loading...
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan berkembang pesat khususnya di kota-kota besar, sudah terjadi perubahan diberbagai sektor, termasuk dibidang industri dan produksi serta pada acara eceran di Indonesia yang sudah berubah menjadi perjuangan yang berskala besar. Perkembangan bisnis eceran yang pesat ini tidak lepas dari faktor meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan juga meningkatkan jumlah pendapatan perkapita penduduk Indonesia yang menyebabkan taraf hidup masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hal ini membawa dampak kepada tumpuan sikap belanja seseorang, dimana semakin meningkatnya taraf hidup seseorang maka tuntutan akan tempat berbelanja yang nyaman dan sanggup menyediakan segala kebutuhan konsumen dalam satu lokasi semakin dibutuhkan.
Perkembangan yang terus menerus berlangsung dalam perdagangan eceran ini menawarkan bahwa perdagangan eceran bersifat dinamis. Hal ini terjadi tidak lain sebab perdagangan eceran ingin selalu berusaha memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan impian konsumen (perdagangannya). Bentuk perjuangan eceran yang mengalami perkembangan cukup pesat ialah : supermarket (pasar swalayan).
Dewasa ini perkembangan pasar swalayan di tanah air, tampak cukup pesat. Hampir di setiap ibukota propinsi dan kota-kota besar lainnya bermunculan pasar swalayan dengan banyak sekali akomodasi dan pelayanan yang semakin lengkap. Pasar swalayan sebagai ujung tombak pemamasukan akan terus bertambah, dan yang sudah ada terus dikembangkan sampai menjadi superstore yaitu pasar swalayan yang menyediakan kebutuhan masyarakat yang selengkap-lengkapnya.
Namun disadari perjuangan pasar swalayan tak ubahnya menyerupai usaha-usaha lainnya yang didalam usaspesialuntuk meningkatkan penjualan juga diliputi oleh persaingan. Dalam situasi persaingan setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh suatu pasar swalayan dengan maksud untuk menandingi atau mengambil peluang yang ada. Timbulnya keadaan menyerupai itu membuktikan bahwa manajer atau pengusaha semakin menyadari pentingnya mempertahankan dan memperluas pasar untuk kesinambungannya. Pada dasarnya keberhasilan perjuangan dibidang retail ini berada pada pengadaan barang, baik secara kuantitas maupun kualitas, serta harga yang rendah guna meningkatkan jumlah kunjungan.
Untuk menghadapi persaingan ini dan biar tetap ramai dikunjungi konsumen, maka supermarket harus melaksanakan banyak sekali jenis upaya dalam acara pemamasukannya biar menarikdanunik dan sesuai dimata konsumen. Oleh sebab itu, pihak swalayan harus tanggap terhadap atribut-atribut apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan suatu swalayan, sebab pada dikala ini konsumen sudah semakin kritis terhadap kemampuan suatu swalayan dalam menarikdanunik pembelinya untuk berbelanja di suatu swalayan.
1. 2. Pembatasan Masalah
Penelitian ini dibatasi pada PT. Hero Supermarket Tbk yang berada didaerah Gatot Subroto.
1. 3. Perumusan Masalah
Dari uraian diatas, maka permasalahannya ialah sebagai diberikut :
Atribut-atribut swalayan apa saja mempengaruhi konsumen dalam menentukan PT. Hero Supermarket Tbk ?
1. 4. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Tujuan dari penelitian skripsi ini ialah untuk mengetahui dan mengevaluasi atribut-atribut swalayan yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan PT. Hero Supermarket Tbk.
Adapun kegunaan penelitian ini ialah :
1. Sebagai masukan yang lebih baik kepada perusahaan dalam menentukan akal perusahaan selanjutnya.
2. Sebagai materi perbandingan dan isu bagi penelitian selanjutnya yang berafiliasi dengan penelitian ini.
Judul : ATRIBUT-ATRIBUT SWALAYAN YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH PT. HERO SUPERMARKET, Tbk (PM-01)
0 Komentar untuk "Atribut-Atribut Swalayan Yang Menghipnotis Konsumen Dalam Menentukan Pt. Jagoan Supermarket, Tbk (Pm-01)"