Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Telkom Cabang Boyolali (Ms-07)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Suatu perusahaan akan meningkat kinerjanya bila adanya kerjasama dan relasi yang baik antara pimpinan dan karyawannya. Karena dengan meningkatkan kinerja karyawan otomatis akan meningkatkan kinerja pcrusahaan. Dan karyawanpun sebaiknya diperlakukan ibarat partner perjuangan dan bukan sebagai buruh semata.

Persoalan karyawan yang terkadang dibentuk ibarat buruh-buruh yang akomodasi dan pelayanan kurang diperhatikan oleh para pimpinannya. Dan tidak adanya relasi dan kerjasama yang baik antar mereka. Persoalan ini tidak spesialuntuk terjadi di negara-negara yang sedang berkembang tetapi dinegara majupun duduk kasus tersebut juga ada. tetapi dari penyebabnya saja yang tidak sama. Salah satu penyebab ketidakpuasan karyawan yaitu sistem upah, hal ini sering terjadi di Indonesia khususnya.

Ketidakpuasan para karyawan ini mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan dan sanggup merugikan perusahaan yang bersangkutan. Misalnya; adanya agresi mogok kerja, kemangkiran karyawan meningkat, turunnya kinerja karyawan, dan lain-lain. Yang pada alhasil akan menurunkan kinerja perusahaan itu sendiri. Maka, para pimpinan sebaiknya mengerti apa yang diperlukan para karyawan dan mengetahui keinginan-keinginan apa yang membuat karyawan puas dan meningkatkan kinerjanya, diberikut tiruana konsekuensinya, termasuk apa dan berapa bonus yang akan mereka terima kalau sasaran atau tujuan kerjanya tercapai. Sehingga para karyawan tidak melaksanakan hal-hal yang tidak sepantasnya dikerjakan.

Seperti apa yang ditulis oleh Edwin B. Flippo dalam bukunya Manajemen Personalia jilid 2 (1989:116) merinci terkena keinginan-keinginan karyawan antara lain; upah, keterjaminan pekerjaan, kawan-kawan kerja yang sangat bahagia, penghargaan atas pekerjaan yang dilakukan, pekerjaan yang berarti, peluang untuk maju, kondisi kerja yang nyaman, kondusif dan menarikdanunik, kepemimpinan yang bisa dan adil, perintah dan kode yang masuk nalar dan suatu organisasi yang relevan secara sosial.

Dan sedikit untuk mengetahui kepuasan kerja yang ialah hal yang bersifat individu dan mempunyai tingkat kepuasan yang tidak sama-beda, salah satu definisi kepuasan kerja yang dikutip oleh Moh. As'ad dalam buku "Psikologi lndustri"(2000:104) Joseph Tiffin, kepuasan kerja yaitu perilaku karyawan terhadap pekerjaan, situasi kerja, kerjasama diantara pimpinan dan sesama karyawan.

Dan faktor-faktor yang mensugesti kepuasan kerja antara lain; faktor kepuasan finansial, faktor kepuasan fisik, faktor kepuasan sosial, dan faktor kepuasan psikologi. Berdasarkan hal-hal yang sudah diuraikan diatas, maka penulis berniat untuk mengadakan penelitian dengan judul "Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT TELKOM Cabang Boyolali".

B Perumusan Masalah
1. Bagaimana kepuasan kerja karyawan PT TELKOM Cabang Boyolali ?
2. Bagaimana imbas kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT. TELKOM Cabang Boyolali ?
3. Diantara faktor-faktor yang mensugesti kepuasan kerja, faktor
mana yang paling mensugesti kinerja karyawan PT TELKOM
Cabang Boyolali ?

C. Batasan Masalah
Berdasarkan kasus yang ada maka penulis membatasi penulisan yang dikarenakan oleh adanya keterbatasan waktu, pikiran. dan masukana yang ada maka penulis spesialuntuk membatasi dan mengulas terkena faktor-faktor kepuasan kerja yang benar-benar kuat terhadap kinerja karyawan pada PT TELKOM Cabang Boyolali, yaitu faktor kepuasan finansial, faktor kepuasan fisik, faktor kepuasan sosial dan faktor kepuasan psikologi.

D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan kasus dan batasan kasus tersebut, maka penulis bertujuan untuk :
1. Mengetahui kepuasan kerja karyawan PT TELKOM Cabang
Boyolali.
2. Mengetahui imbas kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT
TELKOM Cabang Boyolali.
3. Mengetahui faktor-faktor mana yang paling mensugesti kinerja
karyawan PT TELKOM Cabang Boyolali.

E. Manfaat Penelitian
1. Bagi perusahaan.
Untuk memmenolong dalam mempersembahkan info terkena faktor faktor kepuasan kerja karyawan yang sanggup mensugesti kinerja karyawan yang sanggup memmenolong para pimpinan mengambil kebijakan untuk berusaha memenuhi keinginan-keinginan dan faktor-faktor kepuasan kerja karyawan biar terjadi peningkatan kinerja karyawan dan sekaligus kinerja perusahaan itu sendiri.
2. Bagi Universitas Sanata Dharma
Dapat menambah buku acuan dan masukan bagi pihak-pihak yang bersangkutan dan memerlukan info terkena kepuasan kerja yang kuat terhadap kinerja karyawan, khususnya bagi jurusan manajemen.
3. Bagi Penulis
Agar sanggup lebih memahami dan mencoba untuk menerapkan ilmu yang pernah penulis terima untuk mempraktekkannya pribadi ke lapangan kerja, khususnya bagi mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia.
0 Komentar untuk "Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Telkom Cabang Boyolali (Ms-07)"

Back To Top