Sumber Dana Perusahaan

loading...
Pengertian Sumber Dana Perusahaan - Agar perusahaan sanggup beraktifitas dengan normal, untuk melaksanakan perluasan atau pengembangan usaha, atau bahkan spesialuntuk untuk sanggup bertahan hidup dan bahkan untuk membayar dukungan pun. Perusahaan membutuhkan DANA untuk melakukannya.

Seluruh acara perusahaan mulai dari acara kecil sampai transaksi strategis mutlak membutuhkan dana yang cukup.

Darimana perusahaan memperoleh dana tersebut ?
Darimana sumber sumber keuangan perusahaan diperoleh ?

Sumber Dana Perusahaan

Memperoleh sumber pendanaan ialah salah satu dari fungsi administrasi keuangan.

Umumnya, sumber dana perusahaan sanggup diperoleh dari 3 kelompok sumber dana. Sumber dana jangka pendek, jangka menengah serta jangka panjang.

Sumber Dana Jangka Pendek

Pendanaan perusahaan yang didapat dari sumber dana jangka pendek umumnya digunakan untuk modal kerja perusahaan. 

Dana yang diperoleh dengan denah ini harus dibayar/dikembalikan dalam rentang waktu setahun buku akuntansi atau kurang.

Tidak boleh lebih dari satu periode akuntansi.

contohnya ialah dukungan dari bank jangka pendek. Pendanaan persediaan. Kredit perdagangan.

Baca lebih lanjut: Sumber Dana Jangka Pendek

Sumber Dana Jangka Menengah

Umumnya, perusahaan yang sumber pendanaannya berasal dari sumber dana jangka menengah alasannya adanya keperluan yang ternyata tidak sanggup dipenuhi oleh pendanaan jangka pendek namun terlalu berlebih atau terlalu susah didapatkan dengan denah pendanaan jangka panjang.

Rentang waktu dalam pengembalian sumber dana jangka menengah ialah lebih dari satu tahun buku akutansi dan tidak lebih dari lima tahun buku.

misal dari pendanaan jangka menengah ialah leasing, term loan, equipment loan.

Baca lebih lanjut : Sumber Dana Jangka Menengah

Sumber Dana Jangka Panjang

Manajer keuangan menentukan memakai pendanaan jangka panjang umumnya alasannya perusahaan akan melaksanakan perluasan perjuangan yang masif dalam skala perusahaan tersebut. Strategis bagi perusahaan. Walaupun banyak alasan alasan lain yang selain itu. Yang memerlukan pendanaan dalam jumlah yang cenderung besar bagi perusahaan.

misalnya, perusahaan yang akan melaksanakan perluasan perjuangan dengan mengakuisisi perusahaan sejenis atau perusahaan suplier, membeli atau membangun aset aset tetap jangka panjang ibarat tanah, pabrik, mesin ataupun proyek konstruksi yang lain.

Tempo dalam pengembalian pendanaan jangka panjang umumnya lebih dari lima tahun buku.

Jenis pendanaan jangka panjang contohnya ialah penerbitan obligasi, hipotik ataupun listing go public dilantai bursa dengan IPO saham perusahaan.

Baca lebih lanjut: Sumber Dana Jangka Panjang

Asal Sumber Pendanaan Perusahaan

1. Sumber Internal Perusahaan

Pendanaan yang berasal dari internal perusahaan contohnya ialah retained earning (laba ditahan).

Laba ditahan didapat dari besarnya keuntungan perusahaan yang diperoleh pada periodde tertentu.

Laba perusahaan pada periode tertentu belum tentu sanggup menjadi keuntungan ditahan yang sanggup digunakan untuk pendanaan perusahaan.

Laba perusahaan akan dibagi menjadi 2. Laba ditahan dan deviden yang akan dibagikan kepada pemilik perusahaan.

Besar kecilnya keuntungan ditahan dan deviden diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan.

Persentasenya tergantung pada hasil RUPS, apakah keuntungan akan dibagikan seluruhnya menjadi deviden, atau menjadi keuntungan ditahan atau sekian persen deviden dan sekian persen menjadi keuntungan ditahan.

Semuanya tergantung pada keputusan dalam RUPS perusahaan.

Penyusutan.

Berbagai sumber sebut penyusutan ialah salah satu sumber pendanaan internal. Namun saya langsung masih belum sanggup menandakan bagaimana penyusutan sanggup menjadi sumber pendanaan yang sanggup digunakan oleh administrasi keuangan.

2. Sumber Eksternal Perusahaan

Pendanaan yang berasal dari eksternal perusahaan ialah sumber dana yang berasal dari para kreditur dan pemilik perusahaan.

Apa ? pemilik perusahsaan ialah sumber eksteral ?

Ya dalam dunia akuntansi, dalam perusahaan yang modern. Pemilik dan perusahaan ialah 2 entitas yang terpisah satu sama lain. Harus dipisahkan dan dihentikan dicampur-baurkan

Sumber dana perusahaan yang berasal dari kreditur ialah dukungan bagi perusahaan. Pendanaan ibarat ini biasanya disebut dengan debt financing.

Sumber dana perusahaan yang berasal dari pemilik ialah penambah modal bagi perusahaan. Pendanaan ini sanggup mengubah kompisisi ekuitas pada neraca perusahaan. Pendanaan ibarat ini biasanya disebut dengan equity financing.

Pihak pihak yang menjadi sumber dana eksternal biasanya terdiri dari :

# Supplier

Supplier umumnya mempersembahkan dukungan dalam bentuk bukan cash. Namun dalam bentuk pemdiberian kredit dalam transaksi pembelian barang atau persediaan perusahaan.

Pinjaman ini biasanya untuk jangka pendek atau kurang dari satu tahun buku. Walaupun ada juga yang jangka menengah dan panjang. 

# Bank

Bank ialah samasukan utama administrasi keuangan dalam mencari sumber dana bagi perusahaan. Baik untuk jangka pendek, menengah bahkan jangka panjang sekalipun.

# Pasar Modal

Didalam pasar modal, perusahaan sanggup mencari sumber dana dengan cara menerbitkan obligasi ataupun saham gres (IPO atau right isssu).

Obligasi akan menambah dukungan perusahaan, dan pernbitan saham gres akan menambah permodalann perusahaan sekaligus mengubah struktur komposisi ekuitas pada neraca perusahaan.

Bergabung dengan pasar modal, perusahaan sanggup dengan praktis mendapat pendanaan. Dipasar modal sudah siap ribuan kreditor ataupun investor yang akan membeli obligasi, saham ataupun surat berharga yang diterbitkan perusahaan untuk pendanaan mereka.  


Berbagai cara diatas sanggup dilakukan oleh manajer keuangan dalam perjuangan untuk mendapat dana perusahaan,

melaluiataubersamaini mendapat dana yang dibutuhkan, yang sudah dianggarkan, yang sudah direncanakan oleh administrasi keuangan perusahaan. Perusahaan sanggup mempunyai gerak ruang yang cukup untuk sanggup beroperasi, melaksanakan perluasan usaha, diversifikasi perjuangan ataupun spesialuntuk untuk sekedar bertahan hidup.

Penggunaan dana yang sudah diperoleh ini akan menjadi bahasan menarikdanunik lainnya. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaa.

0 Komentar untuk "Sumber Dana Perusahaan"

Back To Top