Perencanaan Fondasi Strauss Hotel Gajah …(Ts-6)

loading...
1.1 Latar Belakang
Sebuah bangunan gedung dituntut sanggup dipakai sesuai fungsinya dan bisa bertahan sesuai dengan yang direncanakan, untuk itu gedung tersebut haruslah kuat dan kokoh, dan untuk mendukungnya diharapkan sebuah fondasi yang kuat dan bisa menahan beban struktur diatasny`.

Fondasi ialah suatu konstruksi pada bab bawah struktur yang berfungsi untuk menyalurkan beban struktur diatasnya kelapisan tanah pendukungnya yang sanggup berupa tanah keras maupun lapisan batuan. Adapun letak lapisan tanah pendukung tersebut mempunyai kondisi tanah yang tidak sama dan kedalaman yang bervariasi. Untuk lokasi gedung HOTEL GAJAH MADA mempunyai lapisan tanah pendukung berupa tanah lempung padat, ada kerikil sedang dan pasir sedang warna coklat kemerahan dan terletak pada kedalaman 5,20 m dibawah lapisan permukaan tanah.

Setiap tanah yang dibebani niscaya akan mengalami penurunan setelah menerima tekanan dari struktur yang berada diatasnya. Tetapi apabila penurunan tersebut masih dalam batas – batas yang diijinkan maka struktur tersebut masih aman. Untuk tanah yang lapisan tanahnya padat terletak jauh dari permukaan tanah dan bebannya relatif berat, dipakai fondsi dalam antara lain : fondasi tiang pancang, fondasi strouss dan sebagainya.

Dalam perencanaan fondasi perlu diperhatikan aspek – aspek yang besar lengan berkuasa antara lain aspek teknis, aspek ekonomis, aspek lingkungan. Aspek teknis ialah aspek yang berafiliasi dengan pelaksanaan. Sedangkan aspek irit yang perlu dipertimbangkan ialah fondasi tersebut irit namun tidak mengurangi mutu yang sudah diputuskan. Adapun aspek lingkungan yang perlu diperhatikan ialah pada waktu pengecoran fondasi yang biasanya dilaksanakan sepanjang hari yang bisa menjadikan gangguan – gangguan penduduk sekitarnya yaitu kebisingan dan sebagainya.


Tag : Teknik Sipil
0 Komentar untuk "Perencanaan Fondasi Strauss Hotel Gajah …(Ts-6)"

Back To Top