Studi Pembuatan Flakes Jewawut (Setaria Italica) (Prt-159)

loading...
Indonesia mempunyai sumber daya yang cukup untuk menjamin ketahanan pangan bagi penduduknya. Program pengguakaragaman pangan oleh pemerintah berbahan non beras sangat penting dilakukan semoga masyarakat dibiasakan mengkonsumsi berguakaragam masakan pokok selain beras. Upaya peningkatan hasil pertanian sebagai salah satu bidang penyedia materi masakan pun terus dilakukan. Tetapi, sumber pangan tersebut tidak mencukupi kebutuhan. Salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut yaitu perlu dilakukan upaya diversifikasi materi pangan pokok yaitu dengan memanfaatkan materi pangan alternatif antara lain jewawut, jagung, sorghum, kentang, singkong, ubi jalar, gandum dan lain-lain.

Jewawut yaitu sejenis serealia berbiji kecil yang memiliki nilai kandungan gizi yang ibarat dengan tanaman pangan lainnya ibarat padi, jagung, gandum, dan tanaman biji-bijian yang lain. Di Indonesia sendiri memanfaatkan jewawut pada dikala ini masih belum banyak dikenal, penerapannya juga belum berkembang di masyarakat. Selain itu jewawut masih terbatas dipakai dilingkup penelitian. Oleh  karena  itu perlu  dilakukan teknologi pengolahan komoditas pangan yang   sesuai,   seperti   penyajian biji-bijian semoga lebih menarikdanunik  untuk dikomsumsi atau dilakukan sosialisasi jewawut dalam bentuk pangan yang disukai oleh masyarakat serta dibutuhkan sanggup meningkatkan kandungan gizinya.


Sebagai produk sereal, jewawut sanggup dimanfaatkan menjadi produk siap saji misalnya dalam bentuk flakes. Produk sereal sarapan siap santap ialah salah satu produk pangan yang cukup digemari oleh masyarakat yang semakin menginginkan kepraktisan serta kegampangan. Hal ini disebabkan terutama lantaran keterbatasan waktu pada pagi hari untuk menyiapkan masakan sarapan.

 Flakes ialah masakan sarapan siap saji yang berbentuk lembaran tipis, berwarna kuning kecoklatan serta biasanya dikonsumsi dengan penambahan susu sebagai sajian sarapan. Produk ini sanggup diolah dengan teknologi sederhana, waktu yang singkat dan cepat dalam penyajian. Untuk mencoba menjawaban permasalahan terkena sarapan ibarat sudah dikemukakan di atas, maka dibutuhkan suatu bentuk masakan yang mudah serta sanggup cepat disajikan untuk sarapan pagi. Diharapkan sereal sarapan siap saji/ RTE( Ready-to-eat ) dari jewawut, sanggup dijadikan salah satu bentuk masakan yang sanggup eksklusif dikonsumsi atau spesialuntuk memerlukan sedikit waktu untuk persiapannya.


0 Komentar untuk "Studi Pembuatan Flakes Jewawut (Setaria Italica) (Prt-159)"

Back To Top