Pemanfaatan Copper Slag (Limbah Peleburan Tembaga) Sebagai Substitusi Materi Pengisi Adonan Beton Mutu K-225 …(Ts-5)

loading...
1.1 Latar Belakang
Indonesia ialah suatu negara yang berkembang, terutama di bidang perindustrian. Pesatnya perkembangan industri tersebut, dari proses pengolahannya menghasilkan materi yang menguntungkan dan merugikan

Beton ialah salah satu materi bangunan yang pada ketika ini banyak digunakan di Indonesia dalam pembangunan fisik, dan pengertian Beton sendiri yaitu adonan antara semen portland atau semen hidraulik yang lain, agregat halus, agregat garang dan air, dengan atau tanpa memakai adonan perhiasan membentuk masa padat (SK.SNI T-15-1990-03:1).

melaluiataubersamaini semakin meluasnya penerapan beton dan makin meningkatnya skala pembangunan mengambarkan juga semakin banyak kebutuhan beton di masa yang akan hadir sehingga menghipnotis perkembangan teknologi beton dimana akan menuntut inovasi-inovasi gres terkena beton itu sendiri.

melaluiataubersamaini melihat fenomena diatas banyak orang mencoba memanfaatkan limbah-limbah industri untuk digunakan dalam adonan beton. Salah satunya yaitu Copper Slag yaitu limbah industri peleburan tembaga berbentuk butiran runcing (Tajam) dan sifat fisiknya hampir sama dengan pasir alami., sehingga selama ini copper slag banyak digunakan dalam dunia konstruksi beton. Oleh alasannya yaitu itu dalam penelitian terapan kali ini copper slag akan dicoba sebagai sebagai subtitusi materi pengisi adonan beton dan untuk melihat apakah sanggup mempersembahkan imbas yang faktual yaitu terjadi peningkatan besar lengan berkuasa tekan pada beton.

Penelitian terapan yaitu suatu penelitian yang applicable yaitu lebih menekankan pada hasil penelitian yang sanggup eksklusif dimanfaatkan.


Tag : Teknik Sipil
0 Komentar untuk "Pemanfaatan Copper Slag (Limbah Peleburan Tembaga) Sebagai Substitusi Materi Pengisi Adonan Beton Mutu K-225 …(Ts-5)"

Back To Top