Perbedaan Akuntansi Administrasi Dan Akuntansi Keuangan

loading...
perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan
perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan - Ilmu akuntansi dalam dunia bisnis mempunyai tugas yang sanggup dibilang sangat penting terlebih dalam menyajikan informasi keuangan yang digunakan dalam pengambilan sebuah keputusan.

Semakin banyaknya kepentingan dan keputusan yang harus diambil dari penerapan informasi akuntansi dalam sebuah organisasi perusahaan mengakibatkan semakin berkembangannya ilmu akuntansi.

Informasi yang dihasilkan tidak spesialuntuk sebatas pada penyediaan laporan keuangan untuk tanggung balasan manajemen saja,

Tapi sebagai alat utama dalam pengambilan sebuah keputusan strategis dimasa yang akan hadir, meramalkan keuntungan perusahaan sampai keputusan akuisisi dan merger.

Walaupun ilmu akuntansi berkembang dengan pesat, namun garis besarnya masih sederhana.

Ilmu akuntansi sanggup kita pilah menjadi dua type, Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen .

Kedua type ini muncul alasannya yaitu dinamika yang berkembang dalam perusahaan.

Ilmu akuntansi berusaha untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya yang tidak sama beda, pengambilan sebuah keputusan yang tidak sama membutuhkan informasi keuangan perusahaan yang juga beda.

Apa saja perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan?

Perbedaan yang paling fundamental antara Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan sanggup terlihat pada:
  • Pengguna laporan keuangan dan tujuannya
  • Ruang lingkup informasi
  • Fokus dari informasi keuangan
  • Rentang waktu
  • Kriteria bagi informasi akuntansi
  • Sifat dari informasi keuangan

# Pengguna Laporan 

- Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyajikan sebuah informasi keuangan perusahaan bagi pengguna yang berada di luar perusahaan (pihak eksternal).

Misalnya para pemegang saham, kreditur, karyawan, analis keuangan, pemerintah (instansi pemerintah, dirjen pajak) serta yang lainnya. 

Para pemakai laporan keuangan dari luar perusahaan ini dalam mempergunakan laporan keuangan perusahaan tidak bertujuan untuk pengambilan keputusan tentang perusahaan.

Tetapi lebih kepada terkena keputusan jenis serta sifat relasi yang menyerupai apa yang akan dijalani dengan perusahaan tersebut dimasa menhadir.

contohnya investor, apakah akan menambah investasi atau mencabut, atau instansi pajak yang berkepentingan atas pajak yang harus diterimanya.

- Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen memseriuskan diri dalam menyediakan informasi keuangan untuk keperluan pihak manajemen atau pihak internal perusahaan.

Informasi yang dihasilkan nantinya akan digunakan sendiri oleh manajemen dan dibutuhkan sanggup memdiberi manfaat bagi manajemen sebagai materi pertimbangan penilaian dan taktik yang akan dijalankan.

contohnya : Manajer ditiruana divisi/level, eksekutif, karyawan, sales, karyawan manajemen ataupun supervisor

Baca juga artikel terkait: Pengertian Akuntansi

# Ruang Lingkup

- Akuntansi Keuangan

Laporan akuntansi keuangan menyajikan informasi keuangan terkena perusahaan secara keseluruhan.

misal : Neraca, Laporan Laba Rugi, ataupun Laporan Perubahan Ekuitas.

Karena akuntansi keuangan akan digunakan oleh pihak luar, maka informasi yang dihasilkan dan disajikan yaitu tentang ringkasan dan citra kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

- Akuntansi Manajemen

Ruang lingkup Akuntansi Manajemen cenderung lebih sempit.

Tidak serius terhadap perusahaan sebagai satu entitas bisnis namun lebih detail lagi alasannya yaitu informasi yang dihasilkan bertujuan untuk melaporkan suatu bab yang ada dalam perusahaan.

Misalnya bab pemamasukan, bab produksi dan yang lain.

Meskipun begitu, tingkat kompleksitas ruang lingkup informasi yang dihasilkan oleh Akuntansi Manajemen nanti akan sejalan dengan banyak sekali tingkat manajemen yang terlibat pribadi dalam membuat suatu keputusan.

# Fokus Informasi

- Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan lebih berserius kepada informasi historical (masa lalu).

Akuntansi Keuangan mempersembahkan citra sekaligus menjadi sebuah bentuk pertanggung-jawabanan manajemen perusahaan atas dana perusahaan yang dikelola

- Akuntansi Manajemen

Dalam hal serius informasi, Akuntansi Manajemen lebih cenderung berorientasi kepada masa yang akan hadir.

Hal ini alasannya yaitu pengambilan sebuah keputusan selalu menyangkut terkena hal hal yang berafiliasi dengan kebijakan perusahaan di waktu yang akan hadir.

Tetapi untuk sumber informasi yang nanti akan diolah sanggup bervariasi, ntah itu mulai dari biaya pada masa lalu, biaya pada masa ketika ini ataupun kemungkinan biaya di masa menhadir.

# Rentang Waktu

- Akuntansi Keuangan

Dari sudut rentang waktu, Akuntansi Keuangan menghasilkan laporan keuangan yang kurang fleksibel serta spesialuntuk sanggup mencakup beberapa aspek rentang jangka waktu tertentu.

Misalnya periode satu tahun, setengah tahun, kwartalan atau bulanan.

- Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen mempunyai rentang waktu yang jauh lebiih fleksibel dibanding dengan Akuntansi Keuangan.

Ini sanggup terjadi alasannya yaitu tuntutan dari manajemen yang harus mengambil keputusan penting secara cepat, singkat dan tepat, baik yang terstrukture, semi terstruktur, sampai tidak terstruktur sekalipun.

Rentang jangka waktu yang didiberikan sanggup harian, mingguan, bulan, bahkan sampai 10 tahun periode.

# Kreteria Informasi

- Akuntansi Keuangan

Kriteria informasi akuntansi keuangan ialah seluruh prinsip akuntansi yang lazim digunakan atau berterima umum.

Prinsip akuntansi tersebut yaitu hasil dari perumusan oleh forum yang berwenang menyerupai IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) dan BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal).

Hal ini ialah hasil dari sebuah tuntutan dari pengguna eksternal laporan keuangan perusahaan.

Pengguna eksternal laporan keuangan perusahaan tidak mempunyai pengetahuan pribadi tentang hal hal pencatatan didalam perusahaan.

Laporan keuangan yaitu satu satu media komunikasi antara manajemen dengan pihak eksternal.

Maka laporan keuangan membutuhkan suatu standarisasi bentuk laporan keuangan.

Hal ini semoga pemakai laporan keuangan dari eksternal perusahaan sanggup membandingkannya dengan laporan keuangan dari banyak sekali perusahaan yang beda.

- Akuntansi Manajemen

Bertolak belakang dengan akuntansi keuangan, kriteria informasi dari Akuntansi Manajemen TIDAK TERBATASI oleh prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Tidak ada patokan selama informasi itu mempersembahkan manfaat untuk manajemen perusahaan.

Apakah itu dalam hal pengukuran ataupun perhitungan.

Pada akuntansi manajemen, praktek praktek yang sudah terbukti berhasil serta bermanfaa pada perusahaan biasanya akan ditiru oleh perusahaan lainnya dan kemudian akan menyebar secara luas didalam dunia industri.

Selain itu, didalam Akuntansi Manajemen tidak ada komunitas atau organisasi ataupun peraturan undang undang yang mengatur prakteknya,

Selama hal itu memdiberi manfaat kepada manajemen perusahaan maka perusahaan akan terus mempergunakan praktek tersebut.

# Sifat Informasi

- Akuntansi Keuangan

Sifat atas informasi dari akuntansi keuangan membutuhkan tingkat ketepatan yang sangat tinggi, obyektif, sanggup diuji kebenarannya, serta akurat.

Karena para penggunanya yaitu pihak dari luar perusahaan.

Dalam mendapat tingkat ketepatan yang tinggi, pihak manajemen perusahaan terkadang wajib mempergunakan layanan jasa dari pihak ketiga yang independen dan bebas dari banyak sekali kepentingan bentuk apapun.

Untuk mempersembahkan pendapat atas laporan keuangan perusahaan yang sudah disusun, yaitu akuntan publik atau yang lebih dikenal sebagai auditor.

- Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen memberkan informasi yang sanggup memmenolong manajemen dalam pengambilan suatu keputusan yang berafiliasi pribadi dengan kebijakan perusahaan.

Baik untuk keputusan perencanaan, pengorganisasiian, pengarahan, serta pengendalian.

Pengambilan keputusan yang berafiliasi pribadi dengan kebijakan dalam sebuah perusahaan selalu menyangkut masa menhadir (future).

Oleh alhasil akuntansi manajemen tak spesialuntuk mengandalkan satu disiplin ilmu akuntansi saja tetapi juga mengambil disiplin ilmu yang lain menyerupai disiplin ilmu manajemen.

Hal ini bertujuan untuk mengatasi dan mengatur sumber daya serta waktu perusahaan.

Dan bahkan akuntansi manajemen juga menggunakan disiplin ilmu psikologi sosial ketika melaksanakan estimasi serta peramalan dalam penjualan produk, pengendalian SDM.

Bukan spesialuntuk itu, akuntansi manajemen juga sering mengumpulkan informasi yang dirasa relevan dengan kebutuhan yang bersifat taksiran alasannya yaitu menyangkut terkena masa yang akan hadir.

Demikian adanya saya kira terkena perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, banya hal hal fundamental yang membedakannya yang mungkin tidak terpikirkan.

Refferensi : zahiraccounting.com

0 Komentar untuk "Perbedaan Akuntansi Administrasi Dan Akuntansi Keuangan"

Back To Top