Pengertian Loyalitas Konsumen

loading...
Pengertian Loyalitas Konsumen - sepertiyang diketahui bahwa tujuan dari suatu bisnis ialah untuk membuat para pelanggan merasa puas. Terciptanya kepuasaan sanggup mempersembahkan beberapa manfaat, diantaranya kekerabatan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi serasi sehingga mempersembahkan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya kesetiaan terhadap merek serta membuat suatu rekomendasi dari verbal ke verbal (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan (Tjiptono, 2000 : 105).

Menurut Tjiptono (2000 : 110) loyalitas konsumen ialah kesepakatan pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok menurut sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang. Dari pengertian ini sanggup diartikan bahwa kesetiaan terhadap merek diperoleh sebab adanya kombinasi dari kepuasan dan keluhan. Sedangkan kepuasan pelanggan tersebut hadir dari seberapa besar kinerja perusahaan untuk menjadikan kepuasan tersebut dengan meminimalkan keluhan sehingga diperoleh pembelian jangka panjang yang dilakukan oleh konsumen.

Loyalitas pelanggan sangat penting artinya bagi perusahaan yang menjaga kelangsungan usaspesialuntuk maupun kelangsungan acara usaspesialuntuk. Pelanggan yang setia ialah mereka yang sangat puas dengan produk dan pelayanan tertentu, sehingga memiliki antusiasme untuk memperkenalkannya kepada siapapun yang mereka kenal. Selanjutnya pada tahap diberikutnya pelanggan yang loyal
tersebut akan memperluas “kesetiaan” mereka pada produk-produk lain buatan produsen yang sama. Dan pada alhasil mereka ialah konsumen yang setia pada produsen atau perusahaan tertentu untuk selamanya. Philip Kotler (2001) menyatakan bahwa loyalitas tinggi ialah pelanggan yang melaksanakan pembelian dengan prosentasi makin meningkat pada perusahaan tertentu daripada perusahaan lain.

Dalam upaya untuk mempertahankan pelanggan harus mendapat prioritas yang lebih besar dibandingkan untuk mendapat pelanggan baru. Oleh sebab itu, loyalitas pelanggan menurut kepuasan murni dan terus-menerus ialah salah satu aset terbesar yang mungkin didapat oleh perusahaan.

Daftar Pustaka
- Tjiptono, Fandy. 2000. Prinsip & Dinamika Pemamasukan. Edisi Pertama. J & J Learning. Yogyakarta
- Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemamasukan di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Skripsi Manajemen Pemamasukan, Keuangan, SDM
0 Komentar untuk "Pengertian Loyalitas Konsumen"

Back To Top