Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alkohol One Med Di Kota Semarang (Pm-06)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan periode dunia tanpa batas. melaluiataubersamaini demikian lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan juga akan menjadi semakin kompleks. Secara nasional walaupun ekspor ialah salah satu jenis perjuangan yang sanggup mempersembahkan tambahan/ pemasukan devisa negara, namun kompleksitas persaingan yang dihadapi perusahaan tersebut akan memaksa setiap perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen.

Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat semoga suatu perusahaan sanggup sukses dalam persaingan tersebut ialah berusaha mencapai tujuan untuk membuat dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus sanggup menghasilkan dan memberikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Demikian halnya dengan produk alkohol One med di CV. Global Surya Medika Semarang, harus berusaha keras untuk memenangkan persaingan semoga bisa selalu dihati konsumen.
Pada CV. Global Surya Medica yang mengelola pemamasukan produk alat kesehatan dari PT. Intisumber Hasil Sempurna yang memproduksi alat kesehatan One med yang termasuk didalamnya ialah alkohol sudah memperlihatkan produknya dengan harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan perusahaan biro yang lain. Namun, dikarenakan kurang tepatnya seni administrasi promosi yang diterapkan oleh CV. Global Surya Medika, alasannya stragegi promosi yang dipakai tidak memakai konsep promotional mix melainkan spesialuntuk memakai sales door to door sehingga penjualan produk alkohol One med selalu berfluktuasi bahkan cenderung mengalami penurunan.

Fokus perhatian administrasi pemamasukan ialah pelanggan dan pesaing. Dalam prosedur perusahaan dan pesaing berlomba-lomba menghasilkan dan memperlihatkan “Value“ bagi pelanggannya dan perusahaan yang berhasil mengikat seorang pelanggan ialah perusahaan yang berhasil menyajikan superior value.

Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat semoga suatu perusahaan sanggup sukses dalam persaingan tersebut ialah berusaha mencapai tujuan untuk membuat dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus sanggup menghasilkan dan memberikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Para pengusaha sebagai produsen tidak saja sekedar bertugas untuk membuat suatu produk atau jasa semata, tetapi juga disertai kemampuan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan konsumen akan suatu produk atau jasa. Pengusaha berlomba-lomba untuk mencari faktor-faktor yang mensugesti konsumen dalam menentukan suatu produk dan menyusun seni administrasi pemamasukan yang tepat, sehingga sanggup mendominasi pasar yang ada. Menurut Dharmmesta (1997), keberhasilan perusahaan menjalin kekerabatan dengan pelanggan, sehingga sanggup bertahan dalam jangka panjang dan sanggup mempertahankan kekerabatan dengan pelanggan secara berkesinambungan ialah suatu keunggulan kompetitif bagi perusahaan tersebut.

Sedangkan dari pihak konsumen sendiri dituntut untuk semakin kritis dalam menentukan barang kebutuhannya, alasannya begitu banyak pilihan di pamasukan. Salah satu upaya untuk mengenali keadaan konsumen yang menjadi samasukan penjualan ialah dengan mempelajari bagaimana prilaku mereka dalam membeli suatu barang atau produk tertentu. Pada dasarnya setiap acara pembeliaan yang konkret ialah salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan kegiatan-kegiatan fisik lainnya yang terjadi dalam proses pembelian pada suatu periode waktu serta pemenuhan kebutuhan tertentu. Umumnya sebelum sikap membeli terjadi dilampaui oleh adanya minat atau impian untuk membeli yang didorong oleh suatu motif tertentu. Minat membeli antara individu yang satu dengan yang lain tidak selalu sama dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Di samping itu ketika ini pihak konsumen lebih rasional dan lebih cermat dalam melaksanakan pembelian serta mengumpulkan informasi terkena suatu produk atau barang yang akan dibelinya serta pemilihan daerah di mana pembelian tersebut akan dilakukan.
Sehingga permasalahan yang timbul yaitu keputusan pembelian produk alkohol One Med dipengaruhi oleh harga, promosi dan kualitas produk. Dari segi harga ternyata produk yang ditawarkan dari alkohol One Med lebih mahal daripada produk pesaing, dari segi promosi yang dipakai spesialuntuk mengandalkan sales door to door, kualitas produk yang dihasilkan masih kalah dengan produk pesaing.

Sehubungan dengan banyaknya persaingan dibidang alat-alat kesehatan yang ada di pamasukan, maka CV. Global Surya Medica yang ialah salah satu biro yang mengelola pemamasukan produk alat kesehatan trmasuks alkohol dari PT. Intisumber Hasil Sempurna di Semarang mengantisipasi persaingan tersebut dengan memperhatikan beberapa hal yang berafiliasi dengan peningkatan pemamasukan produk alkohol One med antara lain dengan memperlihatkan harga yang bersaing dibandingkan dengan biro yang lain namun hal tersebut belum didukung dengan seni administrasi promosi yang tepat.
Berdasarkan uraian di atas maka dalam penelitian ini dipakai judul : “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk alkohol One Med di Kota Semarang”.

B. Rumusan Masalah
Atas dasar uraian diatas, maka penting kiranya dilakukan suatu penelitian secara empiris yang bisa mempersembahkan jawabanan atas pertanyaan faktor –faktor apa yang mensugesti keputusan pembelian alkohol, sanggup dirumuskan permasalahan sebagai diberikut :
1. Ada imbas antara harga terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
2. Ada imbas antara promosi terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
3. Ada imbas antara kualitas terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
4. Aada imbas antara harga, promosi, dan kualitas secara simultan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.

C. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah sebagai diberikut:
1. Untuk menganalisis imbas harga terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med..
2. Untuk menganalisis imbas promosi terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
3. Untuk menganalisis imbas kualitas terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
4. Untuk menganalisis imbas harga, seni administrasi promosi dan kualitas secara simultan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med..

Adapun kegunaan penelitian ini ialah :
1. Bagi Perusahaan yang Memproduksi/menjual Produk Alat-alat kesehatan
Dapat mempersembahkan masukan kepada pihak administrasi perusahaan guna menentukan langkah yang lebih sempurna dalam pengembangan seni administrasi pemamasukan.
2. Bagi Penulis
Dapat mempersembahkan suplemen pengetahuan dan memperluas khasanah terkena ilmu-ilmu pemamasukan terapan secara praktis.
3. Bagi Ilmu Pengetahuan
Dapat mempersembahkan ide-ide untuk penelitian kembali pada penelitian yang akan hadir.
0 Komentar untuk "Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alkohol One Med Di Kota Semarang (Pm-06)"

Back To Top