Analisis Imbas Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proparindo Jasa Tama Makassar (Pm-31)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
         melaluiataubersamaini semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi akan memicu persaingan dalam perekonomian tersebut, perusahaan dituntut untuk sanggup menyusun dan menerapkan suatu taktik pemamasukan yang sempurna sesuai dengan situasi dan kondisi pasar dan bisa memanfaatkan peluang yang ada.
         Pemamasukan ialah salah satu faktor penting dalam proses kegiatan perusahaan, di mana kegiatan pemamasukan secara pribadi mengarahkan pada pencapaian tujuan perusahaan yang salah satunya yakni peningkatan volume penjualan yang ujung-ujungnya memperoleh sejumlah keuntungan yang optimal, sehingga sanggup dikatakan bahwa keuntungan diperoleh suatu perusahaan ialah pencerminan dari keberhasilan acara pemamasukan perusahaan itu sendiri.
         Salah satu upaya yang ditempuh oleh perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan yakni perlunya ditunjang taktik pemamasukan melalui orientasi bauran pemamasukan yang mencakup produk, harga, promosi, dan distribusi. Dari keempat variabel dalam bauran pemamasukan tersebut yang menjadi salah satu titik tolak yakni harga. Penentuan harga bertujuan untuk mendorong penjualan dalam pemamasukan suatu barang dan jasa, dan juga bersaing dalam perjuangan untuk meningkatkan volume penjualan.

         Memuaskan pelanggan dengan produk yang berkarakter tinggi ialah kunci prestasi yang menguntungkan. Fungsi pemamasukan dalam perusahaan bertugas menentukan sasaran pelanggan serta cara terbaik untuk memuaskan kebutuhan dan impian mereka secara bersaing dan menguntungkan.
Salah satu teori pendukung atas Bauran pemmasukan dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pemamasukan yakni :
“Bauran Pemmasukan yakni proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk mempersembahkan informasi terkena barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan impian manusia”

         Untuk mencapai sasaran efisiensi tertentu dan seterusnya menghasilkan keuntungan yang diharapkan,  perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan fungsionalnya yaitu bidang pemamasukan, produksi, keuangan, dan administrasi, masing – masing bidang ini ialah kegiatan yang menuntut spesialisasi tersendiri dengan programnya masing – masing. Selanjutnya untuk menghasilkan keuntungan yang dibutuhkan perusahaan harus memperhatikan problem harga, dimana harga yakni salah satu variabel pemamasukan yang perlu diperhatikan oleh manajemen perusahaan alasannya yakni harga akan pribadi mempengaruhi besarnya volume penjualan dan keuntungan yang dicapai oleh perusahaan.
         Kebijaksanaan perencanaan produk, penyaluran barang maupun penerapan media promosi yang baik tidak akan menghasilkan sesuatu jika kebiaksanaan ihwal harga tidak ikut diperhatikan. melaluiataubersamaini demikian harga sebuah produk atau jasa ialah faktor penentu utama ajakan pasar, selain itu harga juga mempengaruhi bab posisi, persaingan dan bab satu kecerdikan dalam arti bahwa harga yang diputuskan sanggup terjangkau sesuai dengan tingkat kemampuan konsumen dan dilain pihak tidak merugikan perusahaan itu sendiri. Makara suatu perusahaan harus menerapkan harga yang mempunyai daya saing yang kuat, dimana jika didukung oleh kegiatan pengawasan lainnya dan manajemen yang baik maka dibutuhkan perusahaan tersebuat akan bisa menghargai para pesaing. Makara dalam kegiatan penjualan, konsumen harus mendapat perhatian sepenuhnya, alasannya yakni konsumen mempunyai kebebasan dalam menentukan suatu barang yang disenanginya.

Bauran Pemamasukan berdasarkan Kotler (1997:92) :
“Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih mempunyai arti bauran pemamasukan yakni kumpulan dari variabel-variabel pemamasukan yang sanggup dikendalikan yang dipakai oleh suatu tubuh perjuangan untuk mencapai tujuan pemamasukan dalam pasar samasukan”

Menurut Stanton (1978) yakni :
“Bauran pemamasukan yakni kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang ialah inti dari sistem pemamasukan perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusI”

Ada banyak alat pemamasukan, McCarthy mempopulerkan santunan kiat pemamasukan ke dalam 4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product, price, place, and promotion” (cited in Kotler, 1992:92).
         melaluiataubersamaini menentukan harga yang sesuai berarti perusahaan sudah membuat suatu peluang gres dalam memasarkan hasil produksinya atau barang dagangannya, sehingga sanggup menghadapi saingan-saingan yang ada dalam wilayah pemamasukannya.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis akan mengulas ihwal     
               
“Analisis Pengaruh Bauran Pemamasukan Terhadap Volume Penjualan Produk Pada PT. Proparindo Jasa Tama Makassar“.


0 Komentar untuk "Analisis Imbas Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proparindo Jasa Tama Makassar (Pm-31)"

Back To Top