Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Nilai Penjualan Semen Pada Pt. Semen Bosowa Maros (Pm-30)

loading...
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Komitmen pemerintah untuk meningkatkan investasi di Indonesia sudah menyebabkan banyaknya peluang industri yang sedang berkembang ketika ini, dan ialah suatu hal yang menarikdanunik untuk mengulas tiruana peluang yang ada. Namun, di antara tiruana peluang bisnis yang ada (khususnya di wilayah Sulawesi Selatan ini) yang cukup kasat mata pertumbuhannya ialah sektor pembangunan. Dalam satu dekade terakhir kita sanggup melihat ada begitu banyak pembangunan perumahan, ruko, gedung perkantoran, gedung bisnis, pembangunan ruas-ruas gres jalanan, dan masih banyak lagi. Tentu ini menyimpan potensi bisnis yang sangat luar biasa bagi setiap pelaku perjuangan di dalamnya.
Salah satu perusahaan yang berkecimpung di industri ini ialah adalah PT. Semen Bosowa Maros. Selaku perusahaan penyedia materi baku bangunan yang berpusat di Sulawesi Selatan dan sudah sangat dikenal di wilayah ini. PT. Semen Bosowa Maros ketika ini bukanlah pemain gres di industri ini. PT. Semen Bosowa Maros sudah berhasil membangun sebuah brand image yang cukup berpengaruh di dalam ruang pasar komoditas semen, bukan spesialuntuk di Sulawesi Selatan tapi juga sampai ke luar pulau.

 
Namun, tidak sanggup juga dipungkiri bahwa PT. Semen Bosowa Maros tidak sendiri di dalam industri ini, ada beberapa pesaing yang sanggup dikatakan sangat kuat. PT. Semen Bosowa Maros memegang 40% pangsa pasar untuk wilayah Indonesia Timur. Namun secara nasional, PT. Semen Bosowa Maros gres menguasai 5% pangsa pasar semen di Indonesia. Sehubungan dengan adanya persaingan yang berpengaruh dalam memanfaatkan setiap peluang perjuangan yang ada, maka dianggap penting bagi perusahaan untuk memakai konsep pemamasukan yang sempurna dan menetapkan taktik pemamasukan yang efektif dan efisien.
Pemamasukan ialah aspek yang sangat penting dalam perkembangan suatu usaha. Tanpa adanya pemamasukan yang baik, maka suatu perjuangan tidak akan sanggup bergerak sebagaimana mestinya. Salah satu bab dari administrasi pemamasukan yang menjadi kunci jawabanan dalam memperkenalkan dan mempertahankan produknya ialah melalui aktivitas promosi. Promosi itu sendiri ialah membuat komunikasi antara penjual dan pembeli untuk memengaruhi tindakan dan perilaku pembeli.
Tujuan utama promosi ialah memdiberi informasi, menarikdanunik perhatian dan selanjutnya memdiberi efek terhadap meningkatnya penjualan. Kecil kemungkinan bagi suatu produk untuk dibeli konsumen jikalau mereka tidak mengetahuinya dan tugas dari perusahaan di sini ialah mempersembahkan isu kepada konsumen terkena keberadaan produk perusahaan.
 
Terdapat banyak cara promosi yang sanggup dipilih perusahaan dalam memasarkan produknya. Adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk melakukan aktivitas promosi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan nilai penjualan produknya. Berdasarkan Laporan Data Penjualan tahun 2003-2009 dan Laporan Beban Penjualan tahun 2003-2009 dari PT. Semen Bosowa Maros, maka sanggup dilihat pergerakan nilai penjualan semen dan biaya promosi pada PT. Semen Bosowa Maros sepanjang tahun 2003-2009 sebagai diberikut:
Tabel 1.1.
Fluktuasi Nilai Penjualan dan Biaya Promosi Tahun 2003-2009
Tahun
Nilai Penjualan
Persentase
Biaya Promosi
Persentase
2003
 Rp  283,753,748,123
-
 Rp  2,155,822,295
-
2004
 Rp  288,066,191,008
1.520
 Rp  2,017,324,277
-6.424
2005
 Rp  361,441,845,703
25.472
 Rp  2,246,535,261
11.362
2006
 Rp  431,699,124,416
19.438
 Rp  3,216,330,761
43.168
2007
 Rp  535,172,657,136
23.969
 Rp  3,836,673,218
19.287
2008
 Rp  682,726,473,076
27.571
 Rp  4,930,284,111
28.504
2009
 Rp  633,698,553,541
-7.181
 Rp  5,962,586,482
20.938
Sumber: PT. Semen Bosowa Maros (Data Diolah)

 

Dari data di atas, maka sanggup dilihat bahwa sepanjang tahun 2003-2008, nilai penjualan semen PT. Semen Bosowa Maros terus meningkat dari tahun ke tahun, namun pada tahun 2009 terjadi penurunan sebesar 7,181%. Berbeda dengan Nilai penjualan, di mana pada tahun 2004 terjadi penurunan sebesar 6,424% namun untuk tahun-tahun selanjutnya, biaya promosi terus mengalami kenaikan.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk mereview relasi antara bauran promosi terhadap nilai penjualan semen pada PT. Semen Bosowa Maros. Oleh alasannya ialah itu, penulis mengangkat judul “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Nilai Penjualan Semen Pada PT. Semen Bosowa Maros”.


0 Komentar untuk "Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Nilai Penjualan Semen Pada Pt. Semen Bosowa Maros (Pm-30)"

Back To Top