Ruang Lingkup Sistem Isu Manajemen

loading...
Ruang lingkup sistem isu administrasi terdiri dari 4 lingkup. Sesuai dengan namanya, ruang lingkup sistem isu administrasi terdiri dari:
  1. Data
  2. Sistem 
  3. Informasi
  4. Manajemen
Ruang lingkup sistem isu administrasi terdiri dari  Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen
Ruang Lingkup Sistem Infomrasi Manajemen | source : prestashopmanager.com

1. Data

Salah satu kiprah sistem isu administrasi yaitu mengumpulkan data kemudian dioleh sehingga data data tersebut menjadi sebuah isu yang mempunyai kegunaan bagi pihak yang membutuhkan.

Data yang bagaimana yang dikumpulkan dan dioleh oleh sistem isu administrasi ?

Data yaitu fakta mentah yang masih belum mempunyai manfaat atau keuntungannya tidak optimal. Belum menjadi isu yang mempunyai kegunaan bagi perusahaan. Agar data bisa mempunyai manfaat yang optimal dan berguna, maka data perlu diolah oleh sistem isu manajemen.

Data yang dimaksud dalam sistem isu administrasi terdiri dari fakta dan angka terkena perusahaan. Baik data yang berasal dari internal ataupun data yang berasal dari eksternal perusahaan.

# Data Internal

Data internal perusahaan menggambarkan kondisi internal perusahaan. Misalnya data pegawai, data keuangan, data biaya produksi, data persediaan dan lain sebagainya.

# Data Eksternal

Data eksternal peursahaan ialah citra terkena kondisi dan situasi yang ada diluar perusahaan atau yang bisa kuat pada perusahaan. misalya data pengguna produk, tingkat kepuasan konsumen, persebaran produk dan pangsa pasarnya. dan sebagainya.

Apabila dilihat dari jenisnya, maka data bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

# Data Kuantitatif

Data kuantitatif bisa tunjukkan dengan angka angka. misal data kuantitatif yaitu jumlah biaya promosi, jumlah pegawai, biaya penghasilan, harga produk, kuantitas persediaan, jumlah materi baku dan lain sebagainya.

# Data Kualitatif

Data kualitatif yaitu data yang tidak bisa ditunjukkan dengan angka angka, tapi disajikan dalam bentuk kata kata yang mempunyai arti/makna. misal data kualitatif yaitu kepuasan konsumen, respon dan persepsi pelanggan terhadap produk yang gres diluncurkan dan lain sebagainya.

2 .Sistem

Sistem yaitu adonan atau kumpulan dari banyak sekali elemen yang saling terhubung dan bekerja sama dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan.

Ruang lingkup sistem pada perusahaan yaitu sistem isu terkena hal hal yang berafiliasi dengan kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sistem yang didesain untuk mengumpulkan seluruh data yang ada baik internal maupun eksternal perusahaan dan mengolahnya menjadi sebuah isu yang mempunyai kegunaan bagi perusahaan dan stakeholder yang berafiliasi dengan perusahaan.

3. Informasi

Informasi ialah hasil dari pengolahan data yang mempunyai arti dan manfaat yang bisa dijadikan sebagai materi pertimbangan dalam pembuatan keputusan stakeholder perusahaan.

Informasi yang dihasilkan dalam lingkup sistem isu administrasi yaitu isu yang berkarakter yang mempunyai manfaat yang optimal. Informasi harus relevan, akurat dan sempurna waktu.

# Relevan

Informasi dalam ruang lingkup sistem isu administrasi harus relevan. Informasi yang relevan didalamnya meliputi isu informasi yang mempunyai kegunaan bagi pemakainya. Informasi yang mempunyai keterkaitan dengan kondisi dan situasi yang dialami oleh perusahaan dan yang kemungkinan akan dialami dimasa menhadir.

Misalkan, seorang manajer sumber daya insan (human resource)ingin mengetahui tentang jumlah pegawai, kinerja bawahan, produktifitas karyawan namun didiberikan isu terkena laporan arus kas perusahaan. Maka isu arus kas perusahaan tersebut yaitu isu yang TIDAK RELEVAN. 

Karena manajer SDM tidak mendapat manfaat apapun dari isu arus kas tersebut. Informasi tidak berkaitan dengan sumber daya manusia. Manajer SDM tentu tidak bisa mengakibatkan isu laporan arus kas tersebut sebagai materi pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Tentu hal yang tidak sama bila isu laporan arus kas tersebut disajikan kepada manajer keuangan. Maka akan sangat relevan.

# Akurat

Informasi yang akurat menjadi syarat wajib dalam sistem isu manajemen. Informasi akurat ialah isu yang sempurna presisi dengan kesalahan yang minimal. Informasi akurat akan diperoleh bila data data yang dioleh sebelumnya yaitu data yang benar benar valid tidak dimanipulasi.

Karena isu akan digunakan sebagai materi pertimbangan dalam pengambilan keputusuan, ketidak-akuratan isu bisa menimbulkan keputusan yang diambial akan merugikan. Salah dalam mengambil keputusan alasannya isu yang dijadikan fatwa ternyata tidak akurat.

# Tepat Waktu

Informasi sempurna waktu maksudnya yaitu isu yang dihasilkan sistem isu administrasi tidak terlambat disajikan kepada pihak yang membutuhkan. Diterima ketika diperlukan. Informasi yang disajikan tidak sempurna waktu akan kehilangan sebagian bahkan keseluruhan nilai isu tersebut.

Kondisi dan keadaan internal dan eksternal perusahaan bisa dengan cepat berubah. Waktu bisa berjalan dengan cepat. Informasi yang tidak sempurna waktu akan berkurang keuntungannya bahkan tidak bermanfaa.

Ketika unsur diatas harus dipenuhi dalam sebuah pelaporan informasi. Apabila salah satu tidak dipenuhi, maka isu yang dihasilkan berkurang keuntungannya bahkan bisa menyesatkan.

4. Manajemen

Ruang lingkup administrasi berada pada proses maupun acara yang dijalankan untuk mengelola perusahaan. Kegiatan yang dilakukan ibarat melaksanakan perencanaan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengendalikan operasional perusahaan supaya tujuan perusahaan tercapai.


Tambahan:

# Sistem Informasi

Lingkup sistem isu pada perusahaan yaitu menyangkut pengumpulan data transaksi harian, pengolahan, memmenolong operasional perusahaan, merumuskan metode yang akan dipakai, dan menginformasikan temuan hasil olah data yang dilakukan kepada pihak pihak yang membutuhkan.

Ada beberapa pola sistem informasi, diberikut diantaranya :
  1. Transaction Processing System (TPS)
  2. Knowledge Work System (KWS) and Office Automation System (OAS)
  3. Information Management System (IMS)
  4. Decision Support System(DSS)
  5. Group Decision Support System (GDSS)
  6. Computer Support Collaborative Work System (CSCW)
  7. Executive Support System (ESS)
  8. Expert System (ES) and Artificial Inteligent (AI)

Hal yang paling mencolok dari sistem isu manajemen (SIM) yaitu penerapan teknologi informasi. Khususnya komputer sebagai alat menolongnya. 

Ruang lingkup sistem isu administrasi bisa dikatakan sebagai kombinasi antara sumber daya insan dan kemampuan komputer yang bisa mengumpulkan data, menentukan data, mengolah data, menyimpan data dan penerapan data sampai menjadi sebuah isu yang diharapkan oleh pihak yang berkepentingan.

0 Komentar untuk "Ruang Lingkup Sistem Isu Manajemen"

Back To Top