dari: pertama, fenomena pelayanan yang responsif (responsiveness), yaitu tenaga pengelola Organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan MATSC dalam mempersembahkan pelayanan menyadari pentingnya pelayanan yang sangat senang dan ketangkasan dalam bekerja sesuai dengan penguasaan bidang profesi kerja yang mempersembahkan respon yang faktual dengan imej yang sangat bahagia.
Kedua, fenomena pelayanan yang meyakinkan (assurance) yaitu tenaga pengelola MATSC mempersembahkan pelayanan dengan melaksanakan komunikasi dengan konsumen mengatakan perilaku ramah dan sopan, mempersembahkan jaminan akan keselamatan dan kenyamanan sesuai prosedur pelayanan, yang menjamin konsumen untuk loyal memakai jasa MATSC.
Ketiga, fenomena dari pelayanan bukti fisik (tangible), yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan MATSC dalam mempersembahkan pelayanan yang sesuai dengan penerapan peralatan, perlengkapan dan kemampuan karyawan melayani konsumen.
Keempat, fenomena dari pelayanan tenggang rasa (empathy) yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan MATSC dalam mempersembahkan pelayanan menekankan adanya kefokusan, kepedulian dan perhatian dalam mempersembahkan pelayanan.
Kelima, fenomena terkena pelayanan kehandalan (reliability), yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa kemudian lintas penerbangan MATSC dalam mempersembahkan pelayanan bekerja secara cepat dalam proses pelayanan dan mempersembahkan pelayanan dengan tidak pilih kasih (adil dan tidak diskriminan) dengan mempersembahkan doktrin kepada konsumen akan pelayanan yang berkarakter.
Fenomena kualitas layanan menjadi tujuan dalam memperbaiki pemenuhan kepuasan konsumen atas pelayanan yang diterima yaitu terpenuhinya harapan, keinginan dan kebutuhan konsumen. Harapan konsumen yaitu cepat mendapat pelayanan, keinginan konsumen yaitu pelayanan sesuai dengan jangkauan pembiayaan yang dikenakan, dan kebutuhan konsumen yaitu terpenuhinya layanan yang berkarakter.
Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti tertarik menentukan judul: “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada MATSC PT (Persero) Angkasa Pura I Makassar”.

0 Komentar untuk "Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makassar Air Traffic Service Center Matsc Pt (Persero) Angkasa Pura I Makassar (Pm-51)"

Back To Top