Pengertian Kinerja

loading...
Pengertian Kinerja - Variabel kinerja secara umum banyak dipakai dalam judul skripsi, dan umumnya dipakai sebagai variabel dependen (terikat). Pengertian kinerja berdasarkan para jago banyak ditemukan di buku-buku manajemen, ataupun di internet yang jadi jalan alternatif mencari judul skripsi. Berikut beberapa pengertian kinerja berdasarkan beberapa ahli:

Pengertian kinerja berdasarkan Sulistiyani (2003,223), kinerja seseorang ialah kombinasi dari kemampuan, usaha, dan peluang yang sanggup dinilai dari hasil kerjanya. Sedangkan berdasarkan Bernardin dan Russel dalam Sulistiyani (2003,223-224) menyatakan bahwa kinerja ialah catatan outcome yang dihasilkan dari fungsi pegawai tertentu atau acara yang dilakukan selama periode waktu tertentu.

Simamora (1997) mengemukakan bahwa kinerja karyawan yakni tingkatan dimana para karyawan mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan. Sedangkan Suprihanto (dalam Srimulyo,1999 : 33) menyampaikan bahwa kinerja atau prestasi kinerja seorang karyawan intinya yakni hasil kerja seseorang karyawan selama periode tertentu dibandingkan dengan kemungkinan, contohnya standar, sasaran atau samasukan atau kinerja yang sudah ditentukan terlebih lampau dan sudah disahkan bersama.

Kinerja mengacu pada prestasi karyawan yang diukur berdasarkan standar atau kriteria yang diputuskan perusahan. Pengertian kinerja atau prestasi kerja didiberi batasan oleh Maier (dalam Moh As’ad, 2003) sebagai kesuksesan seseorang di dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Lebih tegas lagi Lawler and Poter menyatakan bahwa kinerja yakni "succesfull role achievement" yang diperoleh seseorang dari perbuatan-perbuatannya (Moh As’ad, 2003).

Kinerja sebagai hasil-hasil fungsi pekerjaan/kegiatan seseorang atau kelompok dalam suatu organisasi yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor untuk mencapai tujuan organisasi dalam periode waktu tertentu (Tika, 2006).

Menurut Rivai dan Basri (2005) pengertian kinerja yakni kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melaksanakan sesuatu acara dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung balasan dengan hasil ibarat yang diharapkan.

Menurut Bambang Guritno dan Waridin (2005) kinerja ialah perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh karyawan dengan standar yang sudah ditentukan. Sedangkan berdasarkan Hakim (2006) mendefinisikan kinerja sebagai hasil kerja yang dicapai oleh individu yang diubahsuaikan dengan kiprah atau kiprah individu tersebut dalam suatu perusahaan pada suatu periode waktu tertentu, yang dihubungkan dengan suatu ukuran nilai atau standar tertentu dari perusahaan dimana individu tersebut bekerja. Kinerja ialah perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh pegawai dengan standar yang sudah ditentukan (Masrukhin dan Waridin, 2004).

Daftar Pustaka:

Simamora, Henry, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua.STIE : YKPN
Moh As’ad. 2003. Psikologi Industri. Yogyakarta: Libery.

Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah.2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu: Yogyakarta

Tika, P. 2006. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Guritno, Bambang dan Waridin. 2005. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja. JRBI. Vol 1. No 1. Hal: 63-74.

Demikian beberapa Pengertian Kinerja. Masih banyak lagi pengertian "kinerja" dari para jago lain
0 Komentar untuk "Pengertian Kinerja"

Back To Top