Efektifitas Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Pokok Bahasan Segitiga Dengan Memakai Lks Matematika Berbasis Life Skill” (Pmt-50)

loading...


Model pembelajaran matematika dengan memakai lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill menjadi salah satu alternatife model pembelajaran. Pembelajaran ini dipertamai dengan pemdiberian problem kepada siswa untuk dipecahkan, diperlukan sanggup mencapai tujuan lebih baik. Melihat kondisi pembelajaran matematika di MTs PSM Tguan, diusulkan dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran matematika dengan memakai Lomba Kompetensi Siswa matematika berbasis life skill. Permasalahan dalam penelitian ini ialah apakah prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran matematika dengan memakai Lomba Kompetensi Siswa matematika berbasis life skill pada pokok bahasan segitiga lebih efektif dibandingkan prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran konvensional?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah prestasi matematika siswa pada penerapan model pembelajaran matematika dengan memakai Lomba Kompetensi Siswa matematika berbasis life skill pada pokok bahasan segitiga lebih efektif dibandingkan prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII MTs PSM Tguan tahun pelajaran 2009/2010. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah model Pembelajaran matematika dengan memakai lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill dan variabel terikat ialah prestasi matematika dengan model pembelajaran matematika dengan memakai lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill. Teknik pengambilan data dengan lembar observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis uji t.

Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai prestasi matematika siswa sebesar 11.31 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 1.448. Dari hasil uji statistik t satu pihak diperoleh t hitung = 2.839.melaluiataubersamaini taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel =2.68. Makara t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga Ho ditolak. Hal ini berarti prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran matematika dengan memakai lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill lebih efektif dari prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran konvensional.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ialah prestasi matematika siswa pada pokok bahasan segitiga dengan menerapkan model pembelajaran matematika dengan memakai lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill lebih efektif dari pada prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran konvensional. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu guru diperlukan sanggup membuat situasi pembelajaran yang bermakna bagi siswa dengan cara mengaitkan bahan yang diajarkan dengan situasi dunia konkret siswa. Peneliti lain diperlukan sanggup melaksanakan penelitian ini dengan lingkup yang lebih luas.
0 Komentar untuk "Efektifitas Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Pokok Bahasan Segitiga Dengan Memakai Lks Matematika Berbasis Life Skill” (Pmt-50)"

Back To Top