Persentase Karkas Dan Income Over Feed And Chick Cost Pada Broiler Yang Menerima Ransum Mengandung Banyak Sekali Level Tepung Daun Katuk (Pt-14)

loading...


Broiler ialah salah satu komoditas hasil ternak yang memiliki tugas penting dalam memenuhi protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Daging ini sangat banyak diminati masyarakat lantaran kandungan protein yang cukup tinggi dengan harga yang relatif  murah dibandingkan dengan daging unggas lainya.
Upaya peningkatan mutu sumber daya insan untuk menghadapi kurun globalisasi tidak lepas dari upaya peningkatan gizi masyarakat. Untuk memenuhi sasaran tersebut, dibutuhkan peningkatan produksi protein hewani menyerupai daging. Produk hasil peternakan menyerupai daging ialah sumber pangan berprotein tinggi yang sangat diminati oleh masyarakat. Konsumsi per kapita dan konsumsi secara total masyarakat terhadap daging ayam, naik seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat maupun tingginya pertumbuhan penduduk. Usaha peternakan unggas khususnya ayam broiler di Indonesia diharapkan bisa memenuhi kebutuhan daging ayam sebagai sumber protein hewani.
Untuk mendapat pertumbuhan ayam broiler yang baik maka perlu diperhatikan zat nutrisi yang baik pada ransumnya alasannya yakni komposisi ransum yang baik menghipnotis pertumbuhan ayam tersebut. Akan tetapi tidak tiruana zat masakan yang didiberikan akan sanggup dimanfaatkan.

Daun katuk (Sauropus androgynus) ialah tumbuhan obat-obatan tradisionil yang memiliki zat gizi tinggi, sebagai antibakteri, dan mengandung beta karoten sebagai zat aktif warna karkas. Senyawa fitokimia yang terkandung di dalamnya yakni : saponin, flavonoid, dan tanin Daun katuk memiliki banyak khasiat terhadap kinerja unggas apalagi daun katuk kaya akan zat besi, provitamin A dalam bentuk β-Karotene, vitamin C, minyak sayur, protein, dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ternak unggas untuk pertumbuhannya
Untuk itu, penelitian ini dirancang untuk mengetahui persentase karkas dan income over feed and chick cost pada broiler yang mendapat ransum mengandung banyak sekali level tepung daun katuk.

0 Komentar untuk "Persentase Karkas Dan Income Over Feed And Chick Cost Pada Broiler Yang Menerima Ransum Mengandung Banyak Sekali Level Tepung Daun Katuk (Pt-14)"

Back To Top