Pengertian Kepemimpinan Transformasional

loading...
Pengertian Kepemimpinan Transformasional - Definisi kepemimpinan, berdasarkan Terry (Kartono 1998 : 38) Kepemimpinan ialah acara mensugesti orang-orang semoga mereka suka berusaha mencapai tujuan-tujuan kelompok. Menurut Ordway Teod dalam bukunya ”The Art Of Leadership” (Kartono 1998 : 38). Kepemimpinan ialah kegiatan mensugesti orang-orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Kepemimpinan sanggup terjadi dimana saja, asalkan seseorang menawarkan kemampuannya mensugesti sikap orang lain ke arah tercapainya suatu tujuan tertentu.

Young dalam Kartono (1998) mendefinisikan bahwa kepemimpinan ialah bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan langsung yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu, berdasarkan akseptasi atau penerimaan oleh kelompoknya dan mempunyai keahlian khusus yang sempurna bagi situasi khusus.

Berdasarkan pendapat diatas sanggup disimpulkan bahwa kepemimpinan ialah kemampuan mensugesti bawahan atau kelompok untuk bekerja sama mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Menurut Bass (1998) dalam Swandari (2003) mendefinisikan bahwa kepemimpinan transformasional sebagai pemimpin yang mempunyai kekuatan untuk mensugesti bawahan dengan cara-cara tertentu. melaluiataubersamaini penerapan kepemimpinan transformasional bawahan akan merasa dipercaya, dihargai, loyal dan respek kepada pimpinannya. Pada jadinya bawahan akan termotivasi untuk melaksanakan lebih dari yang diharapkan.

Menurut O’Leary (2001) kepemimpinan transformasional ialah gaya kepemimpinan yang dipakai oleh seseorang manajer jika ia ingin suatu kelompok melebarkan batas dan mempunyai kinerja melampaui status quo atau mencapai serangkaian samasukan organisasi yang sepenuhnya baru. Kepemimpinan transformasional pada prinsipnya memotivasi bawahan untuk berbuat lebih baik dari apa yang bisa dilakukan, dengan kata lain sanggup meningkatkan kepercayaan atau keyakinan diri bawahan yang akan besar lengan berkuasa terhadap peningkatan kinerja.

Berdasarkan pendapat diatas sanggup disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional mencakup beberapa aspek upaya perubahan terhadap bawahan untuk berbuat lebih nyata atau lebih baik dari apa yang biasa dikerjakan yang besar lengan berkuasa terhadap peningkatan kinerja.

Daftar Pustaka
- Kartono, Kartini. 1983. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajpertamai
- Swandari, Fifi 2003. “Menjadi Perusahaan yang Survive melaluiataubersamaini Transformasional Leadership” Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi vol.1 No.2 Mei 2003 :93-102
- O’Leary, Elizabeth. 2001. Kepemimpinan. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi

Skripsi Manajemen
0 Komentar untuk "Pengertian Kepemimpinan Transformasional"

Back To Top