Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Mencar Ilmu Dengan Prestasi Mencar Ilmu Siswa (Bk-4)

loading...


Penelitian ini ialah penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perhatian orang renta dengan prestasi mencar ilmu siswa, hubungan antara minat mencar ilmu dengan prestasi mencar ilmu siswa, dan antara perhatian orang renta dan minat belajar  dengan prestasi mencar ilmu siswa, dan proteksi efektif antara perhatian orang renta dan minat mencar ilmu dengan prestasi mencar ilmu siswa kelas II Sekolah Menengan Atas PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas II Sekolah Menengan Atas PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005 sebanyak 150 siswa dan diambil sebagai sampel sebanyak 38 siswa. Adapun metode sampling yang dipakai ialah proporsional random sampling dengan sistem undian. Pengumpulan data dalam penelitian ini memakai angket tertutup untuk masing-masing variabel. Dalam pengujian hipotesis pertama dan kedua dipakai analisis regresi ganda. Kriteria penolakan  dan penerimaan uji hipotesis memakai taraf signifikan  5 %.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata hipotesis yang diajukan sanggup diterima. Terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara perhatian orang tua, prestasi mencar ilmu siswa, ada hubungan yang positip antara minat mencar ilmu dengan prestasi mencar ilmu siswa. Dan ada hubungan yang positip antara perhatian orang renta dan minat mencar ilmu dengan prestasi mencar ilmu siswa  kelas II Sekolah Menengan Atas PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005. melaluiataubersamaini koefisien determinannya ( R2 ) = 0,381 Perhatian orang renta berada pada kategori sedang dengan prosentase 78,9 %, minat mencar ilmu pada kategori tinggi  dengan prosentase 92,1 %, dan prestasi mencar ilmu siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 63,1 %. Adapun proteksi efektif yang didiberikan secara keseluruhan, oleh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 102,6%.

0 Komentar untuk "Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Mencar Ilmu Dengan Prestasi Mencar Ilmu Siswa (Bk-4)"

Back To Top