Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar Im3 (Study Masalah Pada Mahasiswa Stain Surakarta) (Pm-04)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Manusia memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, baik kebutuhan yang bersifat biogenetik menyerupai rasa lapar dan haus maupun kebutuhan yang bersifat psikogenetik, yaitu kebutuhan akan pengakuan, penghargaan dan rasa kepemilikan. Kebutuhan yaitu keadaan merasa tidak memliki kepuasan dasar dan bersifat naluriah sedangkan impian yaitu hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut, sehingga impian ialah kebutuhan buatan yaitu kebutuhan yang dibuat oleh lingkungan hidupnya. Keinginan terhadap suatu produk yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya akan membuat permintaan.

Strategi pemamasukan untuk membuat undangan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan aktivitas memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa aktivitas memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut ditetapkan dengan istilah marketing mix, marketing mix ialah adonan (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing variabel tersebut diberinteraksi satu sama lain guna membuat suatu undangan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan mempersembahkan manfaat, diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal (Sutisna, 2003: 41)

Loyalitas yaitu suatu janji yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten dimasa yang akan hadir. Sehingga sanggup mengakibatkan pengulangan pembelian merek yang sama walaupun ada efek situasi dan banyak sekali perjuangan pemamasukan yang berpotensi untuk mengakibatkan tindakan perpindahan merek, perusahaan untuk mendapat loyalitas atau kesetiaan konsumen perlu taktik pemamasukan yang sempurna dan komplek. Konsumen akan menjadi loyal pada merek-merek yang berkarakter dan menawarkannya dengan harga yang masuk akal selain itu para penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi loyal pada suatu produk bila produk tersebut simpel didapatkan ketika dibutuhkan, dan yang tidak kalah penting loyalitas terbentuk melalui promosi yang ditawarkan perusahaan dengan mengkomunikasikan kebaikan-kebaikan produknya (Sutisna, 2003: 40)

Kartu prabayar IM3 ialah salah satu produk dari PT Indosat Tbk yang bergerak melayani pelanggan di bidang jasa telekomunikasi, produk ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, memiliki pelanggan yang banyak dan cukup diperhitungkan oleh para pesaingnya. kita ketahui bersama persaingan diantara produk sejenis akhir-akhir ini sangat ketat, baik dalam produk, harga, distribusi, promosi dan lain sebagainya, hal ini menuntut perusahaan untuk lebih kreatif dalam menarikdanunik perhatian konsumen.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam menghadapi persaingan ini PT Indosat Tbk dengan produk IM3 mempersembahkan kualitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen, kualitas pelayanan tersebut terdiri dari kualitas produk, harga, distribusi dan promosi. Hal ini dilakukan semata-mata bertujuan untuk mendapat kepuasan yang diinginkan konsumen, sehingga konsumen itu menjadi loyal dalam menggunakan produk yang dihasilkan.

Kemampuan produk untuk mempersembahkan kepuasan pada pemakainya akan menguatkan kedudukan atau posisi produk dalam benak konsumen, sehingga memungkinkan konsumen mengakibatkan pilihan pertama bilamana akan terjadi pembelian diwaktu yang akan hadir. kualitas produk yang ditawarkan dan dari kartu prabayar IM3 diantaranya dengan mempersembahkan fitur dan layanan yang tersedia di dalam kartu yaitu mulai dari sms, i-ring, transfer pulsa, IM3-access, GPRS, MMS, slir, Confirence Call dan lain-lain.
Harga suatu produk sanggup memperlihatkan dan menghipnotis bagaimana konsumen itu loyal, bila suatu produk ditawarkan dengan harga yang masuk akal dan bisa menghipnotis konsumen semoga melaksanakan pembelian secara konsisten bukan mustahil konsumen akan menjadi loyal.

Kualitas pelayanan dalam harga yang didiberikan melalui produk IM3 yaitu dengan mempersembahkan nominal pengisian pulsa dari lima ribu rupiah sampai jutaan rupiah, hal ini dimaksudkan mempersembahkan banyak pilihan kepada konsumen semoga harga nominal pulsa isi ulang IM3 terjangkau oleh tiruana lapisan. Kartu perdana IM3 dijual dengan harga relatif murah menyediakan vocer sms dengan nominal limaribu, limabelas ribu dan paket sms untuk pelayanan yang 100% sms.

Peran distribusi juga sangat besar dalam mengakibatkan konsumen itu loyal, seorang pemasar harus selalu siap menyediakan produk kepada konsumen, selalu menyediakan produk di outlet outlet hal ini dilakukan semoga konsumen tidak lari ke merek lain.

Distribusi dari kartu IM3 ini selalu ditingkatkan, diperluas dan menjangkau keberbagai wilayah sampai ke pedesaan untuk menunjang kelancaran distribusi produk IM3, PT Indosat Tbk menambahkan tower atau antena untuk mempersembahkan kegampangan sinyal sehingga ditribusi kartu IM3 itu sanggup lebih lancar.

Promosi juga berperan penting dalam mengakibatkan konsumen itu loyal, dalam melaksanakan promosi produk hendaknya ditampilkan sesering mungkin di media, promosi yang menarikdanunik berkesan dan simpel dipahami. Untuk mendapat perhatian dan jawaban dari calon konsumen kartu IM3 melaksanakan promosi di banyak sekali media, menentukan bintang film, artis penyanyi sebagai bintang iklannya, hal ini bertujuan untuk menerik perhatian dan menaruh minat kepada calon konsumen untuk memakainya.

Penelitian ini sengaja dilakukan dengan mengambil sampel pada mahasiswa STAIN Surakarta, sebab mahasiswa ialah orang yang selalu tanggap dengan teknologi serta orang yang relatif banyak membawa ponsel. Sekarang ponsel tidak spesialuntuk sebagai alat komunikasi tetapi kini dipakai sebagai gaya. Untuk itu fitur yang lengkap pada suatu kartu niscaya akan mendapat respon baik dari konsumen dalam penelitian ini yaitu mahasiswa STAIN Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk sanggup mengambarkan dan mengetahui bahwa taktik marketing mix yang dilakukan oleh PT Indosat Tbk benar-benar sanggup mengakibatkan konsumen itu loyal dalam menggunakan produk kartu IM3 serta mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen.
Berdasarkan paparan tersebut maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan judul “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar IM3”( Studi Kasus Pada Mahasiswa Stain Surakarta )

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang persoalan diatas maka identifikasi persoalan dari penelitian ini yaitu sebagai diberikut
1. Kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi empat hal yang biasa disebut marketing mix yaitu produk, harga, distribusi dan promosi.
2. Perusahaan menghadapi persaingan di pasar perlu taktik pemamasukan perusahaan yang tepat, upaya ini dilakukan dengan maksud untuk mencari gosip wacana faktor-faktor yang menghipnotis sikap konsumen dalam pembelian suatu produk.
3. Konsumen bisa dikatakan loyal pada suatu produk bila mana konsumen tersebut memiliki janji untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa sehingga sanggup mengakibatkan pengulangan pembelian di lain peluang. Konsumen mungkin juga tidak loyal dengan produk yang ditawarkan dengan melihat produk lain yang sejenis.
4. Untuk mendapat kepuasan atau loyalitas konsumen memang bukan masalah gampang, hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan taktik dari marketing mix itu dengan hati-hati.

C. Batasan Masalah
1. Subjek penelitian disini yaitu Mahasiswa STAIN Surakarta yang menggunakan atau pernah menggunakan kartu prabayar IM3, hal ini diketahui dengan melaksanakan wawancara secara eksklusif terhadap calon responden sebelum melaksanakan penelitian
2. Variabel yang akan diteliti spesialuntuk terbatas pada produk, harga, distribusi dan promosi. serta loyalitas konsumen kartu prabayar IM3

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang persoalan yang dikemukakan di atas maka pokok permasalahan yang sanggup dirumuskan dalam penelitian ini yaitu :
1. Apakah terdapat efek signifikan antara produk terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
2. Apakah terdapat efek signifikan antara harga terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
3. Apakah terdapat efek signifikan antara distribusi terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3
4. Apakah terdapat efek signifikan antara promosi terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.

E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk menguji efek produk, harga, distribusi dan promosi terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3
F. Manfaat Penelitian
1. Bagi Akademisi
Hasil penelitian ini di harapkan sanggup menambah rujukan bagi penelitian diberikutnya.


2. Bagi Praktisi
Hasil penelitian ini diperlukan sanggup memdiberi bantuan yang faktual untuk memahami karakteristik pembeli kepada perusahaan yang diteliti sehingga sanggup menjadi pertimbangan dalam rangka menentukan taktik perusahaan terhadap pembentukan layanan konsumen yang berkarakter sehingga pada akirnya akan terbentuk loyalitas konsumen terhadap produk IM3.
0 Komentar untuk "Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar Im3 (Study Masalah Pada Mahasiswa Stain Surakarta) (Pm-04)"

Back To Top