Network Monitoring System (Nms) Dengan Notifikasi Memakai Sms Studi Perkara Pada Divisi Noc Pt Melvar Lintasnusa (Ik-37)

loading...
1.1. Latar Belakang Masalah
Teknologi jaenteng komputer dikala ini sudah berkembang pesat. Hampir tiruana bidang kini ini sudah mempunyai jaenteng komputer, dalam mengelola jaenteng komputer. Jaenteng yakni sesuatu yang kompleks yang tidak pernah sanggup diamati terus dengan spesialuntuk mata telanjang, dibutuhkan suatu sistem monitoring untuk mengetahui kondisi jaenteng atau sistem yang ada. Hal ini dilakukan biar kondisi jaenteng terjaga sehingga setiap gangguan sanggup teratasi dengan segera.

Kata network monitoring menggambarkan bagaimana suatu sistem yang secara konstan memonitor kondisi jaenteng (router, server maupuan device jaenteng lainnya). Jika pada suatu sistem ada yang tidak berfungsi ataupun ada problem pada security atau aplikasi dalam suatu sistem jaenteng, maka sistem akan melaksanakan notifikasi kepada seorang network eksekutif atau system eksekutif melalui sistem alarm berupa email ataupun notifikasi lainnya.

Masalah hadir ketika seorang network eksekutif ataupun system eksekutif tidak sanggup memonitor terus menerus, melaksanakan monitoring didepan komputer selama 24 jam, alasannya yakni harus mengerjakan pekerjaan atau acara yang lainnya. Notifikasi memakai email ataupun sebuah alarm bunyi dikomputer dirasa masih kurang, alasannya yakni sifatnya yang harus membisu didepan komputer, akhirnya penanganan problem yang menjadi lambat dan waktu downtime yang menjadi lama.

Notifikasi SMS yakni sebuah alternatif yang dirasa paling ideal untuk kondisi ini. Artinya ketika ada gangguan pada jaenteng baik sistem yang crash, servis pada suatu server yang mati, serangan dari jaenteng luar (network abuse), serangan virus ataupun problem pada sistem keamanan jaenteng lainnya, maka network monitoring system akan mengirimkan notifikasi berupa SMS kepada seorang network eksekutif maupun system eksekutif sehingga mereka sanggup mengambil keputusan untuk melaksanakan pengecekan dengan segera. Selain itu dengan berbasiskan SMS seorang network atau system eksekutif sanggup mengetahui kondisi atau status jaenteng melalui network monitoring system ini.

Berdasarkan perkiraan latar belakang diatas maka penulis mengambil judul untuk penelitian ini : “Network Monitoring System (NMS) dengan Notifikasi Menggunakan SMS (studi kasus pada divisi NOC PT. MELVAR LINTASNUSA)”. Sistem yang penulis akan bangkit ini, tiruana memakai software opensource. Untuk operating system manggunakan FreeBSD yang sudah usang dikenal sebagai sistem operasi jaenteng paling handal dikala ini dan kannel sebagai sms gateway, serta perangkat lunak pendukung lainnya yang berbasiskan opensource juga, yang tiruananya free atau gratis, sehingga meminimalisasi penerapan software bajakan. Implementasi di lakukan di PT. Melvar Lintasnusa yang bergerak dalam bidang ISP (internet service provider) yang mempunyai jaenteng yang cukup luas dan jenis perangkat jaenteng serta aplhkasi pada server yang berguaka ragam.

0 Komentar untuk "Network Monitoring System (Nms) Dengan Notifikasi Memakai Sms Studi Perkara Pada Divisi Noc Pt Melvar Lintasnusa (Ik-37)"

Back To Top