Studi Pembuatan Serbuk Kunyit Putih (Kaempferia Rotunda L) Untuk Minuman Herbal (Prt-154)

loading...
Minuman herbal atau jamu ialah salah satu jenis minuman di Sulawesi Selatan belum begitu berkembangan ketika ini. Manusia pada zaman lampau mengolah tanaman-tanaman herbal menjadi minuman untuk keperluan pengobatan, namun pada abad industri modern menyerupai kini produk-produk minuman herbal belum begitu berkembang. Padahal pegolahan flora herbal sanggup menjadi potensi besar untuk industri minuman herbal. Kunyit ialah salah satu flora rempah dan obat yang banyak diolah menjadi produk miuman herbal. Berbagai jenis kunyit sudah banyak dipakai sebagai materi baku maupun materi perhiasan dalam industri pengolahan minuman herbal.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin kritis terhadap konsumsi masakan dan minuman untuk menunjang kesehatan, sehingga masyarakat akan lebih selektif dalam menentukan suatu produk pangan. Kesibukan dan acara dari masyarakat di abad modern menuntut produsen produk pangan membuat sebuah penemuan produk pangan yang sanggup disajikan dengan cepat dan simpel namun tetap memperhatikan kelengkapan nilai gizinya. Salah satu produk pangan yang ketika ini banyak dikembangkan  yaitu produk minuman dalam bentu serbuk. 
Produk minuman berbentuk serbuk sudah usang dikembangkan dan sampai kini ini sudah banyak produk minuman serbuk yang diedarkan dipamasukan. Minuman serbuk ialah jenis minuman yang memilik daya simpan usang dan lebih simpel dalam penyajiannya. Beberapa jenis produk minuman dalam bentuk serbuk yang sudah ada di pamasukan menyerupai serbuk minuman teh, serbuk minuman buah-buahan dan serbuk minuman tradisonal dengan aneka macam pilihan rasa dan brand dagang. Pada penelitian ini dilakukan proses pembuatan salah satu jenis produk minuman serbuk yaitu serbuk minuman tradisonal dengan memakai materi dasar kunyit putih (Kaempferia rotunda L). Hasil dari penelitian ini sanggup diterapkan dalam industri baik itu industri skala rumah tangga maupun industri-industri skala besar sehingga bisa meningkatkan nilai jual atau hemat dari flora kunyit putih (Kaempferia rotunda L).


0 Komentar untuk "Studi Pembuatan Serbuk Kunyit Putih (Kaempferia Rotunda L) Untuk Minuman Herbal (Prt-154)"

Back To Top