Apa Itu Obligasi ? Ini Definisi Dan Keuntungannya

loading...

Apa itu OBLIGASI ? Apa yang dimaksud dengan obligasi ?

Obligasi yaitu surat pinjaman. Surat utang yang bagaimana ?

Pengertian Obligasi 

Obligasi atau yang juga dikenal dengan istilah bond ialah akta atau surat berharga yang meliputi wacana ratifikasi atas dukungan oleh penerbit obligasi kepadad investor (pemdiberi pinjaman).

Pengertian obligasi yaitu akta atau surat berharga yang isinya yaitu kontrak antara investor selaku pemegang obligasi dengan perusahaan penerbit obligasi yang menyatakan bahwa pemegang obligasi sudah meminjamkan sejumlah dana kepada perusahaan penerbit obligasi.

Perusahaan penerbit obligasi sebagai peminjam dana, berkewajiban untuk membayar sejumlah bunga secara bersiklus sesuai dengan tempo yang sudah diputuskan dan juga melunasi pokok dukungan dikala tanggal jatuh tempo obligasi.

Utang obligasi umumnya diterbitkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta yang membutuhkan dana dari luar perusahaan.

Kupon obligasi yaitu tingkat bunga dukungan obligasi yang harus dibayarkan oleh debitur kepada kreditur.

Pada umumnya obligasi diterbitkan pada rentang waktu tertentu. Pinjaman obligasi umumnya berjangka waktu menengah - panjang. Rata rata obligasi di Indonesia mempunyai jangka waktu 5 tahun dan yang paling usang 30 tahun.

Obligasi yaitu produk dari pasar modal. Bukan produk dari forum keuangan ibarat bank atau forum keuangan bukan bank.

Bank biasanya tidak bertanggungjawaban terhadap tiruana tuntutan dan resiko yang muncul dari investasi obligasi. Obligasi tidak termasuk objek aktivitas penjaminan simpanan. Bank spesialuntuk menjadi biro penjual obligasi.

Kesepakatan lain dalam obligasi sanggup dicantumkan ibarat pemegang obligasi atau adanya pembatasan upaya aturan yang dibisa diambil oleh penerbit obligasi.

Obligasi yaitu utang namun dalam bentuk sekuritas. Sama ibarat saham, utang obligasi sanggup dipindahtangankan. Obligasi sanggup diperjual-belikan dipasar sekunder layaknya saham.

Bagi penerbit, baik pemerintah ataupun perusahaan, obligasi ialah opsi pendanaan yang menarikdanunik alasannya yaitu memiki jangka waktu yang relatif panjang dengan biaya yang relatif murah.

Dari sudut investor, dikala diberinvestasi obligasi. Akan terlihat ibarat dengan investasi dideposito bank. Investor akan memperoleh bunga (kupon) secara berkala. Umumnya didiberikan setiap tiga (3) bulan, enam (6) bulan atau satu (1) tahun sekali hingga dengan jangka waktu tempo yang sudah ditentukan.

Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Berk [2007:212]

"Obligasi ialah surat berharga yang diterbitkan (dijual) oleh perusahaan atau pemerintah untuk memperoleh dana dari investor dengan pemdiberian kompensasi berupa bunga yang dibayarkan menurut perjanjian pertama."

Fahmi [2013:42]

"Obligasi yaitu surat berharga yang didalamnya tercantum aneka macam hal yang membuktikan wacana nilai nominal, tingkat kupon (suku bunga), nama penerbit, jangka waktu serta ketentuan ketentuan lain yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku yang dijual kepada publik."

Tandelilin [2010:40]

"Obligasi ialah sekuritas meliputi kesepakatan untuk memdiberi pembayaran tetap sesuai aktivitas yang sudah diputuskan."

Pratomo dan Nugraha [2009]

"Obligasi ialah surat dukungan berjangka waktu lebih dari satu (1) tahun dengan tingkat suku bunga tertentu yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk memperoleh dana dari masyarakat yang nantinya akan dipakai untuk pembiayaan perusahaan atau anggaran pemerintah."

Yuliana dkk [2011]

"Obligasi yaitu surat wacana ratifikasi dukungan yang diterbitkan perusahaan atau pemerintah atau forum yang lain sebagai pihak yang berpinjaman. Memiliki nilai nominal dan kesanggupan dalam pembayaran bunga secara bersiklus dengan tingkat persentase atau bunga tertentu yang tetap."

Frank J. Fabozzi

"Obligasi ialah jenis dukungan atau surat ratifikasi utang sebuah perusahaan atau pemerintah yang akan dibayar lunas dikala waktu jatuh tempo sebesar jumlah nominalnya. Penghasilan yang sanggup diperoleh dari sebuah obligasi yaitu tingkat bunga yang dibayarkan oleh penerbit obligasi."

Keuntungan Obligasi ?

Perusahaan maupun investor akan mendapatkan laba dengan dengan obligasi.

Bagi perusahaan, obligasi terang menguntungkan dengan mendapatkan sumber dana perusahaan yang akan diharapkan untuk kegiatan operasional maupun pengembangan perluasan perusahaan.

Obligasi dan saham sering menjadi pertimbangan utama manajemen keuangan dalam mendapatkan sumber dana perusahaan. Ada beberapa laba dikala administrasi memutuskan untuk menentukan menerbitkan obligasi daripada saham. Antara lain :
  • Penerbitan obligasi tidak mengganggu hak pengendalian pemegang saham alasannya yaitu pemegang obligasi statusnya yaitu kreditur. Tidak mempunyai hak bunyi didalam perusahaan.
  • Obligasi sanggup menghemat pajak. Bunga obligasi yaitu beban perusahaan yang sanggup menjadi pengurang pajak.
  • Earning Per Share (EPS) lebih tinggi alasannya yaitu tidak terdapat penerbitan saham baru.

Keuntungan untuk Investor ?


1. Bunga

Obligasi mempersembahkan pendapatan bunga untuk investornya. Bunga tersebut umumnya disebut dengan kupon obligasi. Ada 2 jenis kupon dalam obligasi. Fixed coupon (kupon tetap) dan floating coupon (kupon mengambang)

Kupon obligasi umumnya lebih tinggi daripada bunga deposito bank.

Perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut berkewajiban membayar bunga kepada pemilik obligasi dari perusahaan tersebut. Karena intinya obligasi yaitu SURAT UTANG.

Karena obligasi yaitu pinjaman, maka obligasi mempunyai privelage yang lain. Yakni menjadi prioritas pelunasan apabila bila dibandingkan dengan instrumen lain ibarat saham.

Walaupun obligasi yaitu pinjaman. Namun pada kasus tertentu ada obligasi yang tidak mempersembahkan bunga. Zero Coupon Bond namanya.

               Baca juga : Obligasi Tanpa Bunga (Zero Coupon Bond)

2. cepatdangampang dijual belikan.

Obligasi simpel untuk diperjual-belikan atau diperdagangkan dipasar sekunder. Bursa Efek Indonesia (BEI) atau diluar BEI

3. Capital Gain

Capital gain ialah laba yang didapat dari selisih harga obligasi dikala obligasi yang dimiliki diperdagangkan. misalnya, harga obligasi pertama yaitu 100 %, dan dikala obligasi tersebut akan dijual, harganya naik menjadi sebesar 120 %. Jika obligasi tersebut terjual, maka pemilik obligasi tersebut akan mendapatkan laba sebesar 20 %.

4. Dijadikan Agunan. Obligasi sanggup dijadikan jaminan ibarat obligasi negara.

5. Aman. Obligasi termasuk investasi yang kondusif alasannya yaitu pembayaran bunga dan pokok pinjamannya sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Pihak yang Menerbitkan Obligasi

Siapa saja yang sanggup menerbitkan obligasi ?

Tentu saja pihak yang membutuhkan uang. melaluiataubersamaini cara berpinjaman.

Umumnya yang menerbitkan obligasi yaitu perusahaan yang memerlukan komplemen uang untuk pengembangan usaha. Selain itu pemerintah juga sanggup menerbitkan obligasi. Bahkan obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah lebih sering kita dengar.

Berikut pihak pihak yang biasanya menerbitkan obligasi.
  • Pemerintah
  • Lembaga supranasional. Misalnya Bank Investasi Eropa
  • Lembaga pemerintahan. Umumnya disebut agency bonds
  • Sub-sovereign. Di Indonesia biasa disebut dengan SUN (Surat Utang Negara)
  • Perusahaan swasta
  • Spesial Purpose Vehicles. Sebuah perusahaan yang bertujuan khusus untuk menguasai aset tertentu. Tujuannya untuk penerbitan obligasi yang disebut Efek Beragun Aset 

Jenis Jenis Obligasi

Di Indonesia, jenis utang obligasi terdapat beberapa macam. Beberapa jenis obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah di Indonesia contohnya sebagai diberikut :
  • Obligasi Rekap. Obligasi yang bertujuan untuk Program Rekapitalisasi Perbankan
  • Obligasi Ritel Indonesia. Obligasi yang bertujuan menutup defisit APBN. Obligasi ini bernominal kecil agar sanggup dibeli secara ritel.
  • Surat Utang Negara. Sama dengan Obligasi Ritel Indonesia, Tujuannya menutup defisit APBN
  • Sukuk atau Obligasi Syariah. Sama ibarat Surat Utang Negara namun dengan menurut pada prinsip syariah.

Pada perusahaan swasta, ada beberapa jenis obligasi yang umum diterbitkan.
  • Secure and Unsecured Bonds, Secure bond ialah obligasi yang terdapat jaminan aset perusahaan tertentu ibarat tanah, pabrik, gedung. Sedangkan Unsecured bond ialah obligasi yang diterbitkan dngan kredit umum oleh penerbit.
  • Term and Serial Bonds. Term bond yaitu obligasi yang mempunyai jangka waktu yang spesifik dimasa depan. Serial Bond ialah obligasi yang dibayar dengan cara cicilan.
  • Registered and Bearer Bonds. Registered bond yaitu obliglasi yang diterbitkan memakai nama dari pemiliknya. Bearer bond ialah obligasi yang terdaftar/didaftarkan. Pemegang bearer bond harus memakai kupon dalam mendapatkan pembayaran bunganya.
  • Convertible and Callable Bond. Convertible bonds ialah obligasi yang sanggup dikonversi menjadi saham biasa perusahaan. Callable bonds ialah obligasi yang sanggup ditarik dalam jumlah tertentu sebelum obligasi tersebut jatuh tempo.

Referensi: www.edukasisaham.co.id, https://binus.ac.id, cermati.com

0 Komentar untuk "Apa Itu Obligasi ? Ini Definisi Dan Keuntungannya"

Back To Top