Pengertian Kepuasan Kerja

loading...
Pengertian Kepuasan Kerja - Salah satu masukana penting pada manjemen sumber daya insan dalam sebuah orgaisasi ialah terciptanya kepuasan kerja para pegawai/ karyawan. Berikut pengertian-pengertian kepuasan kerja menutur beberapa pakar. Kepuasan kerja berdasarkan Susilo Martoyo (1992 : 115), intinya ialah salah satu aspek psikologis yang mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya,ia akan merasa puas dengan adanya kesesuaian antara kemampuan, keterampilan dan harapannya dengan pekerjaan yang dia hadapi. Kepuasan bahwasanya ialah keadaan yang sifatnya subyektif yang ialah hasil kesimpulan yang didasarkan pada suatu perbandingan terkena apa yang diterima pegawai dari pekerjaannya dibandingkan dengan yang diharapkan, diinginkan, dan dipikirkannya sebagai hal yang pantas atau berhak atasnya. Sementara setiap karyawan/ pegawai secara subyektif memilih bagaimana pekerjaan itu memuaskan.

Pengertian Kepuasan Kerja berdasarkan Tiffin (1958) dalam Moch. As’ad ( 1995 : 104 ) kepuasan kerja bekerjasama bersahabat dengan perilaku dari karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan karyawan. Sedangkan berdasarkan Blum (1956) dalam Moch. As’ad ( 1995 : 104 ) mengemukakan bahwa kepuasan kerja ialah perilaku umum yang ialah hasil dari beberapa perilaku khusus terhadap faktor – faktor pekerjaan, pembiasaan diri dan korelasi sosial individu diluar kerja.

Dari batasan - batasan terkena kepuasan kerja tersebut, sanggup disimpulkan secara sederhana bahwa kepuasan kerja ialah perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. Ini berarti bahwa konsepsi kepuasan kerja melihatnya sebagai hasil interaksi insan terhadap lingkungan kerjanya. Di samping itu, perasaan seseorang terhadap pekerjaan tentulah sekaligus ialah refleksi dari sikapnya terhadap pekerjaan. Pada dasarnya kepuasan kerja ialah hal yang bersifat individual. Setiap individu akan mempunyai tingkat kepuasan yang tidak sama – beda sesuai dengan sistem nilai – nilai yang berlaku dalam dirinya. Ini disebabkan lantaran adanya perbedaan pada masing – masing individu. Semakin banyak aspek-aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu, maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan, dan sebaliknya.

Kepuasan kerja ialah perilaku emosional yang sangat senang dan mengasihi pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh adab kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Kepuasan kerja dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan, dan kombinasi dalam dan luar pekerjaan. (Hasibuan, 2001 : 202).

Kepuasan kerja ialah suatu perilaku umum terhadap pekerjaan seseorang, selisih antara banyaknya ganjaran yang diterima seorang pegawai dan banyaknya yang mereka yakini apa yang seharusnya mereka terima(Stephen P. Robbins, 1996 : 26).

Kepuasan kerja ialah kepuasan pegawai terhadap pekerjaannya antara apa yang dibutuhkan pegawai dari pekerjaan/kantornya “ (Davis, 1995 : 105). Dalam bukunya, “Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi “,Robbins mengatakan: “ Kepuasan kerja ialah sebagai suatu perilaku umum seorang individu terhadap pekerjaannya. Pekerjaan menuntut interaksi dengan rekan kerja, atasan, peraturan dan kebijakan organisasi, standar kinerja, kondisi kerja dan sebagainya. Seorang dengan tingkat kepuasan kerja tinggi menawarkan perilaku konkret terhadap kerja itu, sebaliknya seseorang tidak puas dengan pekerjaannya menawarkan perilaku negatif terhadap kerja itu. (Robbins, 1996 : 179).

Daftar Pustaka

- Susilo Martoyo, 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : BPFE.
- Moch. As’ad, 1995. Psikologi Industri. Jakarta: Liberty.
- Hasibuan, Melayu SP, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi : Bumi Aksara
- Robbins, Stephans. 1994. Organization Theory, Structure, Design and Application, Alih Bahasa Yusuf Udara, Arean, Jakarta.
- Keith, Davis, Jhon W. Newstrom, 1995. Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Ketujuh, Erlangga, Jakarta.
- Robbins, Stephans. 1996, Organization Bahaviour, Seventh Edition, A Simon & Schuster Company, Englewood Cliffs, New Jersey 07632.


Demikian beberapa pengertian ihwal kepuasan kerja, biar menjadi motivasi anda untuk mengerjakan skripsi manajemen
0 Komentar untuk "Pengertian Kepuasan Kerja"

Back To Top