Analisis Dampak Rasio Rentabilitas Dan Likuiditas Terhadap Capital Adequacy Ratio (Car) Pada Bank Pemerintah Di Indonesia (Ke-79)

loading...

Beberapa faktor yang kuat terhadap tingkat kesehatan bank antara lain ialah rentabilitas dan likuiditas yang sanggup diwakili dengan rasio-rasio keuangan yang sanggup dipakai untuk memprediksi kesehatan dari segi capital (CAR) terutama rasio rentabilitas yaitu Return On Assets (ROA), dan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), serta rasio likuiditas yaitu Loan to Deposit Ratio (LDR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji imbas Rasio Rentabilitas dan Likuiditas terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Bank Pemerintah di Indonesia periode tahun 2003 sampai 2010. Hasil penelitian ini dibutuhkan sanggup mempersembahkan donasi bagi para praktisi dalam menjaga tingkat kesehatan bank.


Data yang dipakai dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan Publikasi Bank Pemerintah periode tahun 2003 sampai 2010. Penelitian ini memakai populasi dari bank pemerintah di Indonesia yaitu dengan jumlah 4 bank.

Teknik analisis yang dipakai ialah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dilengkapi uji perkiraan klasik normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi untuk menerima model estimasi linier yang tidak bias. Hipotesis diuji memakai t-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara gotong royong (simultan) pada level of significance 5%.

Selama periode pengamatan mengatakan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari perkiraan klasik, hal ini mengatakan bahwa data yang tersedia sudah memenuhi syarat untuk memakai model persamaan regresi linier berganda.

Hasil penelitian mengatakan bahwa variable ROA dan BOPO secara parsial kuat signifikan terhadap CAR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, sementara LDR secara parsial tidak kuat signifikan terhadap CAR pada Bank Pemerintah di Indonesia periode 2003-2010. Secara simultan, ROA, BOPO, dan LDR terbukti kuat signifikan terhadap CAR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05.
Tag : Keuangan
0 Komentar untuk "Analisis Dampak Rasio Rentabilitas Dan Likuiditas Terhadap Capital Adequacy Ratio (Car) Pada Bank Pemerintah Di Indonesia (Ke-79)"

Back To Top