Tujuan Sistem Info Manajemen

loading...
Tujuan Sistem Informasi Manajemen ialah menghasilkan isu yang berkhasiat bagi manajemen. Sistem isu administrasi ialah sebuah sistem isu yang terkomputerisasi untuk mengelola tiruana data dan isu yang bekerjasama dengan perusahaan untuk dijadikan sebagai materi pengambilan keputusan.
Tujuan Sistem Informasi Manajemen ialah menghasilkan isu yang berkhasiat bagi manajeme Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Tujuan Sistem Informasi Manajemen 

Simpel saja, sesuai namanya, sistem isu administrasi tujuan utamanya ialah menghasilkan INFORMASI.

Informasi yang bagaimana ?
Informasi untuk siapa ?
Untuk apa isu tersebut ?

Secara umum, sistem isu manajemen bertujuan untuk menyajikan isu yang diperlukan oleh pihak yang berkepentingan untuk dipakai sebagai materi pertimbangan pengambilan keputusan.

Informasi yang dihasilkan ialah isu yang punya nilai guna bagi pemakainya. Bermanfaat bagi pembacanya. Suapaya isu memiliki nilai guna, isu haruslah relevan, akurat dan sempurna waktu.

Kekurangan salah satu diantaranya mengakibatkan isu akan berkurang nilainya. contohnya manajer pemamasukan ingin mengetahui jumlah pengeluaran promosi dan penjualan tapi didiberikan isu wacana biaya produksi. Maka isu tersebut tidak relevan. Tidak berkhasiat bagi administrasi pemamasukan.

Siapa pengguna isu tersebut?

Baca juga : Komponen Sistem Informasi Manajemen

Informasi yang dihasilkan oleh sistem isu administrasi akan dipakai oleh banyak sekali pihak yang membutuhkan. Terutama pihak administrasi perusahaan, mulai dari administrasi lapisan bawah, menengah hingga administrasi puncak.

Tidak menutup kemungkinan isu juga diperlukan oleh pihak internal lainnya menyerupai karyawan dan pihak eksternal perusahaan menyerupai pemerintah, pemegang saham, kreditur dan masyarakat.

Informasi yang dihasilkan SIM akan dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan. Mulai dari keputusan perencanaan, pengendalian, penilaian dan perbaikan terhadap apa yang sudah dijalankan.

misalnha isu terkena biaya produksi yang diperlukan oleh bab produksi. Manajer bab produksi tentu akan memanfaatkan isu tersebut untuk mengevaluasi kinerjanya, menyusun planning kerja kedepan atau melaksanakan perbaikan kinerja.

Misalnya pada laporan SIM ternyata ada beberapa bab yang mengakibatkan biaya produksi membengkak, tidak efisien. Manajer bab produksi tentu akan merespon dan mengambil tindakan supaya bab yang tidak efisien tersebut dievaluasi dan dicarikan solusi.

Sistem isu administrasi yang cantik bahkan sanggup meminimalkan biaya dan meterbaikkan pendapatan perusahaan.

Manajemen pada tingkatan yang lebih atas tentu akan membaca isu yang dihasilkan dari perspektif yang tidak sama sesuai dengan kepentingannya. Tujuan utamanya ialah meterbaikkan kinerja perusahaann.

Bahwa dengan adanya sistem isu manajemen, administrasi perusahaan sanggup mengambil keputusan terkena perencanaan bisnis, memilih strategi, melaksanakan penilaian dan mengambil tindakan perbaikan dengan efektif dan efisien.


Tambahan:

Tujuan Teknis Sistem Informasi Manajemen

Secara teknis, sistem isu administrasi memiliki tujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data dan menyajikan isu hasil pengolahan data.

# Mengumpulkan Data

Sistem isu administrasi bertujuan untuk mengumpulkan data data yang ada yang sanggup kuat pada kondisi perusahaan. Semua data yang berasal dari acara internal perusahaan bahkan dari eksternal perusahaan. Seperti data transaksi perusahaan, data operasional, jadwal dan acara perusahaan.

# Pengolahan Data

Data yang sudah dikumpulkan akan diproses dan dioleh menjadi informasi. Pengolahan data ini sanggup mencakup penyortiran data/menyeleksi data, merangkum data, mengelompokkan data dan membuat perhitugan sehingga muncullah data simpulan yang menjadi isu administrasi yang berguna.

# Penyajian Informasi

Informasi yang sudah dihasilkan dari pengolahan data harus disajikan kepada pihak pihak yang membutuhkan isu tersebut. Informasi yang disajikan harus praktis dibaca oleh penggunanya supaya pesan yang ingin disampaikan sanggup tersalurkan.

Informasi yang sajikan harus relevan, akurat dan dalam waktu yang sempurna supaya sanggup menjadi materi pertimbangan dalam pengambilan keputusan manajemen.


Ketiga tahapan dan tujuan teknis tersebut umumnya dilakukan secara terkomputerisasi. Menggunakan teknologi yang kekinian sehingga proses sistem isu administrasi sanggup lebih cepat, akurat, efektif dan efisien.

Walaupun komputer bukanlah syarat mutlak dalam sebuah sistem isu manajemen, namun pada prakteknya sistem isu administrasi yang baik hampir tiruananya memakai menolongan komputer dan teknologi isu terkait.

0 Komentar untuk "Tujuan Sistem Info Manajemen"

Back To Top