loading...
Pengertian Manajemen - Kata MANAJEMEN sudah tidak abnormal lagi di telinga. Mungkin ada yang membayangkan: administrasi yaitu pekerjaan kantoran, diperusahaan: pakaian rapi, berdasi, sepatu mengkilap dan naik kendaraan beroda empat bagus. Juga punya bawahan. Yang sanggup disuruh suruh. Seperti di film-film itu. Di televisi itu.Sebenarnya, itu tidak salah. Tapi, manajemen: lebih luas dari sekedar itu. Saking luasnya: ada ditiruana bidang. Ada disetiap waktu. Dan tanpa sadar, anda sudah mempraktekkannya: setiap hari. Bahkan hari ini: ketika ini juga. Saat anda membaca goresan pena ini. Sadar?
Apa itu administrasi ?
Pengertian Manajemen
Definisi administrasi yaitu ini: dari kata "Manage". Artinya: mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin.Lihatlah: anda membaca artikel ini. Artinya anda mencari: arti manajemen. Anda mengusahakan untuk tahu: apa itu manajemen. Tekniknya: anda cari via internet. Dan membacanya ditulisan ini.
Stepnya:
1. Anda punya tujuan: mencari tahu arti manajemen.
2. Anda punya rencana: mencari tahu di internet
3. Anda punya aksi: baca goresan pena ini
4. Anda punya evaluasi: jikalau goresan pena ini tidak memuaskan: baca goresan pena lain. Di blog lain.
5. Anda punya tujuan: tahu pengertian manajemen.
Lihatlah stepnya: mungkin anda tidak sadar. Kalau ternyata: membaca goresan pena inipun. Anda sudah mengaturnya. Mempraktekkan ilmu manajemen.
Memang, ini cuma hal kecil: membaca. Tapi ilmu administrasi -setidaknya- ibarat mirip itu. Manajemen yaitu ilmu mengatur. Mengatur sesuatu, untuk mencapai tujuan.
misal tadi spesialuntuk lingkup kecil. Semakin besar masalahnya: semakin besar lingkup manajemennya. Seperti ilmu administrasi modern. Yang ingin anda tahu. Yang diperusahaan perusahaan besar itu. Seperti yang di televisi itu. Yang pakai dasi rapi itu.
Simak pengertian administrasi yang lebih lengkap ini:
"Manajemen yaitu sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."
Ya, secara sederhana pengertian manajemen sanggup ditulis ibarat itu.
Bagaimana definisi administrasi berdasarkan para jago ?
Pengertian Manajemen |
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Mary Parker F."Pengertian administrasi yaitu sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan sanggup diselesaikan dengan orang lain."
George R. Terry
" Definisi Manajemen ialah ilmu sekaligus seni, administrasi yaitu wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga administrasi sanggup dibuktikan secara umum kebenarannya."
Koontz
"Manajemen yaitu suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu."
Koontz menambahkan, ilmu dan seni tidaklah berperihalan, namun masing masing saling melengkapi.
Stoner
"Ilmu Manajemen ialah proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin banyak sekali perjuangan dari anggota organisasi dan juga memakai tiruana sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diputuskan."
Wilson
" Manajemen yaitu sebagai sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai samasukan organisasi. Proses ialah suatu rangkaian acara yang dijalankan dengan sistematis."
Oey Liang Lee
" Arti Manajemen yaitu ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian (pengawasan) dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan."
Lawrance A Appley
" Manajemen yaitu sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilakukan dengan perjuangan orang yang lain."
Masih kurang? masih banyak jago atau pakar yang lain, dengan susunan kata kata yang tidak sama, namun benang merahnya masih tetap sama.
Manajemen yaitu ilmu serta seni dalam menjalankan acara suatu organisasi.
Aktivitas tersebut sanggup berupa pengorganisasian yang mencakup : Perencanaan - Penyusunan - Pengusahaan - dan Pengawasan dengan mengerahkan tiruana sumber daya yang dimiliki oleh organisasi supaya tujuannya terealisasi.
misal kalau dalam sebuah perusahaan, tujuannya yaitu LABA, dan pada organisasi pemerintahan tujuannya yaitu peterbaikan layanan publik dll.
Manfaat Apa yang Bisa Diperoleh dari Manajemen
Manajemen seolah menjadi hal yang wajib untuk dijalankan dengan sebaik baiknya dalam sebuah perusahaan. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menerapkan ilmu administrasi yang baik?
Berikut diantaranya:
- Perusahaan sanggup mendapat hasil yang terbaik dengan sumber daya yang dimiliki.
- Manajemen akan megampangkan setiap individu maupun kelompok dalam perusahaan untuk menyajikan dan menjalankan seluruh kerangka kerja yang efektif.
- Mengalokasikan dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif
- Kerangka kerja dalam jangka waktu yang panjang bahkan yang pendek disusun secara detail dan sanggup dijalankan dengan gampang
- Menumbuhkan perilaku profesional disetiap individu pada perusahaan dengan mempersembahkan kepercayaan dalam menjalankan kiprah yang didiberikan.
- Merancang seni administrasi untuk mencapai tujuan secara efektif, rasional, sistematis dan sanggup dijalankan dengan mempertimbangkan tiruana aspek yang terhubung.
Proses Fungsi Manajemen: Bagaimana Manajemen Bisa Berjalan?
Menurut teori yang umum dijadikan acuan, ada 4 fungsi administrasi yang dikenal dengan istilah POAC (Planning - Organizing - Actuating - Controlling) yang diperlukan dan dijalankan dalam kegiatan manajemen.urutan fungsi administrasi (poac) |
1. Fungsi Perencanaan
Perencanaan yaitu sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi, menyusun seni administrasi untuk mencapai tujuan yang diputuskan tersebut dan merancang acara kerja organisasi tersebut.Perencanaan sanggup diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa menhadir dan penentuan sebuah seni administrasi yang sempurna supaya sanggup merealisasikan tujuan organisasi.
2. Fungsi Pengorganisasian
Pengorganisasian yaitu proses yang mencakup bagaimana seni administrasi yang sudah dirumuskan pada ketika tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif.Pengorganisasian sanggup mempersembahkan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi sanggup bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.
3. Fungsi Pengarahan
Pengarahan yaitu tahap dimana acara diimplementasikan supaya sanggup dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi.Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut supaya sanggup melakukan tanggung jawabannya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.
4. Fungsi Pengendalian
Pengendalian yaitu upaya untuk memastikan tiruana kegiatan yang dijalankan sanggup berjalan dengan semestinya, sesuai dengan tahap dan sasaran yang sudah diputuskan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang sanggup terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.Jenis Jenis Manajemen
Ada banyak jenis administrasi yang ada pada sebuah organisasi atau perusahaan. Namun jenis administrasi akan diadaptasi dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Lain perusahaan, lain kebutuhannya.Perusahaan kecil beda dengan perusahaan besar. Perusahaan dagang beda dengan perusahaan jasa. Bahkan perusahaan sejenispun, kebutuhannya beda. Karena dapurnya beda. Orangnya beda. Teknik mengelolanya: beda.
misal jenis jenis administrasi yang biasanya hampir selalu diperlukan dalam sebuah perusahaan antara lain:
Perusahaan kecil, belum tentu butuh manajer SDM. Perusahaan jasa belum tentu butuh manajer operasional. Setiap perusahaan, isinya beda.
Bahkan ada yang merangkap. Manajer SDM juga sebagai manajer pemamasukan atau keuangan. Beda tempat: beda perlakuan.
Tag :
Manajemen
0 Komentar untuk "Pengertian Manajemen, Ini Penjelasannya !"