Konsep Dasar Sistem Gosip Manajemen

loading...
Konsep dasar sistem isu administrasi akan selalu berafiliasi dengan hal hal yang berkaitan jalannya sistem isu administrasi itu sendiri.

Tujuan sistem isu manajemen secara umum yaitu menghasilkan informasi. Informasi yang memmenolong administrasi secara keseluruhan.

Informasi dapat diperoleh dari data data yang sudah diolah oleh sistem.

Konsep sistem isu secara mudah setidaknya menyerupai ini:
  1. Ada data yang akan diolah
  2. Ada instrumen untuk mengolah data tersebut
  3. Ada prosedur dalam pengolahan data
  4. Data yang sudah diolah akan menjadi informasi
  5. Informasi disajikan kepada pengguna
  6. Pengguna isu akan memakai sesuai tujuannya.

Konsep Sistem Informasi Manajemen

Konsep sistem isu administrasi | img courtesy of pngtreen.com

Setidaknhya, konsep sistem isu administrasi tidak lepas dari hal hal yang berafiliasi dengan informasi, sistem, pengorganisasian, manusia, dan pengambilan keputusan. Masing masing hal tersebut saling terkait satu sama lain.

# Konsep Informasi

Informasi ialah hasil dari sistem isu manajemen. Informasi berasal dari kumpulan data data mentah yang berasal dari internal ataupun eksternal perusahaan yang kemudian diolah, diproses oleh sistem sehingga menghasilkan isu yang berguna.

Informasi yang dihasilkan harus isu yang berkarakter, mempunyai kegunaan dan mempunyai manfaat yang terbaik bagi penggunanya. Jika isu tidak berkarakter, maka isu tersebut tidak akan banyak memmenolong pengguna khususnya dalam pengambilan keputusan.

Informasi yang mempunyai kegunaan yaitu isu yang relevan, akurat dan disajikan sempurna waktu. Selain itu isu juga harus dapat dibandingkan dengan isu yang lain yang sejenis, dapat dipertanggungjawabankan.

# Konsep Manusia

Manusia yaitu pihak yang merancang, mendesain, membangun, mengoperasionalkan dan yang memakai hasil dari sistem isu manajemen. Sistem isu administrasi tentu dirancang khusus sedemikian rupa oleh insan sehingga sistem tersebut dapat memmenolong mereka menghasilkan apa yang mereka butuhkan. Yaitu informasi.

Manusia juga yang bertugas menjalankan sistem semoga dapat beroperasional, dapat mengumpulkan dan mengolah data. Hasilnya akan dinikmati oleh insan juga.

Tentu saja akan diharapkan banyak insan yang terlibat dalam merancang sampai menjalankan sistem isu manajemen. Masing masing insan mempunyai tugasnya sendiri sendiri yang terhubung dan saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. 

# Konsep Sistem

Sistem ialah adonan elemen/komponen atau subsistem yang menjalankan tugasnya masing masing yang saling terintegrasi, saling terhubung satu dengan yang lain sehingga membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan satu tujuan.

Subsistem subsistem atau elemen sistem ini akan melaksanakan tugasnya masing masing dalam satu rancangan besar sebuah sistem. Ada subsistem yang bertugas mengumpulkan data, ada sistem lain yang mengolahnya, kemudia sistem lain menyempurnakannya sampai menghasilkan sebuah isu yang mempunyai kegunaan bagi para pemakainya.

Baca juga Komponen Sistem Informasi Manajemen

# Konsep Organisasi Manajemen

Sesuai namanya, sistem isu administrasi berada dalam lingkup organisasi administrasi perusahaan.

Sebuah perusahaan tentu mempunyai tujuan. Salah satu tujuannya yaitu menghasilkan laba seterbaik mungkin, meningkatkan kemakmuran pemiliknya. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, dibentuklah organisasi administrasi untuk menjalankan operasional perusahaan.

Manajemen akan mengelola perusahaan untuk mencapai tujuan. Manajemen akan meterbaikkan fungsinya menyerupai merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengendalikan operasional perusahaan.

Baca juga: 4 Fungsi Manajemen

Dalam perjalannya, administrasi akan membutuhkan sistem isu administrasi untuk memmenolong tugasnya.

Manajemen membutuhkan isu untuk melaksanakan tugasnya, maka sistem isu administrasi akan menyediakan isu yang diharapkan untuk tiruana elemen organisasi manajemen, mulai dari lapisan bawah sampai administrasi lapisan puncak.

# Konsep Pengambilan Keputusan

Tujuan utama sistem isu administrasi yaitu menghasilkan informasi, terlepas bagaimana cara sistem tersebut bekerja untuk menghasilkan isu yang dibutuhkan.

Konsep pengambilan keputusan yaitu konsep yang memanfaatkan isu yang dihasilkan oleh sistem isu administrasi untuk dijadikan dasar, bahan, atau pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Misalnya, manajemen keuangan akan merencanakan melaksanakan efisiensi biaya, penghematan terhadap pengeluaran yang mungkin masih dapat ditunda, dapat dihilangkan atau tidak menghasilkan laba yang sepadan.

Untuk melakukannya, administrasi keuangan memerlukan isu terkena bab pengeluaran yang mana yang harus dilakukan penghematan. Pos pos mana yang dapat ditunda pengeluarannya, pengeluaran menyerupai apa yang tidak bermanfaa, atau pos mana yang keuntungannya terlalu kecil daripada baiya yang dikeluarkan.

Sistem isu administrasi akan memmenolong administrasi keuangan tersebut untuk mendapat isu terkena hal hal tersebut. melaluiataubersamaini informasi, administrasi keuangan akan mengambil keputusan yang terarah, tidak akan salah, atau meminimalkan kesalahan dalam melaksanakan efisiensi pengeluaran.

Baca juga : Karakterisitik Sistem Informasi Manajemen

Demikianlah konsep dasar sistem isu administrasi pada perusahaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaa dan koreksi bila ada kesalahan baik dalam penulisan atau maknanya. Terima kasih.

0 Komentar untuk "Konsep Dasar Sistem Gosip Manajemen"

Back To Top