Akuntan Publik, Apa Itu?

loading...
Pernah dengar Akuntan Publik ?

Untuk anak akuntansi pastinya sudah tidak gila ditelinga, bagaimana dengan orang awam ?

 Untuk anak akuntansi pastinya sudah tidak gila ditelinga Akuntan Publik, Apa Itu?
akuntan publik
Apa pengertian akuntan publik ?

akuntan publik ialah masyarakat yak ?

Hahaha .. Bukan...

Dalam bahasa yang sederhana, akuntan publik ialah tukang periksa

Apa yang diperiksa ?

Yang diperiksa ialah laporan keuangan perusahaan.

Lha terus mengapa laporan keuangan perusahaan harus diperiksa ?

Pengertian Akuntan Publik

Laporan keuangan perusahaan harus diperiksa semoga laporan yang dihasilkan handal, wajar, berdaya guna terbaik bagi para stakholder yang berkepentingan.

Dan yang penting, tidak ada tindakan yang menyimpang, ibarat penyelewengan, penyalahgunaan sumber daya, manipulasi maupun hal hal yang merugikan lainnya yang disengaja ataupun tidak.

Singkat cerita, pemilik perusahaan (investor) menyuruh seseorang untuk menjalankan bisnis di perusahaannya, seseorang yang disuruh ini disebut manajemen.

Pemilik perusahaan tentunya perlu mengawasi dan butuh informasi tiruana ihwal kegiatan yang dilakukan olah manajemen.

Untuk itu administrasi kemudian menyusun laporan keuangan yang meliputi tiruana kegiatan aktivitas yang ia lakukan pada perusahaan tersebut sebagai pertanggung jawabanan terhadap majikannya (pemilik perusahaan).

Dalam laporan administrasi ini sanggup saja pihak administrasi bertindak badung, berbelok belok dan berpotensi merugikan

Informasi yang didiberikan sanggup saja tidak valid, atau tingkat kevaliditasnya diragukan. 

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan ini terjadi, semoga tidak dirugikan dengan laporan yang tidak sesuai, pemilik perusahaan menugaskan seseorang untuk menyidik laporannya itu.

Untuk memastikan bahwa laporan yang dibentuk oleh administrasi ini masuk akal atau tidak wajar, merugikan apa tidak.

Dan orang atau forum yang disuruh meriksa laporan keuangan ini ialah Akuntan Publik !

Akuntan publik ini ialah bab dari jenis profesi akuntansi, orangnya disebut auditor, dan daerah kerja auditor jenis ini ada di Kantor Akuntan Publik (KAP)

Seseorang berprofesi akuntan publik harusnya independen, harus netral, semoga pemeriksaannya benar benar sesuai dengan kaidah yang ada, kalau auditor nyerong ke pihak administrasi sanggup ancaman tuh. sanggup main main nantinya.

Kaprikornus seorang auditor harus independen, supaya laporan keuangan yang dihasilkan sanggup dipercaya.
Tentang akuntan publik bantu-membantu sudah ada yang mengatur.

Definisi Akuntan Publik

"Pengertian akuntan publik ialah seorang akuntan yang mendapat ijin dari menteri keuangan untuk sanggup mempersembahkan layanan jasa akuntan publik di Indonesia."

Ketentuan ini sudah diatur didalam UU No 5 th 2011 ihwal akuntan publik dan juga Permenkeu No 17/PMK01/2008 terkena Jasa Akuntan Publik.

Seorang akuntan harus menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai asosiasi profesi profesi akuntan publik yang sudah diakui oleh pemerintah semoga sanggup mengaudit laporan keuangan.

Standar Pelaporan Akuntan Publik

  • Laporan wajib menyatakan, apakah suatu laporan keuangan yang diperiksa sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan yang berlaku umum.
  • Pengungkapan informasi pada laporan keuangan harus dipandang memadai, kecuali jikalau ditetapkan lain didalam laporan auditor.
  • Laporan harus menyatakan dan menawarkan apabila ada ketidak-konsistenan dalam menerapkan prinsip akuntansi didalam penyusunan sebuah laporan keuangan pada periode yang sedang berjalan yang dibandingkan periode terlampau
  • Laporan audit harus terdapat suatu pernyataan pendapat ihwal laporan yang diperiksa secara menyeluruh. apabila tidak mempersembahkan pendapat atas laporan keuangan, maka alasan tidak mempersembahkan pendapat itu harus disertakan. Laporan auditor juga harus terdapat petunjuk terang terkena sifat pekerjaan audit yang dijalankan/dilaksanakan apabila ada dan tingkatan tanggung balasan yang dimiliki/dipikul oleh auditor.

Peranan Akuntan Publik

Berikut beberapa peranan seorang akuntan publik
  • Mengendalikan serta mengarahkan dengan efektif sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  • Memdiberikan keputusan yang terkait dengan penerapan sumber daya termasuk didalamnya mengidentifikasi bidang keputsuan rumit serta penetapan tujuuan dan samasukan entitas.
  • Memdiberikan laporan atas kepemilikan sumber daya yang dimiliki/dikuasai oleh entitas/organisasi.

Layanan yang Didiberikan oleh Akuntan Publik

Akuntan publik berdasarkan peraturan pemerintah spesialuntuk mempunyai 2 layanan saja. Yaitu jasa atestasi dan jasa non atestasi.

#1. Jasa Atestasi

Jasa atestasi ialah jasa untuk mempersembahkan pertimbangan atau pernyataan terkena pernyataan sebuah laporan perjuangan sudah sesuai dengan standar dan sudah diputuskan.

Ada tiga bentuk dari jasa atestasi akuntan publik:
  1. Audit atas laporan keuangan perusahaan/organisasi
  2. Review laporan keuangan
  3. Jasa atestasi lainnya

#2. Jasa Non Atestasi

Jasa non atestasi ialah jasa yang tidak mempersembahkan pendapat, pernyataan, ringkasan atau keyakinan terkena pernyataan sebuah laporan usaha.

misal jasa non atestasi:
Jasa perpajakan
Jasa perancanan sebuah sistem untuk organisasi
Jasa konsultasi manajemen

0 Komentar untuk "Akuntan Publik, Apa Itu?"

Back To Top