Analisis Terusan Dan Marjin Pemasaran Brondong Jagung Di Perusahaan …(Prt-56)

loading...
BAB I 
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang.
Kecamatan Pguakan terletak di sebelah timur lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 500 – 700 m dpal dengan luas wilayah 7.035.736 ha. Kondisi alam pepegununganan dengan habitat flora hutan perkebunan, flora pangan, hortikultural. Untuk flora pangan yang lebih banyak didominasi ialah padi, jagung dan ubi jalar, diantara ketiga jenis flora tersebut yang paling luas ialah flora jagung, alasannya flora jagung sanggup di tanam di tanah sawah maupun tanah tegal, sehingga luas pertanaman atau luas pguan flora jagung dalam satu tahun mencapai 2.411 ha dengan produksi total 171.451 kw. Sedangkan memanfaatkan hasil pguan jagung ini untuk sementara ini masih banyak yang dipakai sebagai pemenuhan pakan ternak ayam, jadi petani menjualnya berupa jagung pipilan kering.
Dalam upaya mencari alternatif memanfaatkan hasil pguan jagung tersebut di Kelurahan / Kecamatan Pguakan pada tahun 2002 ini bangkit Perusahaan Camilan “Sejo Agung” yang hasil produksinya ialah brondong jagung. Pada proses agroindustri brondong jagung tersebut melibatkan pemasak materi baku, materi penolong, tenaga kerja, modal dan lembaga-lembaga pemamasukan yang mempunyai tugas dan kepentingan tidak sama dalam suatu sistem agroindustri. Kendala yang dihadapi perusahaan Agroindustri Brondong Jagung di Perusahaan Sejo Agung antara lain : (1) ketersediaan materi baku yang tidak kontinyu (2) proses pengolahan yang memakai teknologi yang masih sederhana sehingga mutu/kualitas masih perlu ditingkatkan, (3) keterbatasan modal pengusaha untuk penyediaan materi baku, (4) pemamasukan belum sanggup memanfaatkan pasar lokal. Kendala tersebut di atas timbul alasannya mungkin masih terbatasnya pemahaman perusahaan wacana hal ikwal Agribisnis maupun agroindustri. Sedang prospek pasar bagi perusahaan Agroindustri brondong jagung di Perusahaan Sejo Agung nampaknya masih luas alasannya pasar lokal ( Magetan ) belum dimanfaatkan secara terbaik dan perusahaan Agroindustri Brondong jagung di Kabupaten Magetan juga gres satu-satunya yaitu perusahaan Sejo Agung ini

Oleh alasannya agroindustri brondong jagung ialah bab dari sistem agribisnis yang memproses dan mentransformasikan produk-produk mentah hasil pertanian menjadi barang jadi yang pribadi sanggup di konsumsi, maka perlu diupayakan dan dilestarikan pengembangan komoditas jagung dan membuat struktur argibisnis dan agroindustri yang memadai.


Tag : Pertanian
0 Komentar untuk "Analisis Terusan Dan Marjin Pemasaran Brondong Jagung Di Perusahaan …(Prt-56)"

Back To Top