Fungsi Pemasaran Yang Perlu Diketahui

loading...
Fungsi Manajemen Pemamasukan mencakup beberapa aspek riset konsumen, pengembangan suatu produk, komunikasi - promosi, taktik distribusi, penetapan harga produk dan pemdiberian layanan.

Seluruh kegiatan ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui, memenuhi, melayani, serta memuaskan kebutuhan para konsumen. Adapun fungsi dari pemamasukan itu sendiri ada beberapa diataranya akan kita bahas dalam artikel ini

 penetapan harga produk dan pemdiberian layanan Fungsi Pemamasukan yang Perlu Diketahui

Fungsi Pemamasukan

Fungsi pemamasukan yakni acara yang dijalankan pada bisnis yang terlibat didalam menggerakkan barang atau jasa dari produsen hingga hingga ke tangan para konsumen (William J. Shultz)

Didalam konsep fungsi pemamasukan yang dikemukakan oleh Sofjan Assauri [1987: 19] yang meng-klasifikasi-kan fungsi pemamasukan kedalam 3 (tiga) fungsi dasar pemamasukan, yaitu :
  1. Fungsi pembelian dan penjualan
  2. Fungsi suply fisik - pengangkutan dan penyimpangan (penggudangan)
  3. Fungsi penunjang - pengamanan, standardisasi dan grading, keuangan (financing), penanggungan terhadap resiko serta gosip pasar

Pada goresan pena ini, fungsi pemamasukan yang akan disoroti yakni :

[1] Fungsi Pembelian | Buying

Fungsi pemamasukan pembelian yakni fungsi yang mengikuti kegiatan kegiatan yang mencari serta mengumpulkan barang atau jasa yang diharapkan sebagai persediaan dalam memenuhi kebutuhan para konsumen.

Fungsi pembelian ini intinya yakni sebuah proses atau kegiatan mencari penjual dan ialah timbal balik dari acara penjualan (Selling).

Maka daripada itu perlu untuk dipahami kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat membuat orang atau konsumen melaksanakan pembelian barang atau jasa.

[2] Fungsi Penjualan | Selling

Fungsi penjualan (selling) mencakup kegiatan yang dijalankan untuk mencari para calon pembeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan impian dapat memperoleh keuntungan.

Aktivitas penjualan yakni lawan dari acara pembelian. kegiatan pembelian (buying) tidak akan pernah terjadi tanpa acara penjualan. demikian juga sebaliknya.

[3] Fungsi Transportasi

Fungsi transportasi ialah proses pemindahan barang dari suatu daerah dipindahkan ke daerah yang lainnya (pemindahan)

[4] Fungsi Penyimpanan | Penggudangan

Penggudangan atau penyimpanan barang yakni fungsi penyimpanan suatu produk yang sudah dibeli sebagai persediaan biar dapat menghindari resiko kerusakan barang atau resiko resiko yan glain yang dapat saja muncul

[5] Fungsi Informasi Pasar

Informasi pasar ini yakni fungsi pemamasukan yang bersifat luas serta penting, ini dikarenakan fungsi gosip pasar ini menyajikan gosip terkena situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang masih berafiliasi dengan produk yang terkait, harga jual yang inginkan oleh konsumen dan situasi kondisi pasar secara keseluruhan.

Menurut Sofjan Assauri [1987: 303] yang dimaksud dengan gosip ialah keterangan yang berupa fakta, data ataupun hasil analisis, pertimbangan atau sebuah pandangan dari pemberli gosip wacana keadaan kondisi yang secara pribadi terkait dengan kebutuhan dalam pengambilan suatu keputusan manajemen

Semua hal hal diatas tentunya harus dikuasai dengan matang dan mendetail serta penerapan yang sempurna oleh pihak Manajemen Pemamasukan walau terkadang dalam penerapannya tentu mengalami dan menghadapi banyak sekali hambatan yang terkadang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Pemahaman yang utuh atas fungsi manajemen pemamasukan nantinya akan dapat dijadikan materi kajian dari sebuah strategi pemamasukan yang akan di terapkan untuk meterbaikkan tiruana peluang yang ada.

0 Komentar untuk "Fungsi Pemasaran Yang Perlu Diketahui"

Back To Top