Penjelasan Administrasi Puncak (Top Management) Pada Perusahaan

loading...

Apa Itu Manajemen Puncak ?

Pada tingkatan manajemen, administrasi puncak (top management) ialah lini pertama dan tertinggi pada jenjang level manajemen.

Umumnya, administrasi puncak ditunjuk sekaligus bertanggung balasan secara eksklusif kepada pemilik perusahaan (pemegang saham).

Manajemen puncak ialah pihak yang mengendalikan organisasi pada sebuah perusahaan. Manajemen puncak berada pada posisi tertinggi.

Kewenangan administrasi puncak ialah yang paling besar dibandingkan administrasi lainnya. Dia berhak menentukan sekaligus memberhentikan administrasi lain yang berada dibawahnya.

Manajemen puncak jugalah yang membangun tim dalam organisasi perusahaan.

Fokus kerjanya spesialuntuk pada lingkup anutan dan konseptual, sedikit memikirkan hal hal teknis perusahaan.

Urusan teknis menjadi urusan bawahannya.

Manajemen puncak memikirkan hal yang jauh lebih besar daripada "spesialuntuk" sekedar urusan teknis.

Mereka lebih memikirkan arah taktik dan visi supaya perusahaan dapat berkembang lebih baik lagi. 

Siapa Saja Manajemen Puncak Itu ?

 ialah lini pertama dan tertinggi pada jenjang level administrasi Penjelasan Manajemen Puncak (Top Management) pada Perusahaan

Anda mungkin pernah mendengar istilah CEO (Cheif Executive Officer), general manager (GM), dewan direksi, presiden eksekutif (presdir) atau eksekutif utama (dirut) dan sebangsanya ?

Mereka mereka itulah yang umumnya disebut dengan administrasi puncak pada perusahaan.

Apa yang Dilakukan oleh Manajemen Puncak ?

Ada beberapa kiprah yang harus dilakukan oleh administrasi puncak, diantaranya:
  1. Membuat perencanaan, khususnya perencanaan strategis perusahaan
  2. Menetapkan tujuan strategis perusahaan
  3. Menyusun taktik yang akan dijalankan perusahaan
  4. Mengarahkan, mengatur dan mengawasi manajer yang berada dibawahnya
  5. Meterbaikkan tiruana sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan
  6. Membangun budaya perusahaan
  7. Hasil dan kinerja administrasi dibawahnya ialah tanggungjawaban administrasi puncak.

Mengukur Kesuksesan Manajemen Puncak ?


 ialah lini pertama dan tertinggi pada jenjang level administrasi Penjelasan Manajemen Puncak (Top Management) pada Perusahaan

Keberhasilan seseorang harus ada tolak ukurnya, termasuk juga administrasi puncak.

Apa tolak ukur keberhasilan administrasi puncak ?

Bermacam macam tepatnya.

Yang paling utama ialah tolak ukur yang diputuskan oleh pemegang saham selaku pemilik perusahaan.

Apa yang diinginkan oleh pemegang saham ?

Apakah sudah dicapai oleh administrasi puncak atau tidak ?

Karena keberhasilan administrasi puncak tidak spesialuntuk diukur dari keberhasilan secara finansial saja.

Ada banyak parameter lain yang dapat dipakai khususnya menyangkut kepentingan dan impian dari pemegang saham.

Ada tujuan branding, market share, diversifikasi dan tujuan lainnya yang tidak berbicara tentang uang.

contohnya yang sedang hangat, Go Jek.

Saat ini (2018) Gojek apabila spesialuntuk diukur dari hasil finansial yang dihasilkan, maka terlihat tidak ada yang membanggakan.

Karena memang sebagai startup, Gojek belum memikirkan tujuan finansial untuk ketika ini. Tujuannya ketika ini bukanlah uang.

Namun....

Apabila melihat sisi lain ibarat market share, ekspansi, lingkungan dan bahkan efek sosialnya. Maka dapat dikatakan hal tersebut sebagai prestasi yang membanggakan.

Dan yang perlu diingat dari prestasi administrasi puncak ialah bahwa kesuksesan administrasi puncak tidak dapat diukur dalam tempo jangka pendek, namun dalam waktu jangka panjang.

Karena kiprah administrasi puncak ialah menjalankan perencanaan strategis yang mustahil dapat dicapai dalam waktu 1 atau 2 tahun. Namun ialah visi bertahun tahun kedepan.

0 Komentar untuk "Penjelasan Administrasi Puncak (Top Management) Pada Perusahaan"

Back To Top