Penerapan Metode Discovery (Penemuan Terbimbing) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Kelas Viii Dimtsn (Pmt-40)

loading...
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran matematika di sekolah, di mana siswa kurang memahami konsep teorema pythagoras. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah seni administrasi dan metode yang dipakai dalam proses berguru mengajar didalam kelas yaitu dengan metode discovery.
Yang menjadi serius penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran dengan penerapan metode discovery untuk meningkatkan pemahaman pada konsep teorema pythagoras. Siswa kelas VIII di MTSN Posari tahun 2009/2010 (2) Bagaimana pemahaman matematika pada konsep teorema pythagoras dengan penerapan metode discovery siswa kelas VIII Di MTSN Pulosari  tahun 200/2010.
Dalam penelitian ini dipakai metode penelitian: metode observasi, wawancara, tes, dan cacatan lapangan. Observasi dan cacatan lapangan dipakai untuk mengamati proses pembelajaran. Sedangkan tes dipakai untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sehabis berguru memakai metode discovery dan wawancara dipakai untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan  metode discovery serta memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan. Pendekatan yang dipakai ialah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian dan tindakan kelas (PTK).

Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Adapun alhasil ialah sebagai diberikut:

·             Pembelajaran dengan metode discovery (penemuan terbimbing) sanggup  meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep teorema pythagoras.
·           Pemahaman siswa pada konsep teorema pythagoras dengan metode discovery mengatakan hasil yang sangat baik. Hal ini sanggup dilihat dari nilai rata-rata pada tes final ialah 85,97, dengan ketuntasan ialah 100%.
0 Komentar untuk "Penerapan Metode Discovery (Penemuan Terbimbing) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Kelas Viii Dimtsn (Pmt-40)"

Back To Top