Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian

loading...
Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Peran kesadaran merek dalam memmenolong merek sanggup dipahami dengan mengkaji bagaimana kesadaran merek membuat suatu nilai (Durianto dkk, 2004). Penjelasan dari nilai-nilai tersebut yaitu sebagai diberikut:

a. Jangkar yang menjadi pola asosiasi lain
Suatu merek yang kesadarannya tinggi akan memmenolong asosiasi-asosiasi menempel pada merek tersebur lantaran daya jelajah merek tersebut menjadi sangat tinggi di benak konsumen. Sebaliknya, kalau kesadaran akan merek tersebut rendah, suatu asosiasi yang diciptakan oleh pemasar akan susah menempel pada merek tersebut.

b. Familier/Rasa Suka
Jika kesadaran akan suatu merek tinggi, konsumen akan sangat dekat dengan merek tersebut, dan lama-kelabuaan akan timbul rasa suka yang tinggi terhadap merek yang dipasarkan.

c. Substansi/komitmen
Kesadaran merek sanggup membuktikan keberadaan, komitmen, dan inti yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Jadi, kalau kesadaran atas merek tinggi, kehadiran merek itu akan selalu sanggup kita rasakan. Sebuah merek dengan kesadaran konsumen yang tinggi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
1. Diiklankan secara luas
2. Eksistensi yang sudah teruji dengan waktu
3. Jangkauan distribusi yang luas
4. Merek tersebut dikelola dengan baik.

d. Mempertimbangkan Merek
Merek dengan Top of Mind yang tinggi memiliki nilai pertimbangan yang tinggi. Jika suatu merek tidak tersimpan dalam ingatan, merek tersebut tidak akan dipertimbangkan dalam benak konsumen. Biasanya merek-merek yang disimpan dalam ingatan konsumen yaitu yang disukai atau dibenci.

Disimpulkan bahwa ternyata kesadaran merek sanggup menjadi faktor independen yang penting dalam perubahan sikap. Implikasinya, kesadaran dipengaruhi oleh periklanan yang bersifat mengingatkan kembali dimana akan menghipnotis keputusan-keputusan pembelian.

0 Komentar untuk "Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian"

Back To Top