Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

loading...

Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Perusahaan memakai promosi untuk memicu transaksi, sehingga konsumen mau membeli suatu merek tertentu serta mendorong tenaga penjualan untuk secara berangasan menjualnya. Selain itu promosi bisa merangsang undangan akan suatu produk. melaluiataubersamaini promosi tersebut diperlukan konsumen mau mencoba produk tersebut dan mendorong konsumen yang sudah ada semoga membeli produk lebih sering lagi sehingga akan terjadi pembelian ulang dan volume penjualan produk suatu perusahaan akan meningkat.

Promosi ialah faktor penting dalam mewujudkan tujuan penjualan suatu perusahaan. Agar konsumen bersedia menjadi langganan, mereka terlebih lampau harus sanggup mencoba atau mereview barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan, akan tetapi mereka tidak akan melaksanakan hal tersebut kalau kurang yakin terhadap barang itu. Disinilah perlunya mengadakan promosi yang terarah, alasannya ialah diperlukan sanggup mempersembahkan efek kasatmata terhadap meningkatnya penjualan.

Promosi ialah salah satu aspek yang penting dalam administrasi pemamasukan dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. melaluiataubersamaini promosi menjadikan orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk akan menjadi tertarik dan mencoba produk sehingga konsumen melaksanakan pembelian. Jenis promosi atau promosional mix berdasarkan William J. Stanton dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:349) ialah kombinasi taktik yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang tiruananya direncanakan untuk mencapai tujuan jadwal penjulan.

Menurut Kotler & Armstrong variabel-variabel yang ada di dalam promotional mix ada lima, yaitu:
a. Periklanan (advertising)
Segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melaksanakan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa.
b. Penjualan Personal (personal selling)
Presentasi pribadi oleh para wiraniaga perusahaan dalam rangka mensukseskan penjualan dan membangun kekerabatan dengan pelanggan.
c. Promosi penjualan (sales promotion)
Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.
d. Hubungan masyarakat (public relation)
Membangun kekerabatan baik dengan publik terkait untuk memperoleh dukungan, membangun "citra perusahaan" yang baik dan menangani atau menyingkirkan gosip, dongeng dan insiden yang sanggup merugikan.
e. Pemamasukan pribadi (direct marketing)
Komunikasi pribadi dengan pelanggan yang diincar secara khusus untuk memperoleh balasan langsung.

melaluiataubersamaini demikian maka promosi ialah acara perusahaan yang dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk kepada konsumen sehingga dengan acara tersebut konsumen tertarik untuk melaksanakan pembelian.

Promosi ialah suatu alat yang dipakai dalam menjalankan jadwal pemamasukan. Promosi ialah acara untuk memperkenalkan kebaikan, manfaat tambahan, harga yang murah dan sebagainya kepada konsumen dan calon konsumen ( Swasta dan Irawan, 1990 : 394 ).

Tujuan promosi ialah mempersembahkan informasi yang memperkuat kesadaran dan pengetahuan wacana produk atau jasa yang dipasarkan, untuk mendorong terjadinya peningkatan undangan akan suatu produk dari konsumen, menambah laba bagi perusahaan alasannya ialah produkya disukai konsumen sehingga volume pejualan meningkat, perusahaan sanggup melaksanakan deferiensiasi produk alasannya ialah laba meningkat, sanggup menstabilkan volume penjualan. Selain itu, promosi juga berfungsi untuk mensugesti perilaku dan kesukaan konsumen dalam menentukan produk suatu perusahaan, serta untuk memotivasi konsumen untuk mengambil tindakan kasatmata yaitu melaksanakan keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan.

0 Komentar untuk "Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian"

Back To Top