4 Konsep Administrasi Dan Penjelasannya

loading...

Konsep Manajemen

Konsep Manajemen - administrasi bersifat universal. Tidak ada satu akad wacana batasan. Banyak definisi yang bisa dijadikan dasar sesuai dengan tujuan masing masing. Namun beberapa hebat berpandangan sama terkena konsep manajemen.

Secara garis besar, banyak yang baiklah bahwa konsep administrasi bisa dilihat dari 4 sudut pandang.

Apa saja yang menjadi konsep dasar administrasi ?

 Tidak ada satu akad wacana batasan 4 Konsep Manajemen dan Penjelasannya
Konsep Manajemen

1. Manajemen Sebagai Suatu Ilmu

Awal mulanya, administrasi tidak termasuk sebagai sebuah teori. Teori harus terdiri atas konsep yang bisa menerangkan fenomena, meramalkan apa yang akan terjadi dan mengambarkan ramalan tersebut menurut penelitian secara sistematis.

Sesudah administrasi dipelajari selama beberapa waktu, administrasi risikonya bisa mengambarkan secara sistematis dan memahami fenomena-fenomena dan meramalkan mengapa orang-orang bekerja sama.

Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis dalam memahami dan mempelajari bagaimana masing masing insan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dan membuat sistem ini bisa mempersembahkan manfaat untuk kemanusiaan.

Manajemen sebagai sebuah ilmu pengetahuan sudah usang dipelajari dan sudah menjadi sebuah teori.

Gejala tanda-tanda dalam administrasi sudah diteliti memakai metode-metode penelitian ilmiah yang bisa dirumuskan dalam prinsip prinsip yang diwadahi dalam sebuah teori.

Manajemen sebagai ilmu dipakai untuk menerangkan dan menerangkan banyak sekali fenomema-fenomena yang ada sehingga bisa mempersembahkan instruksi kepada manajer terhadap apa yang seharusnya mereka kerjakan.

2. Manajemen Sebagai Seni

Manajemen sebagai seni ialah sebuah upaya faktual untuk menhadirkan hasil yang terbaik dengan perjuangan yang seminimal mungkin yang bisa dilakukan. Begitu juga dalam mempersembahkan pelayanan yang terbaik kepada tiruana pihak yang berhubungan.

Henry M Boettinger mengemukakan administrasi ialah sebuah seni dalam suatu pengambilan keputusan, yang artinya administrasi yaitu suatu kemampuan, keterampilan atau keahlian dalam menerapkan prinsip-prinsip dan metode dalam memanfaatkan tiruana sumber daya yang dimiliki untuk merealisasikan tujuan yang diinginkan.

Dia menambahkan bahwa sebagai seni, administrasi memerlukan tiga unsur :

  1. Pandangan
  2. pengetahuan tekhnis
  3. komunikasi

Ketiga unsur tersebut bisa dikembangkan dengan melaksanakan petes-petes manajemen.

Konsep administrasi sebagai seni memandang perlunya kolaborasi dengan pihak lain, bagaimana mengatur dan memerintahkan orang lain supaya bisa bekerja sama dengan baik dan menguntungkan.

Hal ini alasannya yaitu intinya insan umumnya yaitu "managing" atau mengatur. dan mengatur insan ada seninya tersendiri biar mendapat hasil yang paling terbaik.

Mary Parker Follet [stoner, 1986] menambahkan "The art getting things done through people". administrasi sebagai sebuah seni untuk menjalankan pekerjaan melalui orang lain. Semua setuju bahwa administrasi melaksanakan pekerjaannya dengan cara mengatur orang lain.

          Baca juga 14 Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol

3. Manajemen sebagai Profesi

Manajemen sebagai sebuah profesi yaitu suatu bidang pekerjaan yang dijalankan orang-orang yang memiliki keahlian serta keterampilan sebagai kader, manajer atau pimpinan didalam sebuah organiasi tertentu.

Manajemen diartikan sebuah profesi dikarenakan administrasi memerlukan keahlian, keterampilan, keahlian dan skill tertentu untuk menjalankan acara dalam merealiasikan tujuan yang diinginkan.

Semua pekerjaan dijalankan dengan cara yang sangat efektif dan efisien sehingga bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada dengan terbaik. Untuk menjalankannya perlu sebuah kemampuan yang ahli, dan skill ini bisa ialah suatu profesi tersendiri bagi seorang ahli.

Para hebat profesional mendapat status dengan cara mencapai sebuah standar prestasi kerja dan bukan berdamasukan kepada faktor diluar itu ibarat suku, keturunan, agama serta kriteria-kriteria yang tidak berkaitan lainnya.

4. Manajemen sebagai Proses

Dalam perjuangan mencapai tujuan, administrasi melaksanakan banyak sekali hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lain.

Konsep administrasi sebagai proses lebih mengarah kepada proses dalam mengelola dan mengatur pelaksanaan sebuah pekerjaan atau serangkaian kegiatan yang untuk mencapai tujuan.

Proses administrasi sendiri terdiri atas beberapa tindakan ibarat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengendalian yang juga ialah fungsi dari administrasi itu sendiri.

Akhir Kata 

Konsep dasar administrasi diwujudkan oleh kegiatan ibarat pengambilan keputusan, menetapkan sebuah kebijakan, mempersembahkan perintah kerja, mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengarahkan pekerjaan orang lain biar tujuan perusahaan tercapai.

Manajemen menetapkan tujuannya. Dan berusaha untuk meraihnya dengan cara memanfaatkan pengatahuan, ketrampilan, keahlian bahkan pengalaman para bawahan/karyawan pada sebuah perusahaan.

Tag : Manajemen
0 Komentar untuk "4 Konsep Administrasi Dan Penjelasannya"

Back To Top