Pengaruh Model Pembelajaran Kasus Posing Terhadap Hasil Mencar Ilmu Penerima Didik Kelas Vii Smpn 2 Sumbergempol (Pmt-37)

loading...


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana anggapan penerima didik terhadap matematika ialah pelajaran yang susah dan spesialuntuk penerima didik tertentu yang sanggup menguasainya, alasannya yakni mereka dituntut sesuai dengan apa yang dikatakan oleh guru. Metode yang dipakai guru tersebut akan besar lengan berkuasa pada hasil berguru penerima didik. Dalam meningkatkan hasil berguru penerima didik, diharapkan pembelajaran yang sanggup membuat penerima didik berpikir kritis dan kreatif sehingga mereka mempunyai kebebasan berpikir sesuai apa yang dikuasainya. Pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran probem posing, yang mana pada pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengajukan pertanyaan sehingga tidak terpacu pada apa yang dikatakan guru saja. Guru disini spesialuntuk sebagai fasilitator dan siswa yang lebih aktif di dalam pembelajaran.
Rumusan persoalan dalam penelitian ini yakni 1) adakah efek model pembelajaran problem posing terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011? 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011?
Tujuan dari penelitian ini yakni 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui seberapa besar efek model pembelajaran problem posing terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011.

Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dimana penelitiannya disajikan dalam bentuk deskripsi dengan memakai angka-angka statistik. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai yakni penelitian eksperimen.
Dalam penelitian ini dipakai beberapa metode, yaitu metode interview, observasi, tes dan dokumentasi. Disini tes dipakai untuk memperoleh data tentang hasil berguru matematika penerima didik setelah didiberikan perlakuan, lalu dibandingkan dengan hasil berguru penerima didik kelas kontrol. Sedangkan  observasi, wawancara dan dokumentasi dipakai untuk menggali data tentang populasi, sampel, penerima didikmasukana pramasukana pendidikan dan dokumen sekolah.
Sesudah penulis mengadakan penelitian dengan memakai beberapa metode diatas, penulis menganalisis dengan memakai rumus uji-t (test). Berdasarkan hasil perhitungan, signifikan 5% ternyata nilai (thitung > ttabel ) yaitu thitung = 4,68 > ttabel = 2,000. Dari sini sanggup ditarik kesimpulan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima, yang menyatakan bahwa ada efek yang signifikan pembelajaran problem posing terhadap hasil berguru matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil berguru penerima didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011 adalah 17,15%.
0 Komentar untuk "Pengaruh Model Pembelajaran Kasus Posing Terhadap Hasil Mencar Ilmu Penerima Didik Kelas Vii Smpn 2 Sumbergempol (Pmt-37)"

Back To Top