Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Bintang Selatan Di Makassar (Pm-35)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam kala globalisasi cukup umur ini ditandai oleh adanya kemajuan teknologi dan selain itu banyak perusahaan pesaing yang bermunculan dengan mengatakan jenis produk yang berkarakter dengan harga yang bersaing. Oleh alasannya itu perusahaan perlu lebih profesional dalam mengelola unit usaha.
Persaingan yang ketat menjadikan perusahaan susah untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Di pasar yang sudah ada, terlalu banyak produk dengan banyak sekali keunggulan serta nilai lebih yang ditawarkan oleh para pesaing, sehingga susah bagi perusahaan untuk merebut pangsa pasar pesaing. Di sisi lain, untuk memasuki pasar gres memerlukan biaya cukup besar. Hal ini memperlihatkan bahwa biaya yang diharapkan untuk mendapat pelanggan gres 6 kali lebih besar dari biaya untuk mempertahankan pelanggan. (Hasan, 2008 : 78)

Pemasar pada umumnya menginginkan bahwa pelanggan yang diciptakannya sanggup dipertahankan selamanya. Ini bukan kiprah yang simpel mengingat                    perubahan-perubahan sanggup terjadi setiap saat, baik perubahan pada diri pelanggan, ibarat selera maupun aspek-aspek psikologis serta perubahan kondisi lingkungan yang mempengaruhi aspek-aspek psikologis, sosial dan kultural pelanggan.
Perubahan lingkungan ekonomi yang berdampak pada proses keputusan beli pelanggan. Daya beli konsumen yang menurun tajam sudah mengondisikan konsumen pada situasi yang lebih terbatas menyangkut pilihan produk yang diinginkannya. Meskipun pemasar sudah mempunyai segmen pelanggan yang dianggap loyal, namun tekanan-tekanan persaingan yang gencar sengaja diarahkan untuk mengubah loyalitas pelanggan.
Masalah loyalitas pelanggan sangatlah penting untuk diperhatikan oleh perusahaan dalam pemamasukan. Demikian halnya dengan PT. Sinar Bintang Selatan yakni sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pabrik biskuit merek Marie. Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan pelanggan ialah memperhatikan loyalitas pelanggan. 
Loyalitas pelanggan ialah kesepakatan pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melaksanakan pembelian ulang produk jasa terpilih secara konsisten di masa yang akan hadir, meskipun imbas situasi dan usaha-usaha pemamasukan mempunyai potensi untuk menjadikan perubahan perilaku.          (Hurriyati, 2005 : 130)
Berdasarkan uraian terkena pentingnya loyalitas pelanggan maka hal ini diteliti terkena produk biskuit yang diproduksi oleh perusahaan PT. Sinar Bintang Selatan di Makassar, mengingat bahwa semakin banyak jenis ragam merek dan rasa biskuit, sehingga dituntut adanya loyalitas pelanggan terhadap keputusan dalam pembelian produk biskuit merek Marie.
Berdasarkan uraian latar belakang yang sudah dikemukakan maka penulis menentukan judul skripsi ini sebagai diberikut : Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Bintang Selatan di Makassar.


0 Komentar untuk "Analisis Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Bintang Selatan Di Makassar (Pm-35)"

Back To Top