Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits Pada Siswa Kelas Viii Semester Ii Mtsn Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (Pai-53)

loading...

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih ditemukan banyak dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari yang belum sanggup membaca atau melafalkan abjad Arab apalagi menghafal dan menulis abjad Arab dengan baik dan benar padahal itu tiruana berada dalam materi pelajaran al-Qur’an Hadits. Penulis sanggup menyimpulkan demikian, alasannya penulis melakukan kegiatan PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari dan menjumpai banyak siswa-siswi yang belum sanggup membaca dan melafalkan abjad Arab.
Rumusan duduk perkara dalam penulisam skripsi ini yakni (1) Bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini yakni (1) Untuk mengetahui bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung g. (3) Untuk mengetahui bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Skripsi ini bermanfaa bagi penulis untuk menyebarkan ilmu teoritis yang diterima di kursi kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti sanggup menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui implementasi metode drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dipakai untuk memperoleh data wacana persiapan, pelaksanaan dan penilaian implementasi metode drill pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN Pulosari yang dipakai sebagai hasil penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi dipakai untuk menggali data wacana sejarah berdirinya forum pendidikan, letak geografis forum pendidikan, keadaan tenaga pengajar, struktur organisasi, dan keadaan anakdidik.
Sesudah penulis mengadakan penelitian dengan memakai beberapa metode diatas, maka hasil dari penelitian sanggup disimpulkan (1) persiapan dalam pengajaran Al Qur’an Hadits sangat penting khususnya penguasaan terhadap metode pembelajarannya. Salah satu metode yang dipergunakan yakni metode drill (tes siap). Metode drill (tes siap) yakni suatu cara menyajikan materi pelajaran dengan jalan melatih siswa supaya menguasai pelajaran dan terampil. Adapun persiapan dalam penerapan metode drill ini yakni penyajian materi harus bersiklus dalam bentuk kegiatan persiapan, merumuskan tujuan khusus yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, mengatur tempat, mengadakan percobaan terlebih lampau sebelum metode ini dilaksanakan. (2) Pelaksanaan metode drill secara terang kegiatan pembelajaran dengan memakai metode ini dilakukan melalui langkah-langkah sebagai diberikut : (a) Siswa didiberikan penjelesan wacana materi, (b) Guru merangkumkan materi, (c) Guru mempersembahkan pertanyaan kepada siswa, (d) Guru bersama siswa mengulangi materi yang gres dibahas. (d) Untuk pertemuan selanjutnya siswa didiberi kiprah untuk menghafalkan. (3) Penilaian metode drill menekankan pada pemahaman materi serta penghafalannya. Misalkan : siswa memahami suatu teks bacaan al Qur’an beserta artinya, pembacaan teks dengan benar, dan penghafalannya. Guru juga mempersembahkan penilaian ulang serta membimbing siswa yang belum bisa melakukan kiprah yang didiberikan.
0 Komentar untuk "Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits Pada Siswa Kelas Viii Semester Ii Mtsn Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (Pai-53)"

Back To Top