Persepsi Siswa Sma Di Kota Makassar Terhadap Gambaran Universitas Hasanuddin (Studi Kasus Siswa/I Sma Negeri 17 Makassar Dan Sma Katolik Rajawali Makassar) (Km-14)

loading...
Persepsi pada hakikatnya yaitu ialah proses penilaian seseorang terhadap obyek atau insiden tertentu. Persepsi dipertamai dengan rangsangan menyerupai fenomena – fenomena yang terjadi dalam lingkungan sosial, kemudian timbul perhatian sehingga membentuk persepsi yang tidak sama-beda dalam setiap individu.

Saat fenomena dalam lingkungan sosial terjadi yang melibatkan obyek yang penting dalam masyarakat, secara tidak eksklusif setiap individu mulai membentuk persepsi yang tidak sama-beda. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai gambaran atau kesan yang tidak sama terkena realitas di sekelilingnya. Sehingga persepsi seseorang atau masyarakat mempunyai tugas penting salah satunya yaitu memilih gambaran suatu obyek. Salah satu obyek yang paling dipengaruhi oleh persepsi khalayaknya yaitu perusahaan atau lembaga. Suatu perusahaan atau forum sejatinya tidak pernah lepas dari publik sebagai stakeholders sehingga setiap fenomena atau insiden yang terjadi tentu saja sanggup memdiberi persepsi yang tidak sama-beda dari setiap publiknya yang kesannya akan besar lengan berkuasa ke gambaran perusahaan itu sendiri. Sehingga penting untuk menjaga persepsi publik tetap baik untuk membentuk gambaran perusahaan /lembaga yang baik (corporate image)


Citra (image) sanggup dikatakan sebagai persepsi masyarakat sebagai khalayak dari suatu forum / perusahaan dari adanya pengalaman, kepercayaan, perasaan, dan pengetahuan masyarakat itu sendiri terhadap perusahaan, sehingga aspek kemudahan yang dimiliki perusahaan, dan layanan yang disampaikan karyawan kepada konsumen sanggup mempengaruhi persepsi khalayak terhadap citra. Citra perusahaan tidak bisa direkayasa, artinya gambaran tidak hadir dengan sendirinya melainkan dibuat oleh masyarakat, dari upaya komunikasi dan keterbukaan perusahaan dalam perjuangan membangun gambaran aktual yang diharapkan. Salah satu forum yang citranya dipengaruhi oleh persepsi publiknya yaitu Universitas Hasanuddin.

Universitas Hasanuddin (Unhas) yaitu suatu forum pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bertempat di ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yaitu kota Makassar. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri terbesar di Indonesia bab Timur, penting bagi Unhas untuk menjaga gambaran ini di mata masyarakat kota Makassar. Citra yang aktual yaitu tujuan utama sekaligus ialah reputasi dan prestasi yang hendak dicapai oleh tiruana perusahaan dan lembaga. Tentunya untuk mencapai gambaran yang positif, Unhas sedianya harus membentuk persepsi yang baik dari setiap pihak - pihak yang berperan besar dalam memilih citranya (stakeholders).

Salah satu stakeholders atau pihak yang sanggup memilih keberhasilan Unhas yaitu siswa/I Sekolah Menengan Atas (Sekolah Menengah Atas). Siswa/I Sekolah Menengan Atas sebagai kelompok yang berada di luar Unhas yang juga mempunyai persepsi yang tidak sama-beda terhadap gambaran Unhas sehingga mempunyai tugas besar dalam memilih gambaran Unhas menurut persepsi mereka.

Dalam setiap sekolah khususnya sekolah unggulan pastinya mempunyai siswa/I yang berkompetensi tinggi dan siap bersaing secara global. Sekolah-sekolah unggulan baik negeri maupun swasta akan berusaha melatih siswa/I nya menjadi generasi muda yang bisa bersaing di segala bidang. Sekolah yang termasuk unggulan yang ada di Makassar yaitu Sekolah Menengan Atas Negeri 17 Makassar dan Sekolah Menengan Atas Kristen Rajpertamai. Sekolah – sekolah ini sudah terbukti sudah menghasilkan siswa/I unggulan dan berkompetensi. Sebagai generasi calon mahasiswa, siswa/I Sekolah Menengan Atas tentunya mempunyai pilihan-pilihan yang terbaik dalam memilih PTN.  Dalam perilaku mereka memilih pilihan Perguruan Tinggi Negeri terbaik tentunya didasari atas persepsi mereka sebelumnya, apakah gambaran Unhas yang yaitu Perguruan Tinggi Negeri terbesar di Indonesia Timur cukup memdiberi dampak yang baik bagi siswa/I ini dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri terbaik mereka.

Untuk mengetahui gambaran Unhas di mata masyarakat terutama menurut persepsi siswa/I sebagai stakeholdernya, dibutuhkan adanya suatu penelitian. H. Frazier Moore mengungkapkan pentingnya penelitian wacana gambaran memilih sosok institusional  dan gambaran perusahaan dalam pikiran public dengan mengetahui secara niscaya perilaku masyarakat terhadap suatu lembaga/perusahaan, bagaimana mereka memahami dengan baik, dan apa yang mereka sukai dan tidak sukai wacana lembaga/perusahaan tersebut.

melaluiataubersamaini melaksanakan penelitian citra, diperlukan pihak Universitas Hasanuddin sanggup mengetahui secara niscaya perilaku dan persepsi siswa/I Sekolah Menengan Atas terhadap Unhas, dan factor-faktor apa yang mempengaruhi persepsi mereka. Selain itu juga sanggup memdiberi isu untuk mengevaluasi kebijaksanaan, memperbaiki kesalahpahaman, memilih daya tarik pesan kekerabatan masyarakat, dan meningkatkan gambaran Universitas dalam pikiran publik.

     Dilatarbelakangi hal-hal menyerupai yang terpapar di atas, maka       peneliti  merasa perlu untuk mengadakan penelitian dengan judul :

“PERSEPSI  SISWA-SISWA Sekolah Menengan Atas DI KOTA MAKASSAR TERHADAP CITRA UNIVERSITAS HASANUDDIN (STUDI KASUS SISWA/I Sekolah Menengan Atas NEGERI 17 MAKASSAR DAN Sekolah Menengan Atas KATOLIK RAJAWALI MAKASSAR)”


Tag : Komunikasi
0 Komentar untuk "Persepsi Siswa Sma Di Kota Makassar Terhadap Gambaran Universitas Hasanuddin (Studi Kasus Siswa/I Sma Negeri 17 Makassar Dan Sma Katolik Rajawali Makassar) (Km-14)"

Back To Top