Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Perempuan Di Group Blackberry Messenger Terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin (Km-19)

loading...


Perkembangan komunikasi sudah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Transaksi jual beli yang sebelumnya spesialuntuk sanggup dilakukan secara eksklusif maupun tidak eksklusif (telepon) menjadi sesuatu yang sangat konservatif dengan adanya media komunikasi ibarat media massa, yaitu media elektronik dan media cetak.
Khusus untuk media elektronik, ditandai dengan semakin berkembangnya dunia teknologi informasi. Saat ini dikenal adanya socialnetwork dimana chatting (obrolan) menjadi salah satu pilihan cara berkomunikasi. Hal ini pula yang membuat komunikasi menjadi lebih bervariatif sehingga banyak orang mencoba untuk memanfaatkannya.
Salah satu memanfaatkannya antara lain pada bidang promosi penjualan (marketing promotion). Banyaknya pilihan media promosi ketika ini membuat persaingan perjuangan semakin ketat. Hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha gres (newcomer) untuk mempromosikan produk atau jualan mereka diantaranya dengan memanfaatkan socialnetwork.
Blackberry (smartphone) sebagai salah satu alat komunikasi yang mendukung masukana komunikasi dimana salah satu kemudahan utama Blackberry yaitu Group Blackberry Messenger banyak dipakai untuk melaksanakan kegiatan jual beli produk. Berbagai macam jualan ataupun produk sudah dipromosikan melalui salah satu fitur  yang ada pada smartphone blackberry trersebut. Mulai dari promosi barang elektronik, aksesoris olahraga, sampai barang yang ialah kebutuhan primer insan yaitu makanan dan pakaian, serta aneka macam macam produk atau jualan lainnya.

Salah satu yang menjadi promosi utama melalui group blackberry messenger ialah pakaian, khususnya pakaian perempuan yang banyak diminati oleh para pengguna smartphone Blackberry. Pengguna blackberry perempuan umumnya tertarik untuk membeli pakaian perempuan melalui group blackberry messenger sebab adanya kegampangan dalam bertransaksi, tanpa perlu ke mall atau butik. Pakaian ialah kebutuhan primer manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, insan selalu mengenakan pakaian dalam setiap aktivitas. Pakaian berfungsi untuk menutupi aurat, memdiberi kenyamanan, melindungi  tubuh dari gerah atau dingin. Sebagai tambahannya, pakaian dipakai untuk mempercantik diri. Berbeda dengan tas atau sepatu yang berfungsi sebagai kebutuhan pelengkap. Tas atau sepatu ini disebut sebagai pelengkap sebab insan sanggup saja beraktivitas tanpa keduanya.
Seseorang sanggup dikenal sebab penampilan, tingkah laku, suara, cara berpakaian, kesukaan dan lain sebagainya. Pemilihan busana yang sempurna disertai pelengkap busana yang sesuai memiliki arti besar dalam penampilan seseorang. Busana yang harmonis dan menarikdanunik sanggup menambah simpati dan rasa kagum dari orang-orang di sekelilingnya. Berbusana tidak sekadar mengenakan pakaian, pemilihan busana yang sempurna sesuai untuk peluang dan sesuai pula dengan kepribadian pemakainya, mengakibatkan penampilan seorang perempuan sangat mengesankan.
Antara promosi dan produk, tidak sanggup dipisahkan, dua hal ini yang saling berkaitan untuk menuju suksesnya pemamasukan. Di sini harus ada keseimbangan, produk baik, sesuai dengan selera konsumen, dibarengi dengan metode promosi yang sempurna akan sangat memmenolong suksesnya perjuangan marketing. Teknik promosi yang dipakai ketika melaksanakan kegiatan promosi penjualan di group blackberry messenger, yaitu dengan sering update status yang isinya memperlihatkan atau ihwal promo yang sedang berjalan ibarat diskon 10%, harga lebih murah, dan promo lainnya; share picture kedalam group blackberry messenger; membuat tampilan produk yang menarikdanunik ibarat memakai model yang manis atau background foto yang menarikdanunik; keterangan produk dibentuk secara detail ibarat materi produk, warna, panjang, ukuran pinggang, stok produk yang masih tersedia, dan masih banyak lagi; memakai kalimat-kalimat yang menarikdanunik dan terkesan bersahabat serta kekeluargaan ibarat contohnya memakai kata “sis” (dimaksud sister), “say” (dimaksud akung), “bu.”
Jadi sanggup disimpulkan bahwa, minat beli ialah suatu hasrat atau harapan pembeli yang muncul dalam pribadi seseorang untuk membeli beberapa jumlah atau unit-unit produk atau merek tertentu, dalam periode waktu tertentu pula, di mana rencana tersebut terbentuk melalui proses keputusan atau pemilihan.  Dari keterangan di atas, peneliti tertarik dengan maraknya penjualan atau promosi pakaian perempuan di group blackberry messenger. Ketertarikan peneliti lebih ke arah penelitian ihwal imbas promosi penjualan dan minat beli konsumen.
Berdasarkan uraian di atas peneliti bermaksud untuk mereview minat beli mahasiswi dikalangan Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin melalui group Blackberry messenger, sebab secara umum dikuasai mahasiswa pada jurusan ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin ialah perempuan atau mahasiswi. Beberapa dari mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin ialah pelaku  transaksi melalui group blackberry messenger, baik sebagai pembeli ataupun sebagai penjual (seller). Peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Wanita di Group Blackberry Messenger terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin”.

0 Komentar untuk "Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Perempuan Di Group Blackberry Messenger Terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin (Km-19)"

Back To Top