Pengertian Definisi Produktivitas Kerja

loading...
Pengertian dan Definisi Produktivitas Kerja- Berikut ini beberapa pengertian atau definisi produktifitas kerja, faktor-faktor yang mensugesti produktifitas kerja, dan juga pengukuran produktifitas kerja. Produktivitas berarti kemampuan menghasilkan sesuatu. Sedangkan kerja berarti acara melaksanakan sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah mata pencahrian (Poerwadarminta, 1984 : 70). Produktivitas kerja ialah kemampuan menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak daripada ukuran biasa yang sudah umum. (The Liang Gie,1981 : 3).

Pengertian produktivitas intinya mencakup beberapa aspek perilaku mental yang selalu memiliki pandangan bahwa kehidupan di hari lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari baik dari hari ini (Sinungan, 1985 : 12). Secara teknis produktivitas ialah suatu perbandingan antara hasil yang dicapai (out put) dengan keseluruhan sumber daya yang diharapkan (in put). Produktivitas mengandung pengertian perbandingan antara hasil yang dicapai dengan tugas tenaga kerja persatuan waktu (Riyanto, 1986 : 22).

Dari pengertian di atas sanggup disimpulkan bahwa produktivitas kerja ialah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapt dikatakan produktif apabila bisa menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja
Untuk mencapai produktivitas yang tinggi suatu perusahaan dalam proses produksi, selain materi baku dan tenaga kerja yang harus ada juga didukung oleh faktor – faktor sebagai diberikut :
1) Pendidikan
2) Keterampilan
3) Sikap dan adat kerja
4) Tingkat penghasilan
5) Jaminan sosial
6) Tingkat sosial dan iklim kerja
7) Motivasi
8) Gizi dan kesehatan
9) Hubungan individu
10) Teknologi
11) Produksi.
(Ravianto, 1985 : 139).

Pengukuran Produktivitas Kerja
Pengukuran produktivitas kerja sebagai masukana untuk menganalisa dan mendorong efisiensi produksi. Manfaat lain ialah untuk memilih sasaran dan kegunaan, praktisnya sebagai standar dalam pembayaran upah karyawan. Untuk mengukur suatu produktivitas sanggup dipakai dua jenis ukuran jam kerja insan yakni jam – jam kerja yang harus dibayar dan
jam – jam kerja yang harus dipergunakan untuk bekerja

Ada dua macam alat pengukuran produktivitas, yaitu :
a. Physical productivity, yaitu produktivitas secara kuantitatif menyerupai ukuran (size), panjang, berat, banyaknya unit, waktu, dan biaya tenaga kerja.
b. Value productivity, yaitu ukuran produktivitas dengan memakai nilai uang yang ditetapkan dalam rupiah, yen, dollar dan seterusnya.
(Ravianto, 1986 : 21).

Daftar Pustaka:
- Poerwadarminta. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta.
- The Liang Gie. 1987. Ensiklopedia Administrasi. Ghalia Indonesia : Jakarta.
- Ravianto, J. 1985. Produktivitas dan Manajemen. SIUP : Jakarta.
- Riyanto, J. 1986. Produktivitas dan Tenaga Kerja. SIUP : Jakarta.

Skripsi Manajemen
0 Komentar untuk "Pengertian Definisi Produktivitas Kerja"

Back To Top