Peranan Diskusi Pemecahan Persoalan Pd Event Semarak Pesta Fanta Yg Dilakukan Oleh Event Department Radio Ardan Dalam Menumbuhkan Prestasi (Km-8)

loading...
I.1 Latar Belakang Masalah
Faktor insan dalan acara organisasi, antara pimpinan dengan staf dalam hubungan mereka satu sama lain yakni suatu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam perjuangan mencapai produktivitas yang optimal. Tidak ada perusahaan yang sanggup mengabaikan hubungan insan tersebut, walau imbalan bahan kepada tenaga kerjanya setinggi apapun.

Dalam kebanyakan organisasi, kita sanggup melihat orang-orang bekerja dalam kelompok dan tim untuk menuntaskan masalah. Kualitas setiap keputusan ialah fungsi dari proses-proses yang dipakai hingga membuahkan keputusan. Kaprikornus butuh perjuangan dan waktu yang cukup panjang dalam proses pengambilan keputusan. Proses yang diikuti oleh kelompok dalam memecahkan duduk kasus mempengaruhi kualitas solusinya.



Dalam kehidupan sehari-hari, pengertian diskusi ialah istilah yang sudah lazim dan sudah sama-sama kita kenal. Diskusi atau musyawarah ialah suatu cara untuk memecahkan duduk kasus (problem solving), acara diskusi ialah bab dari acara komunikasi kelompok. Diskusi dipandang sebagai acara pemecahan masalah, sebagai proses yang melibatkan dua atau lebih insan yang saling diberinteraksi satu sama lain atau berkomunikasi secara mulut dalam kelompok tatap muka yang kecil.
Suatu kelompok mempunyai tujuan yang hendak dicapai salah satunya yakni pemecahan duduk kasus (problem solving), dan pemecahan duduk kasus itu sanggup dilakukan dengan cara diskusi. Diskusi masalah biasanya diadakan untuk tujuan pengajaran yaitu diskusi suatu masalah yang disampaikan secara tertulis atau lisan. Kasus yang dibahas biasanya yakni terkena suatu keadaan faktual atau hipotesis yang dalam beberapa hal berafiliasi dengan bahan yang akan dipelajari kelompok. (Soemiati & Yusuf, 1985:91). Diskusi sanggup dibedakan menurut penerapannya, yaitu : apakah untuk mempersembahkan informasi, merangsang perhatian, memecahkan duduk kasus atau merangsang kreativitas. Titik berat dari sebagian diskusi-diskusi yang sengaja dilakukan yakni memusatkan perhatiannya pada pemecahan masalah.

Kelompok Pemecahan Masalah yakni : “ Sekumpulan individu yang bertemu untuk memecahkan suatu duduk kasus tertentu atau untuk mencapai suatu keputusan terkena beberapa duduk kasus tertentu “. (Devito, 1996:304).
Diskusi yakni : “ Memperbincangkan laba dan kerugiannya, bentuk pikiran atau perdebatan. Kaprikornus diskusi ialah : semacam pembicaraan bebas (free talk) yang diarahkan untuk pemacahan duduk kasus “. (Kartono, 1994:131).

PT. Radio Ardan Swaratama yakni salah satu radio swasta di Bandung. Ardan yakni sebuah stasiun radio anak muda yang dilengkapi kemudahan berupa music room (musro), café, internet (dapat didengar melalui kemudahan real audio diseluruh dunia), dan sebuah OB Van yang didiberi nama Cyber Obee (siaran eksklusif dari lokasi). Smart, cuek, positif, kreatif, low profile, dan peduli terhadap sekeliling yakni gaya siaran Ardan. Akan tetapi dengan banyaknya Radio swasta yang bermunculan, maka persaingan pun semakin ketat, oleh alasannya yakni itu salah satu cara untuk mengatasi persaingan tersebut yakni mendirikan sebuah department yang didiberi nama Bussines Development Department (BDD).

Bussines Development Department (BDD) ini dikepalai oleh seorang Head Of BDD, dan Bussines Development Department ini membawahi beberapa divisi, antara lain yaitu : yang pertama Ardan Music Studio, ialah studio musik yang dipergunakan untuk rental band, dan sanggup dipakai untuk ruangan meeting. Yang kedua Event , yang tidak spesialuntuk melakukan Event yang bersifat lokal, tetapi juga bersifat nasional, contohnya Event “Djarum Super Insomniac” dilaksanakan dibeberapa kota besar di Jawa ibarat Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Yang ketiga Café. Dan divisi yang terakhir dari BDD yakni Koperasi.
melaluiataubersamaini adanya event-event yang akan dilaksanakan, membuat para karyawan Event Department dituntut untuk mengeluarkan ilham mereka dalam diskusi pemecahan masalah, terkena konsep program yang akan dilaksanakan dalam event yang akan berlangsung. Begitu pula pada ketika event Semarak Pesta Fanta akan berlangsung, seluruh karyawan diminta untuk mengeluarkan ide-ide mereka terkena konsep program yang akan dilaksanakan nantinya dalam sebuah diskusi.

Model diskusi yang dipakai pada ketika diskusi berlangsung yakni model diskusi Brainstorming (curah pendapat), dimana tiruana akseptor diminta mengemukakan masukan secara cepat dan spontan, kemudian seluruh anggota mengevaluasi masukan tersebut. Pendapat atau ide-ide yang hadirnya dari sekelompok orang tentunya akan lebih berkarakter daripada yang hadirnya dari satu orang. Satu orang tidak sanggup menhadirkan argumentasi dan masukan yang cukup, hal tersebut penting untuk diperoleh guna mencapai satu jalan keluar atau solusi yang berkarakter. Masalahnya ialah apabila pengalaman dan latarbelakang pendidikan tiap individu dalam kelompok sanggup digali dan dimanfaatkan, kesudahannya (output) yang dikeluarkan juga tentu lebih berkarakter.

Event Semarak Pesta Fanta, tidak spesialuntuk dilaksanakan di Bandung tetapi dilaksanakan dibeberapa kota besar di Jawa yaitu Semarang, Bogor, Malang, Yogyakarta, dan Jakarta. Team pelaksana program “Semarak Pesta Fanta’ sepenuhnya dilaksanakan oleh Visicomm yang bekerjasama dengan Local Operation (daerah). Untuk pelaksanaan di Bandung Visicomm menunjuk Event Radio ardan sebagai Local Partner.

Tujuan utama dari program semarak Pesta Fanta yakni : yang pertama menguatkan positioning Fanta ‘hura-hura bareng kawan’ dengan mempersembahkan peluang kepada kawula muda untuk menikmati Fanta sekaligus mempersembahkan banyak sekali macam program yang menarikdanunik. Yang kedua meningkatkan loyalitas konsumen Fanta melalui peningkatan intensitas hubungan emosional konsumen dengan Fanta. Yang terakhir memmenolong Coca-cola Amatil untuk meningkatkan penjualan dan market share di wilayahnya.
Konsep program yang dilaksanakan pada Event Pesta Semarak Fanta yakni program musik yang diisi oleh Band Top Indonesia dan Band Local. Untuk pelaksanaan di Bandung Band Top Indonesia diisi oleh Coklat dan The Groove. Sedangkan untuk Band Local diisi oleh Kremlin, Cantique, D’lyreeks, Bobibenz, Copper Head, Beruang Madu, dan Cheers Leaders dari SMU BPI.

Selain dimeriahkan oleh program musik, Event Semarak Pesta Fanta dimeriahkan juga oleh stand-stand games ibarat paint ball, man table soccer, sharp shooting, dart game, remote control & race, lempar bola, lempar gelang. Selain stand game ada juga stand fortune teller, nail & hair coloring, temporary tattoo, pernak-pernik, junk food, traditional food, jajanan pasar, stand buah tangan dan stand merchandise.
Objek yang diteliti dalam penelitian ini dan yang menjadi responden yakni Karyawan Event Department Radio Ardan. Dari uraian yang sudah dijelaskan diatas, maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian terkena : “ Peranan Diskusi Pemecahan Masalah Pada (Event Semarak Pesta Fanta) Yang Dilakukan Oleh Event Department Radio Ardan Dalam Menumbuhkan Prestasi Kerja Karyawan ”.


Tag : Komunikasi
0 Komentar untuk "Peranan Diskusi Pemecahan Persoalan Pd Event Semarak Pesta Fanta Yg Dilakukan Oleh Event Department Radio Ardan Dalam Menumbuhkan Prestasi (Km-8)"

Back To Top