loading...
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang kian pesat dan perubahan global dalam berbagai aspek kehidupan yang hadir begitu cepat menjadi tantangan bangsa dalam mempersiapkan generasi masa depan, termasuk penerima didik.
Untuk menghadapi dinamika dan mengantisipasi persoalan-persoalan kemungkinan besar sudah atau akan terjadi dalam bidang pendidikan perlu disiapkan perangkat aturan atau kurikulum yang berbasis kompetensi. Kompetensi tersebut diharapkan dapat mengembangkan ketrampilan dan keahlian untuk dapat mempertahankan hidup di tengah perubahan dunia yang tiba-tiba, cepat, rumit, tidak niscaya dan tidak menentu.
SMP Negeri 1 Adiwerna termasuk sekolah unggulan di Kabupaten Tegal dan sekolah yang berstandar nasional (SSN) dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum 2004 yang berbasis pada kompetensi. Namun kenyataannya berdasarkan pengamatan dan pengalaman guru pengajar matematika Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Adiwerna, masih banyak siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi Pythagoras masih mengalami kendala dan belum memperoleh hasil yang memuaskan. Hal ini bisa dilihat dari hasil ulangan harian untuk pokok bahasan tersebut diatas mempunyai rata-rata nilai 65,1 padahal nilai batas tuntas sekolah yaitu 67.
Mengingat kondisi tersebut di atas, maka dalam pembelajaran matematika, peneliti berupaya untuk merancang model pembelajaran dan pendekatan serta pemilihan media yang tepat supaya tujuan pembelajaran matematika berhasil.
Minat siswa perlu dibangkitkan dalam proses pembelajaran dengan variasi pembelajaran yang menarik, sehingga nantinya dapat mengerjakan soal dengan benar. Misalnya nilai tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan atau praktek langsung pada benda-benda kongkret yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari (contextual problem).
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan Pythagoras terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal semester gasal tahun pelajaran 2006-2007. untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual tersebut maka langkah yang perlu diambil adalah membandingkan hasil pembelajaran tahun lalu dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kontekstual.
Tag :
Pendidikan,
Pendidikan Matematika
0 Komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Berguru Siswa Kelas Viii I Smp N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Dalam Pokok Bahasan Pythagoras (Pmt-8)"