Pengertian Internal Audit

loading...
Pengertian Internal Audit menurut aku, bukan berdasarkan pakar atau ahli, Internal Auditing yaitu proses investigasi internal atas pengendalian yang dilakukan administrasi apakah berjalan dengan baik serta efektif, sampai unit unit yang menjalankan sudah sesuai dengan mekanisme prosedur yang sudah diputuskan.

Pihak yang menilik yaitu auditor internal, artinya yang menilik itu yaitu "karyawan" perusahaan itu sendiri, untuk tujuan pihak manajemen, tujuan internal perusahaan, tidak untuk pihak eksternal.
Internal Auditing yaitu proses investigasi internal atas pengendalian yang dilakukan mana Pengertian Internal Audit
internal audit
Makara contohnya administrasi memiliki planning katakanlah planning A, yang ditugasi menjalani planning A ini yaitu anak buahnya si administrasi itu, nah apakah anak buahnya yang berbagai ini kerjanya becus apa tidak?

Efektif apa tidak?

Jangan tidakboleh planning A nya tidak berjalan baik?

Jangan tidakboleh planning A risikonya tak terbaik? tidakboleh tidakboleh anak buahnya tidak menjalankan dengan semestinya dan tidakboleh tidakboleh yang lainnya.

Disinilah fungsinya internal audit, internal audit dilakukan semoga tiruana planning yang sudah disusun dan diputuskan dihukum dengan baik semoga dapat berjalan dan tidak menyimpang semoga tujuan si administrasi dengan rencananya dapat terwujud

Pihak yang melaksanakan pemeriksaaan ini di sebut Internal Auditor, bukan eksternal auditor.

Beda lagi, eksternal auditor itu suruhannya yang punya perusahaan untuk menilik si manajemen, dari luar perusahaan yang independen harusnya, untuk lengkapnya supaya pembahasan ini tidak out of topic. Eksternal auditor dapat dibaca: akuntan publik.

Dan siapa itu auditor? untuk pengertian auditor sendiri dapat anda baca di : pengertian auditor

Nah kini pengertian internal audit berdasarkan pakar atau hebat perihal, tentunya anda harus lebih percaya ini daripada goresan pena saya yang di atas.

Pengertian Internal Audit

Hiro Tugiman [2006:11]

Internal audit ialah suatu fungsi penilaian independen didalam entitas/organisasi guna menguji serta mengevaluasi acara yang dilaksanakan.

Mulyadi [2002:29]

Internal Audit yaitu auditor yang bekerja didalam suatu entitas/perusahaan yang bertugas untuk mengetahui apakah mekanisme serta kebijakan yang sudah disusun dan diputuskan oleh administrasi sudah diptuhi, menenttukan apakah penjagaan atas kekayaan entitas/organisasi sudah baik atau tidak, menetukan tingkat efektivitas dan efisiensi mekanisme acara kegiatan organisasi, serta menetukan kehandalan informasi yang sudah dihasilkan oleh bab potongan dari entitas/organisasi.

IIA yang dikutip Sawyer [2005:8]

Internal Audit ialah fungsi penilaian yang dibuat oleh entitas guna memeriksan serta mengevaluasi acara entitas sbgai jasa yang sudah didiberikan kpd entitas perusahaan.

Tujuan Internal Audit

Hiro Tugiman [2006:11]

Internal audit bertujuan untuk memmenolong anggota entitas organisasi supaya dapat melaksanakan tanggung balasan dengan efektif.

Internal Audit akan menganalisis, mengajukan beberapa masukan dan penilaian. pemeriksaaan juga mencakup beberapa aspek pengawasan efektif dgan biaya yg wajar.

Sukrisno Agoes [2004:222]

Audit Internal bertujuan untuk memmenolong administrasi dalam melaksanakan tanggung-jawabannya dengan menganalisa, menilai dan memdiberikmasukan serta komentar ihwal acara yang diperiksa.

Untuk mencapai tujuan internal audit, ini yang harus dilakukan oleh auditor internal:
  • Memastikan kebijakan, planning serta mekanisme yang sudah diputuskan sebelumnya oleh manajmen untuk ditaati
  • Menilai kebaikan, membuatkan pengedalian secara efektif dengan biaya yang wajar, juga mengetahui manis tidaknya sistem pengendalian yang ada. baik pengendlian internal, pengendalian administrasi maupun pengendalian oprasional yang lain.
  • Memastikan harta perusahaan dipertanggung-jawabankan serta dilindungi dari terjadinya misal kehilangan, kecurangan, disalahgunakan, pencurian dan lain sebagainya
  • Memdiberi masukan perbaikan operasional untuk lebih efektif dan efisien lagi.
  • Menilai mutu kualitas pekerjaan.oleh bab potongan perusahaan yang sudah dibebankan oleh manajemen.
  • Memdiberi kepastian bahwa data data yang diolah dalam perusahaan dapat dipercaya

Fungsi serta Lingkup Internal Audit

Internal audit berfungsi untuk alat menolong administrasi guna menilai tingkat efektif dan keefisienan pengendalian internal perusahaan, memdiberi masukan ataupun rekomendasi serta mempersembahkan nilai tambah untuk administrasi sebagai dasar pengambilan keputusan atau tindakan diberikutnya.

Menurut Konsersium Organisasi Profesi Audit Internal

Penanggung balasan fungsi audit intern harusnya mengelola fugsi internal audit dengan efisien serta efektip guna memastikan kegiatan tersebut memdiberi nilai lebih untuk entitas perusahaan.

Ruang lingkup Internal Audit berdasarkan Guy [2002:410]


Meliputi investigasi serta penilaian memadai dan juga tingkat efektifitas pengendalian intern perusahaan dan mutu pekerjaan dalam melaksanakan tanggung balasan yang ditugaskan.

Tag : audit
0 Komentar untuk "Pengertian Internal Audit"

Back To Top