Apa Itu Sistem Warta Administrasi

loading...

Pengertian Sistem Informasi Manajemen 

Apa itu sistem informasi administrasi ?

Pengertian sistem informasi administrasi yaitu sistem pengolahan data transaksi, acara dan informasi internal maupun eksternal yang menghasilkan informasi yang sanggup mendukung kinerja administrasi dan sanggup dijadikan sebagai pengendalian internal organisasi.

Sistem inforamasi administrasi atau yang juga disingkat SIM didukung oleh teknologi, sumber daya manusia, dan mekanisme yang mumpuni untuk menghasilkan informasi yang kekinian, cepat, akurat dan bernilai.

Informasi yang dihasilkan sanggup dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan manajemen, menyusun perencanaan, bahkan untuk memecahkan suatu masalah.

Sistem informasi administrasi disusun dan dioperasikan berdasarkan tujuan dan kebutuhan penggunanya. Setiap organisasi mempunyai tujuan dan kebutuhan informasi yang tidak sama beda.

Perubahan dalam dunia perjuangan sanggup saja terjadi kapan saja dan dimana saja, baik yang berasal dari internal ataupun eksternal peruahaan. Perubahan kondisi yang mendadak harus segera direspon sesegera mungkin untuk menghindari imbas yang tidak diinginkan. Sistem informasi administrasi sanggup menyajikan data data yang diharapkan dengan segera supaya administrasi sanggup melaksanakan pembiasaan terhadap perubahan kondisi dengan cepat.

Sistem informasi administrasi memmenolong administrasi dalam bekerja secara efektif, efisien dan lebih cepat. Potensi persoalan yang timbul sanggup dengan cepat diatasi.

 Pengertian sistem informasi administrasi yaitu sistem pengolahan data transaksi Apa Itu Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen


Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan sistem informasi berdasarkan para jago ?

Donald W. Kroeber : Definisi Sistem informasi administrasi yaitu sejumlah proses dalam menyajikan informasi kepada para manajer yang dipakai untuk mendukung kegiatan operasional serta pengambilan sebuah keputusan didalam suatu organisasi.

Gordon B. Davis : Definisi sistem informasi administrasi sebagai sebuah sistem yang terintegrasi dimana sistem tersebut menyajikan informasi yang berkhasiat untuk menunjang operasional administrasi dan berfungsi sebagai materi pengambilan sebuah keputusan dalam suatu organisasi.

Sistem dalam administrasi sistem informasi sanggup berupa perangkat lunak (software), perangkat keras (hardwaree), mekanisme ibarat model untuk analisis, perencanaan dan pengawasan.

Anda mungkin pernah membeli di minimarket ibarat indomaret dan alfamart, saat transaksi pembayaran petugas spesialuntuk mendekatkan barcode produk yang dibeli pada alat scan. Secara otomatis tertera harga yang harus dibayarkan, potongan (kalau ada). Bukan spesialuntuk itu, catatan pajak, stok barang eksklusif berkurang tanpa harus mencatat secara manual manual. Semua transaksi yang ada saling terhubungan antara satu cabang yang lain, terkoneksi dengan depo gudang utama bahkan hingga kantor regional dan sentra minimarket tersebut.

Informasi tersebut dengan cepat sanggup diketahui oleh manajer penjualan ataupun pembelian. Berbekal informasi tersebut manajer sanggup memutuskan apakah akan menambah stok, mengurangi stok atau menahan stok barang.

Manajemen sanggup dengan cepat mengetahui produk apa yang laris dan produk apa yang tidak laku. Apakah harus mempersembahkan diskon terhadap produk yang tidak laris atau menaikkan harga jual terhadap produk yang laku. Semua keputusan berangkat dari informasi yang dihasilkan.

Cepat dan efisien. Petugas tidak harus mencatat penjualan satu satu yang membutuhkan waktu yang lama. Itulah salah satu pola kecil penerapan dari sistem informasi administrasi perusahaan.

Piramida Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi administrasi perusahaan sanggup digambarkan dalam bangunan piramid.

Lapisan Dasar - Terdiri atas informasi dalam pengolahan transaksi, klarifikasi terkena status dan lain sebagainya

Lapiran Kedua - Terdiri atas sumber informasi didalam mendukung operasional administrasi sehari hari

Lapisan Ketiga - Terdiri atas sumber daya sistem informasi dalam memmenolong sebuah perencanaan taktis serta pengambilan sebuah keputusan dalam pengendalian manajemen

Lapisan Puncak - Terdiri atas sumber daya informasi yang bertujuan mendukung sebuah perencanaan serta perumusuan suatu kebijakan oleh administrasi puncak

Baca juga: Pengertian Manajemen

Ciri Ciri Sistem Informasi Manajemen

Menurut Gordon B. Davis [2002], ada beberapa ciri ciri dalam lingkup sistem informasi administrasi perusahaan, diantarnaya:
  1. Baru. Informasi yang dihasilkan sistem informasi administrasi yaitu masih segar, sama sekali masih gres bari penerimanya
  2. Tambahan. Informasi yang dihasilkan menghasikan informasi embel-embel atau melengkapi dan memperbarui informasi sebelumnya yang sudah ada
  3. Penegas. Maksudnya informasi dari SIM sanggup mempertegas infomasi sebelumnya yang sudah ada. Informasi ini berkhasiat bagi penerimanya bahwa informasi tersebut benar benar akurat dan berharga.
  4. Korektif. Informasi SIM sanggup menjadi alat koreksi terhadap infomasi keliru yang sudah ada sebelumnya
Selain itu ada beberapa ciri ciri lagi selain yang disampaikan oleh Gordon Davis, Diantaranya:
  1. Manajemen sistem informasi berorientasi spesialuntuk kepada pepentingan manajemen
  2. Rancangan dan operasionalnya diarahkan oleh manajemen
  3. Sistem administrasi informasi didukung oleh perangkat teknologi yang terupdate
  4. Manajemen sistem informasi mencakup seluruh perencanaan perusahaan

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Terdapat beberapa fungsi sistem informasi administrasi yang diaplikasikan dalam sebuah organisasi atau perusahaan, diantaranya:
  1. Mempergampang mendeteksi permasalahan yang terjadi dan cara penyelesaiannya
  2. Mempergampang dalam melaksanakan pengawasan dan koreksi terhadap kegiatan organisasi atau perusahaan
  3. Meningkatkan produktivitas operasinal perusahaan. melaluiataubersamaini adanya data, maka waktu dan biaya sanggup ditekan dengan terbaik.
  4. Menentukan skala prioritas pada acara perusahaan. Mana yang harus dikerjakan dan mana yang sanggup ditunda pengerjaannya.

Macam Macam Sistem Informasi Manajemen Perusahaan

Sistem informasi administrasi yang ada didalam perusahaan umumnya ada beberapa bagian, seperti:
  • Sistem Informasi Akuntansi - Menyajikan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan, arus kas dll.
  • Sistem Informasi Pemamasukan - Menyajikan informasi berafiliasi dengan penjualan, acara pemamasukan, riset pasar dan kegiatan yang berafiliasi dengan acara pemamasukan lainnya
  • Sistem Informasi Manajemen Persediaan - Menyajikan informasi wacana kebutuhan persediaan barang, baik barang dagang (perusahaan dagang), materi baku, materi setengah jadi dan barang jadi.
  • Sistem Informasi Personalia - Menyajikan informasi yang berkaitan dengan human resourses ibarat database karyawan, payroll, absensi, cuti karyawan dll.
  • Sistem Informasi Distribusi - Informasi berkaitan dengan sistem distribusi barang, termasuk juga komunikasi yang menghubungankan perusahaan dengan pelanggan
  • Sistem Informasi Pembelian - Informasi yang berafiliasi dengan pemilihan supplier, kebutuhan barang atau materi baku, metode pembayaran kepada supplier, menjaga persediaan supaya selalu tersedia dl.
  • Sistem Informasi Analisa Kredit - Menyediakan informasi yang berafiliasi dengan kebutuhan utang, bagan utang, instrumen utang yang diambil, bunga dan bagan pembayarannya.
  • Sistem Informasi Riset dan Pengembangan - Informasi yang umumnya berafiliasi dengan riset dan pengembangan produk baru, produk yang dibutuhkan pelanggan.
  • Sistem Informasi Kekayaan - Menyajikan informasi yang menyangkut persoalan pengelolaan aset perusahaan, aset tidak terpakai dan keputusan belanja modal (capital expenditure).

Perkembangan teknologi sejauh ini sangatlah pesat. Bahkan sanggup dibilang sedang mengalami shifting teknologi. Hampir menyentuh tiruana aspek, tak terkecuali dengan sistem informasi manajemen. Bahkan perkembangan sejauh ini membuat teknologi sebagai sentra dari sebuah sistem informasi. Namun yang perlu diingat, teknologi apakah itu berupa perangkat lunak ataupun perangkat keras spesialuntuklah ALAT yang menyediakan informasi.

Bagaimana cara informasi tersebut diolah, bagaimana cara menganalisa informasi yang dihasilkan dan bagaimana keputusan yang akan dibentuk berdasarkan informasi yang ada yaitu kiprah yang lebih penting lagi yang harus dilakukan oleh manajemen. Oleh manusia.

Semoga makalah atau artikel sistem informasi administrasi ini sanggup mempersembahkan embel-embel informasi untuk anda, terima kasih.

0 Komentar untuk "Apa Itu Sistem Warta Administrasi"

Back To Top