loading...
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan yang sangat pesat terjadi dalam banyak sekali bidang ibarat politik, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini ialah ciri/karakter dari dinamika di periode 21 yang ialah periode informasi. Seiring dengan perubahan tersebut, forum pendidikan mempunyai peranan penting dalam memmenolong mempersiapkan penerima didik supaya bisa hidup secara produktif di tengah masyarakat dengan banyak sekali permasalahan yang dihadapinya.
Salah satu cara untuk mengantisipasi perubahan yang pesat tersebut, maka pendidikan yang spesialuntuk menekankan pada penanaman konsep (produk) menjadi tidak sesuai lagi. Selain penanaman konsep, pendidikan remaja ini harus bisa menyebarkan kecakapan-kecakapan yang berkhasiat untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan. Kecakapan ini sering disebut dengan Life Skills. Dalam kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi) sudah diupayakan untuk mensinergikan banyak sekali mata pelajaran dengan kecakapan hidup (Life Skills) sebagai pengalaman belajar. Pengalaman berguru tersebut diperlukan bisa menyebarkan potensi yang dimiliki penerima didik, sehingga siap dipakai untuk memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru MA Al Asror Semarang didapatkan bahwa rata-rata nilai harian siswa kelas X pada materi virus dan
monera masih rendah. Nilai harian siswa pada tahun 2003/2004 dan tahun
2004/2005 secara klasikal <6,5. Dari hasil wawancara juga diketahui bahwa kegiatan siswa rendah dan siswa cenderung pasif. Hal ini dimungkinkan alasannya yakni metode pembelajarannya cenderung teoritik yaitu guru masih memakai metode ceramah. Kaprikornus dalam proses pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru.
Model pembelajaran iqro’ yakni suatu model pembelajaran yang lebih menitikberatkan pada kegiatan siswa dan guru spesialuntuk bertindak sebagai fasilitator.
Model pembelajaran iqro’ mempunyai tiga sintaks yaitu eksplorasi, konseptualisasi, dan komunikasi. melaluiataubersamaini model pembelajaran iqro’ siswa diajak untuk aktif mengeksploitasi lingkungan disekitar siswa, baik lingkungan alam, sosial, budaya, agama dan sebagainya. melaluiataubersamaini memanfaatkan lingkungan atau alam sekitar diperlukan pembelajaran biologi akan lebih sangat senang dan lebih simpel untuk dipahami sehingga siswa sanggup mencapai hasil yang lebih baik, siswa juga sanggup mempelajari banyak sekali konsep dan cara mengkaitkannya dengan kehidupan nyata, sehingga hasil belajarnya lebih berdaya guna bagi kehidupannya.
Berdasarkan masalah-masalah yang ada dan segala sesuatu yang mendukung, penulis berkeinginan untuk menerapkan model pembelajaran iqro’ pada materi prinsip-prinsip klasifikasi, virus, dan monera. melaluiataubersamaini demikian diperlukan hasil berguru siswa lebih meningkat dan kecakapan hidup siswa sanggup lebih ditingkatkan serta dalam kehidupan di masyarakat sanggup mengaplikasikan kecakapan yang dimiliki untuk mengatasi masalah/problem yang dihadapi.
Tag :
Pendidikan Biologi
0 Komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Iqro’ Guna Meningkatkan Ketercapaian Kecakapan Hidup Siswa Pada Pembelajaran Prinsip-Prinsip Klasifikasi, Virus, ..(Pbio-2)"