Peranan Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Dalam Membina Susila Siswa Kelas Ii Ma. Putra Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2006-2007 (Ai-46)

loading...
BAB
PENDAHULUAN 

A.                 Latar Belakang
Sebagai forum pendidikan Islam, semenjak pertama pertumbuhannya pondok pesantren sudah menampakkan dirinya sebagai lebaga pendidikan Islam yang mempunyai tugas penting dalam menanamkan etika , terutama pada para santrinya. Hal ini sanggup dilihat dari tujuan pendidikan pada pondok pesantren yang identik dengan tujuan pendidikan Islam, yakni “membentuk insan yang bisa merealisasikan idealitas yang Islami“ (Arifin, 1987 : 119). Idealitas Islami yang dimaksud di sini ialah mengandung nilai sikap insan yang didasarkan oleh iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sebagai sumber kekuatan mutlak yang harus ditaati.
Pondok Pesantren ialah forum yang cukup efektif dalam membina etika dan kesalihan anak setelah keluarga. Peran Pondok Pesantren dalam prinsipnya ialah membina jasmani dan rohani anak penerima didik. Pandangan ini sangat tidak sama dengan pandangan pendidikan barat yang sangat menekan kepada unsur jasmani manusia, dalam membentuk potensi yang ada di dalam diri anak didik. Pondok Pesantren idealnya memperjuangkan dalam operasionalnya pembentukan anak didik yang mempunyai paham keagamaan beraqidah Islam yang kuat, mempunyai niat nrimo mempunyai keberanian, mempunyai etos keilmuan, keterampilan dan etika yang mulia.

Salah satu penyakit akut yang diderita umat Islam Indonesia ialah dikhotomi antara apa yang disebut dengan “ilmu-ilmu keagamaan dengan ilmu-ilmu umum” pandangan dikotomi terhadap ilmu itu diproduksi terus menerus melalui lembaga-lembaga pendidikan baik pesantren maupun madrasah, sehingga muncul kesan bahwa “ilmu-ilmu umum” itu sebagai “bukan ilmu-ilmu Islam”.
Akibatnya umat Islam sering merasa gamang untuk menekuni “ilmu-ilmu umum” tersebut alasannya ialah dikesankan tidak berkaitan dengan urusan keagamaan yang berorientasi akhirat.
Jika yang dimaksud dengan ilmu umum itu mecakup ilmu Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan sebagainya. Itu termasuk ayat-ayat kauniyah yang justru diperintahkan Allah untuk diselidiki.
Para pemikir Islam era pertengahan menyerupai Ibnu Sina, Jabir Hayyah Albiruni dan beberapa pemikir muslim lainnya tidak menempatkan ilmu-ilmu itu di luar bingkai fatwa dasar Islam dengan bukti rill bahwa sedikitnya 648 ayat Al-Qur’an berkenaan dengan ilmu pengetahuan.
Bertolak dari alasan di atas, para penyelenggara pendidikan dalam hal ini pondok pesantren dibutuhkan mempersembahkan pelengkap pendidikan Islam dalam tiruana ranah disiplin ilmu pengetahuan, sebagai prinsip dasar aqidah, keimanan dan ketaqwaan yang tersimpul dan tersimpul dan terhujam berpengaruh didalam lubuk jiwa dan diaktualisasikan lewat eksklusif yang sholih, memadukan antara pengetahuan, sikap dan prilaku atau lebih menekankan pembentukan ranah apektif dan psikomotorik yang dilandasi oleh ranah kognitif dalam semboyan Islam penerima didik dibina dan dibutuhkan menjadi insan yang diberiman, diberilmu dan berinfak untuk mendapat kemuliaan dari tiruana lini kehidupan dan derajat yang tinggi disisi Allah SWT. Allah SWT. berfirman dalam surat Al- Mujadilah ayat 11: 
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ...(المجا دلة:11)
Artinya         :   Allah akan meninggikan orang-orang yang diberiman diantara engkau dan orang-orang yang didiberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Al-Qur’an dan Terjemahnya, Depaq RI, 1998: 910-911).

Madrasah Aliyah Putra Al- Islahuddiny salah satu forum pendidikan agama yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Islahuddiny, konsekwensinya forum ini juga berupaya, mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi.peserta didik dalam kedisiplinan, keteladanan untuk hingga kepada tingkat keshalihan santri dalam kedisiplinan, keteladanan, peribadatan dan berakhlakulkarimah. Seperti layaknya lembaga-lembaga yang sama, MA. Putra Al-Islahuddiny akan melewati kendala-kendala internal dan eksternal.
Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba melaksanakan penelitian dengan judul: Peranan Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny dalam Membina Akhlak Siswa Kelas II MA. Putra Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2006-2007.


Tag : Agama Islam
0 Komentar untuk "Peranan Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Dalam Membina Susila Siswa Kelas Ii Ma. Putra Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2006-2007 (Ai-46)"

Back To Top