Analisis Evaluasi Kinerja Organisasi Dengan Memakai Konsep Balance Scorecard Pada Pt Bank Abc

loading...
Analisis Penilaian Kinerja Organisasi dengan Menggunakan Konsep Balance Scorecard pada PT Bank ABC
Kata Kunci : Balance Scorecard, Penilaian Kinerja

Abstrak

Pada kala globalisasi ibarat kini ini, dunia bisnis mengalami perkembangan pesat sehingga terjadi kondisi persaingan yang semakin kompetitif. Dalam upaya peningkatan kinerja organisasi, keselarasan tujuan organisasi dan tujuan setiap individu yang ada di dalam organisasi ialah hal penting. Sehubungan dengan itu, diharapkan sistem evaluasi kinerja yang menggambarkan kondisi kinerja perusahaan yang akurat. Balanced Scorecard yaitu salah satu alternative pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Pengukuran ini ialah hasil dari suatu proses menurut misi dan seni administrasi dari suatu perusahaan. Terdapat empat aspek yang diukur dalam Balanced Scorecard (BSC) yaitu perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Pengumpulan data memakai data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner memakai metode simple random sampling. Data diperoleh dari karyawan dan nasabah PT Bank ABC. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan PT Bank ABC per desember periode tahun 2007, 2008, 2009. Populasinya yaitu seluruh nasabah dan karyawan PT Bank ABC , sedangkan sampel yang diambil masing-masing yaitu 100 responden untuk nasabah dan 100 responden untuk karyawan. Hasil kuesioner tersebut sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data memakai metode kekerabatan Pearson. Untuk memilih skor tingkat kepuasan nasabah dan karyawan memakai analisis faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT Bank ABC dengan memakai konsep Balanced Scorecard. melaluiataubersamaini memakai evaluasi kinerja tersebut, sanggup diketahui bahwa kekerabatan alasannya yaitu jawaban antara faktor pendukung kinerja dengan hasil yang dicapai. Sehingga diharapkan PT Bank ABC bisa menjadi Bank terpercaya, mempunyai kesepakatan dan sanggup menghasilkan keuntungan yang optimal.

Dari hasil penelitian tersebut sanggup diketahui bahwa perspektif keuangan yaitu nilai Return on Asset (ROA), Rasio Operasi (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) mengalami peningkatan cost effectiveness untuk mencapai keuntungan optimal. Perspektif konsumen sanggup meningkatkan market share, kepuasan nasabah menghasilkan angka yang cukup baik serta didukung peningkatan profitabilitas konsumen selama tiga tahun. Perspektif bisnis internal memakai rasio AETR menunjukkan peningkatan efektivitas, efisiensi dan ketepatan proses transaksi. Kemudian, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan, persentase petes karyawan yang terampil setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi peningkatan tingkat kepuasan karyawan selama tiga tahun yang menghasilkan kategori baik/puas.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard

Analisis Penilaian Kinerja Organisasi dengan Menggunakan Konsep Balance Scorecard pada PT Bank ABC - Skripsi Manajemen

Skripsi selengkapnya bisa dilihat disini:
source: http://eprints.undip.ac.id/23070
0 Komentar untuk "Analisis Evaluasi Kinerja Organisasi Dengan Memakai Konsep Balance Scorecard Pada Pt Bank Abc"

Back To Top