Pengertian Janji Organisasi

loading...
Berikut beberapa pengertian atau definisi janji organisasi. Konsep janji organisasi sudah didefinisikan dan diukur dengan banyak sekali cara yang tidak sama. Menurut Cherirington (1996) dalam Khikmah (2005) komitmen organisasi sebagai nilai personal, yang kadang kala mengacu sebagai perilaku loyal pada perusahaan. Robbins (2003) mengemukakan janji organisasi ialah salah satu perilaku yang merefleksikan perasaan suka atau tidak suka terhadap organisasi daerah bekerja.

Komitmen organisasi ialah perilaku karyawan yang tertarik dengan tujuan, nilai dan samasukan organisasi yang ditunjukan dengan adanya penerimaan individu atas nilai dan tujuan organisasi serta mempunyai harapan untuk berhubungan dengan organisasi dan kesediaan bekerja keras untuk organisasi sehingga membuat individu betah dan tetap ingin bertahan di organisasi tersebut demi tercapainya tujuan dan kelangsungan organisasi. Komitmen organisasi diungkap dengan skala janji organisasi. Aspek janji diungkap melalui aspek yang dikemukakan Schultz dan Schultz (1993, 290) yaitu : (1) penerimaan terhadap nilai dan tujuan organisasi (2) kesediaan untuk berusaha keras demi organisasi dan (3) mempunyai harapan untuk berhubungan dengan organisasi.

Meyer dan Allen (1993) mengemukakan tiga komponen wacana janji organisasi:
1). Affective Commitment, terjadi apabila karyawan ingin menjadi bab dari organisasi alasannya yaitu adanya ikatan emosional (emotional attachment) atau merasa mempunyai nilai sama dengan organisasi,
2). Continuance Commitment, yaitu kemauan individu untuk tetap bertahan dalam organisasi alasannya yaitu tidak menemukan pekerjaan lain atau alasannya yaitu rewards ekonomi tertentu,
3). Normative Commitment, timbul dari nilai-nilai karyawan. Karyawan bertahan menjadi anggota organisasi alasannya yaitu ada kesadaran bahwa berkomitmen terhadap organisasi ialah hal yang memang seharusnya dilakukan.

Daftar Pustaka
- Khikmah, Siti Noor. 2005. Pengaruh Profesionalisme Terhadap Keinginan Berpindah melaluiataubersamaini Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Maksi Undip, Vol. 5 Agustus
- Meyer, J and N. Allen. 1984. Testing the “side bet theory” of organizational commitment : Some methodological considerations, Journal of Applied Psychology 69 : 372-378
- Shultz, D.P., Shultz,S.E. 1993. Psychology and Work Today an Introduction to Industrial and Organizational 6th Edition. Newyork : Mc Milan Publising.

Skripsi Manajemen
0 Komentar untuk "Pengertian Janji Organisasi"

Back To Top