loading...
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Umum
Sejak diperkenalkannya komputer yang pertama secara komersial pada tahun 1951 di Amerika Serikat, proses transaksi bisnis perdagangan sudah berubah. Komputer sudah menjadi suatu peralatan yang sanggup menambah unjuk kerja, menurunkan biaya operasi dan menaikkan produktifitas kerja dari fungsi-fungsi manajemen dan manajemen pada suatu organisasi. Komputer sudah meningkatkan kemampuan kerja dari para pekerja di bidang informasi. Komputer juga sudah menjadi sebuah peralatan yang secara umum dikuasai dalam memmenolong manajer dan pekerja dalam memproses administrasi, menganalisa problem yang rumit, mengevaluasi pilihan-pilihan keputusan dan berkomunikasi dengan yang lain.
Setiap perkembangan komputer dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) selalu menjurus kepada penerapan aplikasi bisnis yang lebih besar, pemecahan problem yang lebih kompleks, proses pengolahan yang lebih cepat (speed), tingkat ketelitian yang tinggi (Accuracy), daya tampung (Storage) yang lebih besar dan peningkatan keandalan (Reliable) dalam menangani pekerjaaan yang berulang-ulang.
Penemuan komputer mikro (Personal Computer - PC) pada tahun 1977 sudah mempersembahkan imbas yang besar dalam peningkatan pemakaian komputer pada suatu organisasi atau perusahaan. Selain kecepatan kerjanya bertambah, sistem operasinya juga bertambah baik pada unjuk kerja maupun fungsinya ibarat generasi IBM Dos dan MS DOS. Kemudian dilanjutkan dengan generasi Microsoft Windows 3.1, 3.11 (Windows Workgroup), Windows 95, 98, Me, 2000, Xp dan NT.
Paket-paket aplikasi juga sangat maju dengan kemampuannya menuntaskan pekerjaan yang rumit. Sekarang, pengolah kata (Word Processing), lembar kerja (Spreadsheet), basis data (Database), vektor grafik CAD (Computer Aided Design) maupun model-model grafik dan bitmap ialah hal-hal yang biasa dijumpai.
Salah satu aktifitas yang tidak sanggup lepas dari pengunaan teknologi info ialah aktifitas perekonomian. Sedangkan perekonomian memegang peranan penting dalam kesuksesan suatu negara. Di Indonesia, salah satu pelaku ekonomi yang didukung pemerintah untuk terus berkembang ialah koperasi karyawan.
Koperasi karyawan ialah koperasi yang didirikan oleh karyawan atau pegawai suatu perusahaan dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota atau karyawan pada perusahaan tersebut. Kegiatan koperasi karyawan antara lain perjuangan simpan pinjam, penyediaan kebutuhan pokok, perjuangan jasa penyewaan kendaraan, pengadaan alat kantor dan lain-lain.
Setiap anggota koperasi secara aktif memajukan koperasi dengan membayar iuran wajib, belanja di toko kebutuhan pokok serta melaksanakan kegiatan simpan pinjam. Anggota koperasi berhak mengetahui sejauh mana perkembangan koperasi dengan memanfaatkan laporan yang dikeluarkan pengurus setahun sekali pada rapat anggota tahunan (RAT), oleh alasannya ialah itu kegiatan transaksi yang berlangsung memerlukan pencatatan yang rapi dan seksama supaya sanggup dipertanggungjawabankan kepada anggota.
Dalam penulisan kiprah selesai ini, penulis membatasi permasalahan pada kegiatan yang terjadi pada salah satu bidang perjuangan koperasi yaitu unit perjuangan jasa/pemasok. Unit perjuangan jasa/pemasok ialah bidang jasa pada koperasi yang bertanggungjawaban dalam pengembangan perjuangan yang sanggup mempersembahkan laba sebesar-besarnya bagi koperasi. Kegiatan bisnis unit perjuangan jasa/pemasok terdiri dari jasa penyewaan alat kerja reperti mesin foto copy, komputer, kendaraan dan lain-lain.
Dalam unit perjuangan jasa/pemasok ini juga terdapat kegiatan administrasi, pelaporan, manajemen keuangan dan pengembangan usaha.
melaluiataubersamaini uraian tersebut maka Penulis merasa tertarik untuk menimbulkan proses manajemen pemeliharaan kendaraan pada unit perjuangan jasa/pemasok sebagai materi penyusunan kiprah selesai dengan judul “Komputerisasi Sistem Administrasi Pemeliharaan Kendaraan pada Koperasi Pegawai Kantor PT PLN (Persero) P3B Jawa Bali”.
1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini ialah :
a. Menyumbangkan anutan dalam bentuk rancangan sistem info dengan memanfaatkan masukana dan pramasukana teknologi info dalam menyediakan info yang sangat penting dalam menunjang aktifitas manajemen di dalam perusahaan.
b. Memdiberikan citra wacana kemajuan memanfaatkan teknologi info (komputerisasi) pada pelaku perekonomian ibarat koperasi.
c. Menunjukkan tingkat pemahaman dalam menyusun suatu karya ilmiah yang tersusun dan terpola sehingga diperlukan sanggup bermanfaa dalam mencarikan suatu solusi dari permasalahan pada bidang pekerjaan.
d. Menambah pengalaman yang bermanfaa dalam pekerjaan pembangunan dan pengembangan sistem info manajemen berbasis teknologi informasi.
Sedangkan tujuan dari penulisan kiprah selesai ini ialah untuk melengkapi salah satu syarat kelulusan pada kegiatan Diploma III Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) kegiatan studi Manajemen Informatika.
1.3. Metoda Penelitian
Dalam penulisan kiprah selesai ini, metoda penelitian dilakukan dengan cara sebagai diberikut :
a. Wawancara
Wawancara dilakukan dengan narasumber yang berafiliasi dengan kegiatan perjuangan jasa.
b. Observasi
Melakukan pengamatan eksklusif terhadap kegiatan perjuangan jasa sewa kendaraan.
c. Studi Pustaka
Dalam penulisan kiprah selesai ini penulis mengambil acuan dari buku-buku dan literatur yang berafiliasi dengan pembahasan masalah.
1.4. Ruang Lingkup
Mengingat perkembangan sistem info manajemen begitu pesat dimana menimbulkan makin luasnya ruang lingkup sistem info manajemen yang digunakan, maka penulis membatasi problem penulisan pada sistem manajemen pemeliharaan kendaraan yang terdiri dari proser pengajuan anggaran pemeliharaan, proses operasional dan pemeliharaan kendaraan, proses penyusunan laporan penutupan anggaran dan data spesifikasi metode kendaraan.
0 Komentar untuk "Komputerisasi Sistem Manajemen Pemeliharaan Kendaraan Pada Koperasi Pegawai Kantor Pt Pln P3b Jawa Bali (Ik-09)"